Ide Kreatif Hemat Ruang yang Bisa Kita Tiru dari Rumah Super Mungil

Ide Kreatif Hemat Ruang yang Bisa Kita Tiru dari Rumah Super Mungil | Foto artikel Arsitag

Desain interior apartemen mungil karya Teddykoo, via arsitag.com
 

Punya rumah mungil? Penataan menjadi tantangan tersendiri pada rumah mungil sebab jika salah menata, rumah akan terasa semakin sumpek dan sempit. Namun rupanya, keterbatasan ruang di rumah sempit atau bahkan di rumah super mungil telah melahirkan ide-ide kreatif mengenai penataan yang hemat ruang. Ide-ide kreatif inilah menjadi solusi agar rumah super mungil nyaman dihuni. Tidak sabar ingin mengetahuinya? Berikut ini beberapa ide hemat ruang yang kreatif dan bisa Anda tiru yang terinspirasi dari rumah super mungil!

Ide Hemat Ruang dengan Menambah Ruang Secara Vertikal
Desain interior apartemen studio dengan tambahan lantai mezanin, via concreteamsterdam.nl

Desain interior apartemen studio dengan tambahan lantai mezanin, via concreteamsterdam.nl
 

Tampaknya ide kreatif hemat ruang ini muncul ketika penambahan ruang secara horizontal sudah tidak mungkin lagi dilakukan. Penambahan ruang secara vertikal pun lantas menjadi pilihan. Caranya, membagi ruangan menjadi dua bagian. Bagian bawah digunakan sebagai dapur, sedangkan bagian atas disulap menjadi kamar tidur. Material kayu menjadi pilihan karena bobotnya yang cukup ringan sekaligus tampilannya yang artistik. Untuk menjaga privasi, area kamar tidur dibatasi dengan panel kisi-kisi kayu yang bisa dibuka tutup. Kreatif ‘kan?

Ruang Kerja Praktis di Sudut Dapur
Dapur dengan rak meja untuk bekerja, via tinyhousecompany.com.au

Dapur dengan rak meja untuk bekerja, via tinyhousecompany.com.au
 

Tak punya cukup ruang untuk digunakan sebagai ruang kerja? Tak masalah! Ruang kerja sesungguhnya bisa dibangun di mana saja. Misalnya saja, di salah satu sudut dapur dekat dengan meja makan dan wastafel. Ruang kerja dibuat dengan menambahkan sebuah rak yang berukuran lebih lebar di bagian bawah rak-rak penyimpanan di dapur. Rak lebar inilah yang berfungsi sebagai meja bekerja. Sangat compact dan rapi, bukan?

Ide Hemat Ruang dengan Penyimpanan Optimal di Dapur
Rak dapur kayu model terbuka karya Little Byron, via Tinyhousetalk.com

Rak dapur kayu model terbuka karya Little Byron, via Tinyhousetalk.com
 

Ada begitu banyak barang yang harus disimpan di dalam dapur. Mulai dari perlengkapan makan, hingga perkakas untuk memasak. Karena itulah, penataan penyimpanan di dapur wajib dilakukan dengan cermat. Jangan biarkan ada ruang kosong yang tersisa. Tambahkan rak-rak penyimpanan model terbuka ataupun tertutup di kolong kitchen sink dan juga di kolong kompor. Untuk menyimpan bumbu dan kacang-kacangan, cobalah gunakan kotak persegi panjang yang disekat-sekat kemudian ditempelkan di dinding. Ide penyimpanan ini akan menghemat banyak ruang di dapur, lho!

Baca juga: 8 Inspirasi Menata Kamar Mandi Agar Serasa di Hotel Mewahvia Liputan6.com
 

Kamar Tidur Bersekat Lemari dan Rak Penyimpanan
Interior kamar tidur hemat ruang yang kreatif karya Bertrand Fompeyrine, via projets.cotemaison.fr

Interior kamar tidur hemat ruang yang kreatif karya Bertrand Fompeyrine, via projets.cotemaison.fr
 

Kamar tidur ini dibangun dengan menyekat sudut ruangan. Alih-alih menggunakan tembok beton, sekat dirancang berupa kombinasi lemari dan rak penyimpanan model tertutup. Bagian luar lemari dan rak diberi warna gelap yang kontras dengan sekitarnya. Pilihan warna ini sekaligus untuk menegaskan sudut yang berfungsi sebagai kamar tidur. Sedangkan, sisi dalamnya mempertahankan warna natural kayu sehingga kamar tidur terasa lebih terang dan hangat. Terlihat sangat stylish!

Kamar Tidur Bersekat Rak Buku
Sekat rak buku di kamar tidur, via ruetemple.ru

Sekat rak buku di kamar tidur, via ruetemple.ru
 

Punya koleksi buku yang cukup banyak? Ide hemat ruang berikutnya bisa jadi pilihan yang tepat. Kamar tidur yang berada di sudut ruangan kemudian disekat dengan rak-rak buku model terbuka. Rak buku terbuka ini dibuat menjulang tinggi dari lantai hingga langit-langit, sehingga mampu menyediakan ruang penyimpanan buku yang melimpah. Adapun material yang dipilih sebagai bahan rak buku berupa material kayu terang. Dengan tampilan serat dan warna natural kayu, keberadaan rak buku ini sekaligus berfungsi sebagai dekorasi ruangan.

Baca juga: Ide Rak Penyimpanan di Rumah Mungil yang Efisien dan Cantik
 

Combo Box, Furnitur All in One
Tempat penyimpanan multifungsi di bawah tempat tidur, via tillkoenneker.work

Tempat penyimpanan multifungsi di bawah tempat tidur, via tillkoenneker.work
 

Memilih furnitur yang tepat menjadi salah satu kunci penting untuk menghemat ruang di rumah super mungil. Sebuah furnitur all in one seperti combo box ini bisa ditiru. Furnitur berbentuk seperti peti ini dilengkapi dengan rak-rak penyimpanan di sisi-sisi luarnya. Tak hanya bisa digunakan untuk menyimpan buku, rak tersebut juga menyediakan tempat menggantung pakaian, penyimpanan sepatu, hingga untuk meletakkan televisi. Dilengkapi dengan pintu, bagian dalam peti juga berfungsi sebagai ruang penyimpanan ekstra. Sedangkan, bagian atasnya ditambahkan dengan kasur sebagai tempat untuk berbaring. Benar-benar all in one ya!

Ruang Tambahan di Loteng
Desain interior attic serba putih karya Esteban Cortez, via apartmenttherapy.com

Desain interior attic serba putih karya Esteban Cortez, via apartmenttherapy.com
 

Jangan pernah melupakan loteng atau ruang di bawah atap sebagai ruang tambahan. Tak hanya untuk meletakkan barang-barang, area loteng pun dapat disulap sebagai ruang santai di atas ruangan. Dengan ukuran loteng yang terbilang sempit, area loteng sengaja dibuat terbuka sehingga terasa lebih lapang dan terang. Dominasi warna putih dan tambahan jendela kaca membuat area loteng semakin nyaman.

Nah, berbekal ide kreatif hemat ruangan dari rumah super mungil ini, kini Anda pasti bisa menata rumah dengan lebih efisien. Hunian yang nyaman tak harus berukuran besar. Asalkan pintar menata dan memilih tempat penyimpanan barang, ukuran ruang yang terbatas akan terasa nyaman. Tertarik meniru beberapa ide hemat ruang ini?

AUTHOR

Puji Lestari

Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.