8 Ide Desain Tangga Yang Membuat Rumah Minimalis Jadi Tampil Keren

8 Ide Desain Tangga Yang Membuat Rumah Minimalis Jadi Tampil Keren | Foto artikel Arsitag
Cover L+L House di Jakarta karya Studio TonTon (Sumber: arsitag.com)
 

Salah satu cara untuk menyiasati lahan rumah berukuran sempit adalah dengan membangun rumah menjadi beberapa lantai. Tidak hanya satu lantai, tetapi bisa dua lantai atau bahkan lebih. Jadi, rumah Anda tidak dibuat memanjang ke belakang, atau melebar ke kanan dan kiri, melainkan dibuat meninggi ke atas. Dengan begitu, luas bangunan rumah akan menjadi lebih luas.

Namun, untuk mengakses lantai dua dan lantai di atasnya diperlukan tangga. Ibarat sebuah nadi, tangga menghubungkan lantai yang satu dengan lantai lainnya. Dalam membangun tangga, ukuran dan model dapat disesuaikan dengan desain rumah. Semakin kecil ukuran tangga, maka kemiringannya akan semakin curam sehingga dikhawatirkan dapat membahayakan Anda.

Jika Anda sedang mencari ide desain tangga untuk rumah minimalis, ada beragam model tangga yang yang tersedia mulai dari tangga lurus, tangga berbentuk L, tangga melengkung, dan tangga melingkar. Berikut ini beberapa tangga untuk rumah minimalis:

1. Tangga Rumah Minimalis Inset House

Tangga rumah minimalisTangga rumah minimalis Inset House di Bekasi karya Delution Architect (Sumber: arsitag.com)
 

Daripada membiarkan ruang kosong di bawah tangga begitu saja, lebih baik dimanfaatkan atau dialihfungsikan. Contohnya sebagai ruang santai untuk membaca buku.

2. Tangga Rumah Minimalis Cipete House

Cipete HouseTangga rumah minimalis Cipete House di Jakarta karya I N S P I R A T I O (Sumber: arsitag.com)
 

Tangga tidak selamanya diletakan di dalam rumah, tetapi bisa juga menjadi penghubung antara area outdoor dan indoor.

3. Tangga Rumah Minimalis Ranko Group

Tangga rumah minimalisTangga rumah minimalis Ranko Group di Jakarta karya Ai Associates (Sumber: arsitag.com)

 

Jika benar-benar memiliki lahan yang terbatas, maka tangga melingkar adalah pilihan yang tepat. Namun, hati-hati jika menaiki tangga spiral karena bisa jadi cukup curam.

4. Tangga Rumah Minimalis Karya Saga Contractor

Tangga rumah minimalis di Surabaya karyaTangga rumah minimalis di Surabaya karya Saga Contractor (Sumber: arsitag.com)

 

Pencahayaan maksimal menjadi fokus utama pada rumah minimalis sehingga tidak heran jika salah satu unsur yang sering digunakan adalah kaca. Ternyata tangga juga bisa dibuat dari kaca seperti pada desain tangga Saga Contractor di atas.

5. Tangga Minimalis The Bunker

Tangga minimalisTangga minimalis The Bunker di Tangerang karya DESIGN INTERVENTION (Sumber: arsitag.com)

 

Umumnya railing expanded metal digunakan sebagai pagar, atau pembatas pada lapangan olah raga, tetapi bisa juga menjadi bagian dari tangga minimalis.

6. Tangga Rumah Minimalis Green Boarding House

Tangga rumah minimalisTangga rumah minimalis Green Boarding House di Jakarta karya Sigit Kusumawijaya (Sumber: arsitag.com)

 

Agar tidak terlihat monoton, tangga outdoor juga bisa dihias dengan vertical garden. Akan tetapi, jangan lupa merawatnya karena vertical garden yang tidak terawat justru akan menggangu kenyamanan pengguna tangga.

7. Tangga Minimalis Kosenda Hotel

Tangga minimalisTangga minimalis Kosenda Hotel di Jakarta karya Studio TonTon (Sumber: arsitag.com)

 

Konsep tangga yang satu ini terlihat unik karena pada bagian bawahnya terdapat kolam ikan. Jadi, siapapun yang sedang menaiki tangga dapat sekaligus melihat kolam ikan.

8. Tangga Apartemen Minimalis Brooklyn Soho & Apartment

Tangga apartemen minimalisTangga apartemen minimalis Brooklyn Soho & Apartment di Tangerang karya Fine Team Studio (Sumber: arsitag.com)

 

Tangga yang terakhir adalah tangga lurus yang berfungsi untuk menghubungkan lantai dasar dan lantai mezzanine. Daripada mebiarkan plafon rumah yang tinggi begitu saja, lebih baik dibuat lantai mezzanine agar lebih efektif.

Meskipun terlihat sepele, tangga menjadi bagian penting dari rumah bertingkat. Beruntungnya, desain tangga tidak selalu terlihat mainstream, tetapi dapat disesuaikan dengan desain arsitektur rumah. Menurut Anda, tangga mana yang menjadi favorit Anda?

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda is a programmer by day and a writer by night. He is a former content marketer at Tokopedia, but currently working as a programmer at Kalbe Nutritionals. Writing is a part of his life for years. He has also been writing hundreds of articles for many blogs and magazines.



Mau bangun?