Inspirasi Desain Sekat Ruang Kreatif Yang Bisa Mempercantik Rumah Anda

Inspirasi Desain Sekat Ruang Kreatif Yang Bisa Mempercantik Rumah Anda | Foto artikel Arsitag
Cover Project House Ciganitri di Bandung karya Irvan Ginanjar (Sumber: arsitag.com)

Konsep open-plan di dalam rumah semakin populer belakangan ini. Artinya, tidak ada lagi sekat antara ruang yang satu dengan ruangan lainnya sehingga rumah Anda menjadi terlihat sangat luas. Biasanya konsep ini diterapkan di bagian tengah rumah, yaitu menghilangkan penghubung antara ruang keluarga, ruang makan, dan dapur. Dengan menghilangkan sekat di antara ruang-ruang tersebut, rumah menjadi terlihat sangat luas.

Menghilangkan sekat berarti tidak ada lagi batas di antara ruangan tersebut sehingga sewaktu-waktu bisa disulap menjadi ruang serbaguna untuk mengadakan acara-acara tertentu seperti arisan dan pesta ulang tahun. Namun, menghilangkan sekat bisa saja membuat Anda kehilangan privasi di ruangan tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan sekat berupa lemari atau sekat lainnya yang dapat Anda pindahkan dengan mudah.

Selain berfungsi sebagai pembatas, sekat juga dapat memberikan nilai estetika yang indah di dalam rumah Anda. Berikut ini beberapa inspirasi desain sekat ruang kreatif yang bisa mempercantik rumah:  

1. Desain Sekat Ruang Pecinta Action Figure

Desain sekat ruangDesain sekat ruang Revahouse di Semarang karya Revano Satria (Sumber: arsitag.com)
 

Jika Anda hobi mengoleksi action figure, daripada hanya menjadi pajangan meja saja, lebih baik dimanfaatkan sebagai dekorasi sekat antar ruangan di rumah Anda.

2. Desain Sekat Ruang Kontemporer

Desain sekat ruangDesain sekat ruang The Springs di Tangerang karya Jettaliving (Sumber: arsitag.com)
 

Sekat rumah kontemporer tidak harus mewah, Anda bisa membuatnya sendiri di pandai besi dengan bentuk yang sederhana dan kemudian tinggal dicat hitam.

3. Desain Sekat Ruang Motif Segi Delapan

Desain sekat ruangDesain sekat ruang Apartment Green Pramuka di Jakarta karya PT DEKORASI HUNIAN INDONESIA (Sumber: arsitag.com)
 

Untuk menghadirkan suasana oriental di dalam rumah, Anda bisa memanfaatkan motif segi delapan atau Pa Kua yang identik dengan falsafat Cina kuno sebagai motif sekat antara ruang keluarga dan dapur.

4. Desain Sekat Ruang Rak Buku

Desain sekat ruangDesain sekat ruang Silkwood Apartment Unit di Tangerang karya TIES Design And Build (Sumber: arsitag.com)
 

Pada dasarnya banyak furnitur di rumah Anda yang dapat dijadikan sebagai sekat ruang. Salah satunya yaitu rak buku Silkwood Apartement Unit yang disulap menjadi sekat ruang.

5. Desain Sekat Ruang Minimalis

Desain sekat ruangDesain sekat ruang Puri Botanical di Jakarta karya Parama Dharma (Sumber: arsitag.com)
 

Rumah minimalis modern memang paling cocok menggunakan sekat minimalis yang mengusung permainan garis vertikal, atau bisa juga horizontal.

6. Desain Sekat Ruang Berupa Rak Pajangan

Desain sekat ruangDesain sekat ruang RR Apartment di Jakarta karya TRE Studio (Sumber: arsitag.com)
 

Tidak perlu repot, rak pajangan juga bisa Anda sulap menjadi sekat untuk memisahkan antara ruang makan dan ruang keluarga. Dengan tambahan sedikit pajangan maka sekat ruangan akan terlihat cantik.

7. Desain Sekat Ruang Motif Persegi

Desain sekat ruangDesain sekat ruang Skandinavia Apartment Project di Tangerang karya FIANO (Sumber: arsitag.com)
 

Motif sekat ruang lainnya yaitu motif persegi. Motif ini bisa Anda aplikasikan pada beberapa desain interior seperti minimalis, modern, industrial, dan skandinavia.

8. Desain Sekat Ruang Industrial

Desain sekat ruangDesain sekat ruang A+A House di Bandung karya LUWIST Spatial (Sumber: arsitag.com)

Untuk rumah bergaya industrial, tentu saja sekat ruang yang digunakan juga harus berkesan unfinished dengan cara memanfaatkan penggunaan besi dan kayu.

9. Desain Sekat Ruang Televisi Dinding

Desain sekat ruangDesain sekat ruang Private Residential Percetakan Negara di Jakarta karya PT DEKORASI HUNIAN INDONESIA (Sumber: arsitag.com)
 

Desain sekat yang terakhir ini memisahkan antara ruang keluarga dan ruang makan. Sekat tersebut bisa Anda manfaatkan untuk memasang bracket televisi sehingga sekat tidak terlihat polos.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda is a programmer by day and a writer by night. He is a former content marketer at Tokopedia, but currently working as a programmer at Kalbe Nutritionals. Writing is a part of his life for years. He has also been writing hundreds of articles for many blogs and magazines.