Yuk, Nikmati Keindahan Menakjubkan dari Desain Taman Maroko

Yuk, Nikmati Keindahan Menakjubkan dari Desain Taman Maroko | Foto artikel Arsitag
Taman Maroko karya Be Marrakech // eatpurelove.nl
 

Bagi traveler, Maroko termasuk negara impian untuk dikunjungi. Keistimewaannya, negara yang terletak di ujung utara Afrika dan berbatasan dengan Eropa ini memiliki banyak objek wisata menarik. Keindahan bangunan dengan kekhasan arsitektur yang memukau selalu memikat wisatawan untuk bertandang.

Faktor sejarah dan geografis menjadi alasan utama mengapa arsitektur negara kerajaan ini unik. Pengaruh adopsi arsitektur Islam juga sangat signifikan, baik untuk konstruksi, ornamen, hingga taman.

Berkaitan dengan taman, ciri arsitektur gaya Maroko dapat dilihat melalui pola-pola simetris. Elemen air seperti kolam dan water features, juga menjadi ciri utama dari desain taman Maroko. Sedangkan untuk elemen softscape, tidak hanya tanaman khas Timur Tengah seperti jenis-jenis palem atau kaktus, tetapi tanaman berkarakter rimbun dan lebat juga banyak digunakan.

Jika Anda tertarik dengan desain Maroko ini, berikut beberapa contoh taman yang mengusung konsep Moroccan Style yang indah dan menakjubkan.

1.Taman Istana Alhambra
Taman Maroko Alhambra // musement.com

Taman Maroko Alhambra // musement.com
 

Tak lengkap jika membicarakan arsitektur dan lanskap gaya Maroko tanpa memasukkan Alhambra sebagai list teratas. Alhambra merupakan komplek istana peninggalan Islam abad pertengahan di Granada, Spanyol. Gaya arsitektur dari istana bersejarah peninggalah Bani Umayyah ini sangat kental mengadopsi arsitektur Maroko.

Salah satu bagian taman yang sangat terkenal di Alhambra ialah Generalife. Taman ini sangat mencirikan taman Islam dan Maroko abad ke-14. Hal itu bisa dilihat dari keberadaan kolam di tengah taman, air mancur, dan tanaman di sisi kanan kirinya. Kawasan taman ini sendiri dulunya dipakai sebagai istana musim panas.

2.Fitur Air dengan Keramik Mozaik
Taman Maroko mini karya Christian Duvernois // christianduvernois.com

Taman Maroko mini karya Christian Duvernois // christianduvernois.com
 

Jika Anda ingin menghadirkan suasana Maroko di rumah, konsep taman kecil seperti ini pun dapat menginspirasi. Fitur air dengan menggunakan keramik mozaik menjadi elemen utamanya. Selain itu, dinding batu ekspos dan pohon jeruk turut menjadi elemen penunjang. Ya, jangan lupa bahwa Maroko juga terkenal dengan buah jeruknya.

3.Ciri Pola Simetris
Taman Maroko nan megah karya Ksar Char Bagh // gardenista.com

Taman Maroko nan megah karya Ksar Char Bagh // gardenista.com
 

Taman di atas adalah bagian dari sebuah hotel di Kota Marrakesh, Maroko. Taman didesain dengan konsep Maroko yang terinspirasi dari Alhambra. Pola simetris dengan kolam di bagian tengah langsung mengingatkan kepada arsitektur taman gaya Islam. Sedangkan, nuansa Maroko sendiri bisa dilihat dari arsitektur bangunannya seperti pola lengkungan pada bingkai pintu, detail tiang, hingga motif keramik lantai.

4.Taman Courtyard
Taman Maroko kekinian karya The Blonde Abroad // teriakitalks.com

Taman Maroko kekinian karya The Blonde Abroad // teriakitalks.com
 

Ini adalah taman courtyard dari sebuah penginapan di Marrakesh yang sudah sangat terkenal. Penginapan bernama Le Riad Yasmine menjadi begitu populer lantaran suasana khas Maroko yang sangat kental. Ciri khas taman Maroko dapat terlihat dari penggunaan keramik berwarna cerah pada kolam, keramik motif, warna lembut pada tempat tidur, hingga elemen tanaman dan taman kering di sekitarnya. Tak heran, jika courtyard ini menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto.

5.Taman Kering dengan Warna Cerah
Taman Maroko modern karya Chris Plavidal // dmagazine.com

Taman Maroko modern karya Chris Plavidal // dmagazine.com
 

Taman bergaya Maroko tidak selalu mengusung warna-warna kalem. Penggunaan warna cerah pada elemen keramik hingga cat bangunan pun bakal tampak memukau. Seperti pada taman di atas, pengaruh arsitektur Maroko dan Islam secara menonjol terlihat dari tiga hal, yaitu kolam simetris, tanaman gurun, dan pola lengkung pada bangunan. Sementara, warna biru yang cerah merepresentasikan taman Maroko modern.

Baca juga: Inspirasi Desain Bergaya Maroko yang Unik dan Penuh Warnavia Hipwee.com
 

6.Taman Maroko yang Rimbun
Taman Maroko tradisional karya Alessio Mei // houseandgarden.co.uk

Taman Maroko tradisional karya Alessio Mei // houseandgarden.co.uk
 

Taman yang rimbun pun dapat memancarkan desain taman gaya Maroko. Selain dari pemilihan jenis tanamannya, gaya Maroko jelas terlihat pada penggunaan keramik dan lampu lentera. Warnanya merepresentasikan kesan lebih hangat, semakin memperkuat nuansa Maroko yang biasa menggunakan nuansa earthy tone.

7.Taman Maroko di Bahia Palace
Taman Maroko nan indah Bahia Palace // flickr.com

Taman Maroko nan indah Bahia Palace // flickr.com
 

Istana Bahia adalah istana yang dibangun pada akhir abad ke-19 di Kota Marrakesh, Maroko. Istana ini merupakan monumen bersejarah dan sekarang sangat terkenal sebagai objek wisata. Nuansa Maroko begitu kuat terasa. Baik bangunan maupun tamannya, secara jelas menunjukkan arsitektur gaya Maroko. Area tamannya yang luas dan simetris semakin dipercantik oleh ubin keramik warna bermotif.

Baca juga: Desain Taman Dalam Rumah Yang Memberi Nuansa Menyegarkan
 

8.Gazebo di Tengah Taman Maroko
Taman Maroko yang rindang karya Alessio Mei // houseandgarden.co.uk

Taman Maroko yang rindang karya Alessio Mei // houseandgarden.co.uk
 

Mengingatkan dengan taman di istana-istana, keberadaan gazebo tak hanya menjadi elemen yang fungsional, tetapi juga estetik. Begitupun pada taman gaya Maroko, khususnya gazebo persegi delapan akan memberi nuansa yang khas. Namun, berbeda dengan gazebo lainnya, terdapat kolam dengan air mancur mengisi bagian tengahnya. Tak ketinggalan, keramik mozaik adalah bagian penting agar nuansa Maroko semakin kuat terasa.

Kini, Anda telah mengetahui hal-hal penting dalam taman bergaya Maroko. Apakah Anda semakin tertarik untuk menerapkannya di taman rumah? Jangan ragu untuk melengkapi taman dengan sentuhan personal. Maka, bersiaplah memiliki taman idaman yang memukau Anda dan siapa pun yang bertandang.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.