Kawasan Pariwisata

Kawasan Pariwisata | Foto artikel Arsitag

Kawasan wisata adalah suatu kawasan yang mempunyai luas tertentu yang sengaja dibangun dan disediakan untuk kegiatan pariwisata atau jasa wisata. Jika dikaitkan dengan pariwisata air, pengertian tersebut berarti suatu kawasan yang disediakan untuk kegiatan pariwisata dengan daya tarik kawasan perairan.

Kawasan Kuta, Bali (Sumber: balitourandtrip.com)Kawasan Kuta, Bali (Sumber: balitourandtrip.com)

Perkembangan suatu kawasan wisata tergantung pada apa yang dimiliki oleh kawasan tersebut untuk ditawarkan kepada wisatawan. Hal ini tidak dapat dipisahkan dari peranan para pengelola kawasan wisata. Kesuksesan dari suatu kawasan wisata sangat tergantung pada 3A yaitu atraksi (attraction), mudah dicapai (accessibility), dan fasilitas (amenities), serta beberapa faktor pendukung lainnya. Lihat penjelasan lengkapnya berikut ini.

Upacara adat di Ubud, Bali (Sumber: www.turizamiputovanja.com)Upacara adat di Ubud, Bali (Sumber: www.turizamiputovanja.com)

Atraksi (attraction)

Atraksi wisata merupakan sesuatu yang dipersiapkan terlebih dahulu agar dapat dilihat dan dinikmati, seperti tari-tarian, nyanyian kesenian rakyat tradisional, upacara adat, dan lainnya. Dalam ilmu kajian pariwisata, atraksi ini disebut dengan attractive spontance, yaitu segala sesuatu yang terdapat di daerah tujuan wisata  yang menjadi daya tarik agar orang datang berkunjung ke tempat tersebut.

Pura Petitenget di Seminyak, Bali (Sumber: www.expedia.co.id)Pura Petitenget di Seminyak, Bali (Sumber: www.expedia.co.id)

Atraksi ini terbagi dua yaitu natural dan buatan. Atraksi natural contohnya adalah iklim, pemandangan, hutan, flora dan fauna, sumber air panas, dan lainnya. Sedangkan, atraksi buatan contohnya adalah monumen bersejarah, museum, art gallery, acara tradisional, rumah-rumah ibadah, dan lainnya.

Kawasan Malioboro, Yogyakarta (Sumber: www.easybook.com)Kawasan Malioboro, Yogyakarta (Sumber: www.easybook.com)

Aksesibilitas (accessibility)

Hal paling penting dari aksesibilitas adalah transportasi. Maksudnya adalah frekuensi penggunaannya dan kecepatan yang dimiliki sehingga jarak seolah-olah menjadi dekat. Selain transportasi, hal lain yang berkaitan dengan aksesibilitas adalah prasarana meliputi jalan, jembatan, terminal, stasiun, dan bandara.

Anantara Seminyak Bali Resort karya Studio TonTon (Sumber: arsitag.com)Anantara Seminyak Bali Resort karya Studio TonTon (Sumber: arsitag.com)

Fasilitas (amenities)

Fasilitas pariwisata tidak akan lepas dari akomodasi perhotelan. Pariwisata tidak akan pernah berkembang tanpa penginapan. Sarana penting yang berkaitan dengan perkembangan pariwisata antara lain akomodasi hotel, restoran, air bersih, komunikasi, hiburan, dan keamanan.

Swept Away at Samaya, Ubud (Sumber: indonesia.tripcanvas.co)Swept Away at Samaya, Ubud (Sumber: indonesia.tripcanvas.co)

Jasa Boga (food and beverages)

Makan dan minum juga merupakan hal yang sangat penting untuk menarik wisatawan. Seringkali, wisatawan melakukan perjalanan wisata untuk mengunjungi suatu tempat karena didorong oleh alasan kuliner di tempat tersebut. Wisatawan pasti ingin mencicipi makanan atau minuman yang enak, baik itu yang sudah mereka kenali ataupun yang baru ingin mereka coba. Setiap daerah di Indonesia juga memiliki makanan atau minuman khas sehingga penting sekali untuk menyediakan restoran dengan kualitas yang baik.

Kawasan Pantai Sanur, Bali (Sumber: www.tripadvisor.com.au)Kawasan Pantai Sanur, Bali (Sumber: www.tripadvisor.com.au)

Infrastruktur

Infrastruktur yang dimaksud antara lain seperti sistem pengairan, jaringan komunikasi, fasilitas kesehatan, terminal pengangkutan, sumber listrik dan energi, sistem pembuangan kotoran atau pembuangan air, jalan raya, dan sistem keamanan.

Kawasan Seminyak, Bali (Sumber: hitherandthither.net)Kawasan Seminyak, Bali (Sumber: hitherandthither.net)

Contoh Kawasan Wisata

Seminyak, Bali

Seminyak merupakan daerah wisata yang berlokasi di sebelah utara kawasan wisata Legian Bali. Seminyak dikenal sebagai tempat untuk mencari private villa, dari villa mewah hingga villa murah untuk disewa. Selain itu, Seminyak juga terkenal akan restoran dan bar kelas dunia berstandar internasional.

Pantai Seminyak, Bali (Sumber: gorgeousglobe.com)Pantai Seminyak, Bali (Sumber: gorgeousglobe.com)

Seminyak dikenal sebagai kawasan elit bagi para wisatawan asing maupun domestik karena tersedia berbagai macam fasilitas mewah di kawasan wisata ini. Di samping itu, keindahan yang ditawarkan oleh Seminyak juga tidak kalah dengan tempat-tempat lainnya di Bali. Objek wisata di Seminyak antara lain Pura Petitenget, Seminyak Square, Pantai Seminyak, restoran dan bar dengan makanan nasional hingga internasional, butik-butik, art gallery, dan lain sebagainya.

Marina Bay Sands (Sumber: www.spottorno.com)Marina Bay Sands (Sumber: www.spottorno.com)

Marina Bay Sands, Singapura

Kawasan wisata Marina Bay Singapore merupakan sebuah pekerjaan reklamasi yang dimulai pada tahun 1970an. Walaupun terbilang masih baru, transformasi area ini dapat dikatakan suatu keajaiban. Anda dapat melihat pemandangan terbaik di dunia dari Sands SkyPark di Marina Bay Sands yang didesain oleh arsitek terkenal, Moshe Safdie. Nikmati juga pemandangan spektakuler dari kebun raya berisi pepohonan rimbun seluas 101 hektar dengan arsitektur futuristik menakjubkan di Gardens by the Bay. Anda bisa juga berjalan-jalan di tepi laut yang dihiasi patung-patung artistik di tepi Marina Reservoir.

Untuk Anda yang ingin membangun sebuah hotel, restoran, club ataupun villa di kawasan pariwisata dan membutuhkan jasa profesional seperti arsitek dan desainer interior, kunjungi Arsitag.com

Sumber:

http://lisaherdiana.blogspot.co.id

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa was born in Jakarta 9th April 1994. She graduated from University of Indonesia in 2016, majored in German Language and Studies. She really loves to read about anything, from novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different topics and now she currently works as a Content Writer.