Ide Rak Penyimpanan di Rumah Mungil yang Efisien dan Cantik

Ide Rak Penyimpanan di Rumah Mungil yang Efisien dan Cantik | Foto artikel Arsitag
Ruang penyimpanan besar di lahan terbatas, Hike karya SABO Project // architizer.com
 

Keterbatasan lahan kian menjadi isu yang cukup meresahkan saat ini. Mencoba menawarkan solusi, pembangunan rumah-rumah dengan lahan terbatas terus mengalami peningkatan. Tren menunjukkan, rumah yang dibangun dalam beberapa tahun terakhir umumnya berbentuk rumah mungil yang tidak memakan banyak lahan.

Tantangan yang mengikuti adalah, bagaimana menata desain interior rumah beserta perabotannya di dalam ruangan yang terbatas ini. Seiring perkembangannya, sekarang sudah tersedia berbagai jenis peralatan khusus yang sengaja didesain untuk rumah mungil. Termasuk, beragam desain rak penyimpanan yang hemat tempat. Yuk, simak tujuh ide rak penyimpanan untuk rumah mungil yang belum pernah Anda sangka sebelumnya berikut ini.

1. Rak gantung yang hemat tempat namun enak dilihat
Rak penyimpanan gantung karya Vindo Design // arsitag.com

Rak penyimpanan gantung karya Vindo Design // arsitag.com
 

Model rak penyimpanan yang pertama adalah rak gantung yang ditata rapi sehingga terlihat kompak dengan perabotan di sekitarnya. Dengan begini, secara otomatis Anda telah memiliki tempat untuk menaruh peralatan maupun hiasan. Sangat hemat tempat, bukan? Konsep rak gantung bisa diletakkan di ruangan mana saja sesuai kebutuhan Anda.

2. Buat konsep split level dan manfaatkan anak tangga serta dinding
Tangga untuk tempat penyimpanan karya A Little Design // architizer.com

Tangga untuk tempat penyimpanan karya A Little Design // architizer.com
 

Untuk efisiensi ruang yang tersedia, Anda dapat membuat konsep split level atau loft untuk kamar tidur. Tentu saja, manfaatkan ruang di bawah anak tangga untuk tempat penyimpanan. Rak di bawah anak tangga ini dapat dibuat tertutup ataupun terbuka. Jika cukup tinggi dan lebar, Anda dimungkinkan menjadikannya sebuah lemari. Simpan koleksi barang-barang kecil atau buku-buku Anda dalam lemari penyimpanan agar ruangan tetap terlihat rapi dan bersih.

Baca juga: 8 Inspirasi Ruang Tamu Minimalis untuk Rumah Masa Depan Kalian. Bersih, Rapi dan Eleganvia Hipwee.com

3. Buat rak yang menyatu dengan dinding
Rak kabinet penyimpanan dinding karya Anna & Eugeni Bach // architizer.com

Rak kabinet penyimpanan dinding karya Anna & Eugeni Bach // architizer.com
 

Ide rak penyimpanan multifungsi berikutnya adalah dengan menyatukannya dengan dinding. Ruangan yang tidak begitu besar, akan tetap terasa lapang tanpa lemari atau rak yang memakan banyak tempat. Anda bisa membuat rak buku sekaligus rak pajangan, atau bahkan tempat menyimpan stok makanan dengan konsep seperti ini. Disarankan, Anda memilih model rak tertutup, lantaran banyak dan beragam jenis barang yang disimpan di dalamnya.

4.  Manfaatkan dinding tangga sebagai rak penyimpanan buku
Rak penyimpanan dinding di area tangga karya Moon Hoon // architizer.com

Rak penyimpanan dinding di area tangga karya Moon Hoon // architizer.com
 

Rumah mungil dibangun di lahan terbatas, sehingga umumnya menerapkan konsep bertingkat atau memiliki lantai split. Jika Anda memiliki koleksi buku yang banyak, sulaplah dinding di area tangga menjadi rak penyimpanan buku. Cara ini akan sangat cerdas dan menghemat tempat. Anda tak perlu kebingungan lagi mencari ruangan khusus untuk perpustakaan.

5. Gabungkan rak penyimpanan bersama meja
Rak penyimpanan sekaligus meja karya Arhitektura d.o.o // architizer.com

Rak penyimpanan sekaligus meja karya Arhitektura d.o.o // architizer.com
 

Untuk meminimalisasi keruwetan di ruang keluarga, kamar tidur kemudian kerap dijadikan ruang untuk menyimpan banya barang. Akibatnya, kamar tidur membutuhkan banyak rak penyimpanan. Untuk mengakalinya, cobalah membuat rak besar yang tertanam dalam dinding yang sekaligus bermanfaat sebagai meja. Gunakan meja untuk beragam keperluan seperti meja kerja, meja rias, maupun meja belajar. Hemat tempat, kan?!

6. Rak penyimpanan dan lemari pada dinding pembatas
Rak dan lemari pada dinding pembatas karya Sofia Granjo // architizer.com

Rak dan lemari pada dinding pembatas karya Sofia Granjo // architizer.com
 

Dinding pembatas kamar merupakan tempat yang strategis untuk Anda letakkan rak penyimpanan sekaligus lemari. Untuk mengambil peran sekaligus sebagai dinding pembatas, buat ketinggian keduanya hingga mencapai langit-langit kamar. Dengan cara ini, Anda telah menghemat sekian meter untuk menambah ruang lebih dalam kamar.

Baca juga: Kiat Menata Lemari Kamar Tidur Minimalis Agar Terlihat Rapi dan Keren

7. Rak penyimpanan sekaligus kursi
Kursi sekaligus rak penyimpanan karya IR arquitectura // architizer.com

Kursi sekaligus rak penyimpanan karya IR arquitectura // architizer.com
 

Tidak hanya meja, Anda pun dapat menggabungkan ruang penyimpanan sekaligus kursi multifungsi. Buatlah rak buku terbuka di bagian atas, sementara rak tertutup di bagian bawahnya. Tambahkan bantal duduk di permukaan rak bagian bawah, seketika Anda telah mempunyai kursi mutifungsi yang hemat tempat.

Adaptasikan ide-ide rak penyimpanan berikut untuk diterapkan dalam rumah mungil Anda. Rekomendasi cara di atas akan membuat ruangan di rumah Anda terasa lebih luas, karena tidak membutuhkan tempat khusus di lantai untuk meletakkan barang-barang. Selain itu, tampilan kamar dan ruangan akan tampak lebih memikat berkat desain rak penyimpanan yang fungsional sekaligus estetik. Favorit Anda yang nomor berapa?

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Hilda Khairunnisa

Seorang penulis kreatif dan pembaca penuh waktu yang membaca dan menulis tentang apa saja. Menyukai film dan senang mencari inspirasi lewat video iklan Youtube.