Kesan Bersih, Simpel, dan Elegan di Rumah Tropis Modern Minimalis Rancangan RDMA

Kesan Bersih, Simpel, dan Elegan di Rumah Tropis Modern Minimalis Rancangan RDMA | Foto artikel Arsitag
Cover : Ruang makan yang bersih, simpel, dan elegan di rumah  tropis modern minimalis karya RDMA (Sumber: arsitag.com)
 

Rumah bersih dan nyaman pastilah dambaan setiap orang. Di tahun 2015, RDMA didaulat untuk merancang sebuah rumah di Lengkong, Bandung, Jawa Barat. Rumah seluas 700 m2 ini dibangun di atas lahan seluas 600 m2 bergaya tropis modern minimalis. Desain tropis modern minimalis sudah biasa untuk rumah di Indonesia yang memang beriklim tropis di zaman modern dengan maraknya berbagai rumah bergaya minimalis. Namun, apa keistimewaannya dibanding rumah lainnya? Mari kita intip desainnya!

1. Rumah Tropis Modern Minimalis dengan Eksterior yang Elegan

1. Rumah Tropis Modern Minimalis dengan Eksterior yang Elegan
Rumah tropis modern minimalis dengan eksterior yang memukau (Sumber: arsitag.com)

 

Sebagai wajah sebuah rumah, bagian eksterior berperan penting menunjukkan karakter pemiliknya dan gaya rumah secara keseluruhan. Garis-garis tegas pada setiap elemennya menciptakan gaya minimalis. Garis vertikal deretan tiang  selasar, tiang pagar rendah di lantai atas, dan kusen jendela berpadu dengan garis horizontal pada lantai ruang terbuka, balok selasar, dan horizontal blind deretan jendela di lantai atas. Bidang-bidang panel besi bulat dan bilah-bilah besi sebagai tembok pembatas di kiri kanan rumah berpadu dengan bahan kaca pada jendela dan skylight selasar, menciptakan gaya modern dengan kesan berat ringan yang seimbang. Unsur tanaman, rumput di sela-sela lantai ruang terbuka berpadu dengan batu alam gravel dan palimanan. Unsur air di kolam persegi mengelilingi taman rumput dengan weeping willow sebagai focal point. Unsur tanaman, batu, dan air menciptakan gaya tropis yang alami.

2. Ruang Transisi Indoor dan Outdoor yang Nyaman pada Rumah Tropis Modern Minimalis

Transisi outdoor dan indoor yang membuat rumah terasa nyaman (Sumber: arsitag.com)Transisi outdoor dan indoor yang membuat rumah terasa nyaman (Sumber: arsitag.com)

 

Kehangatan matahari dan keasrian gradasi hijau tanaman tropis menjadi elemen alam yang memberi aura positif untuk keseluruhan rumah. Seluruh bagian rumah terbuka menyambut alam sebagai sumber pencahayaan dan kesegaran udara alami. Dinding lantai bawah didominasi pintu-pintu kaca besar yang menghadap ruang terbuka di antara massa bangunan. Area indoor terasa menyatu dengan outdoor. Kerikil gravel menjadi pembatas visual sekaligus pembatas fisik yang mereduksi cipratan air dan memerangkap debu. Hijaunya rerumputan pada nat menjadi penyeimbang terangnya lantai batu alam, sekaligus menampilkan keindahan tropis secara sederhana. Teras dilengkapi ayunan berukuran cukup besar yang bisa menjadi tempat bersantai sambil tiduran menikmati keindahan langit, namun tetap teduh dan terlindungi.

Baca juga: 9 Ide Terbaik Penyatuan Transisi Indoor dan Outdoor

3. Ruang Keluarga Bergaya Tropis Modern Minimalis

Kehangatan dalam ruang keluarga bergaya tropis modern minimalis (Sumber: arsitag.com)Kehangatan dalam ruang keluarga bergaya tropis modern minimalis (Sumber: arsitag.com)

 

Sebuah rumah tropis walaupun sudah berasimilasi dengan gaya modern minimalis tetap lekat dengan filosofi kebersamaan. Di sinilah peran penting ruang keluarga yang nyaman untuk menciptakan kehangatan dalam keluarga. Unsur kayu sebagai plafon dengan warna coklat alami dan keindahan karakter serat kayunya menciptakan kenyamanan, seolah alam merangkul dan melindungi. Kayu juga dijadikan bahan furnitur minimalis pada kabinet dan meja multifungsi, sekaligus tampil modern pada armchair-nya. Ekspos struktur baja pada plafon menjadi elemen estetis modern. Jendela-jendela kaca menjadi sumber pencahayaan dan sirkulasi udara alami. Selain hemat energi, cahaya alami juga menampilkan keindahan warna-warna sesuai aslinya. Ruang juga tampak bersih, terang, dan lega.

Baca juga: Desain Interior Ruang Keluarga Bertema Natal yang Penuh Kehangatan

4. Rumah Tropis Modern Minimalis dengan Desain Open-Plan yang Elegan

Konsep open-plan pada rumah tropis modern minimalis (Sumber: arsitag.com)Konsep open-plan pada rumah tropis modern minimalis (Sumber: arsitag.com)

 

Konsep open-plan dikenal memberi kesan luas pada ruang. Selain aliran ruangnya terasa nyaman, ruang dengan konsep ini juga mudah dibersihkan, terlihat simpel, bahkan terkesan elegan karena mencerminkan keterbukaan pemikiran pemiliknya. Rumah ini terkesan semakin lega dengan banyaknya bukaan berupa pintu, jendela, dan skylight. Dominasi putih semakin membuat ruang tampak semakin bersih. Coklat kayu pada plafon menjadi penyeimbang dan peneduh terangnya warna putih. Kusen-kusen kayu pada pintu-pintu kaca di lantai dasar seolah menjadi tonggak yang memperkuat dan menyatukan bumi dengan rumah. Anak tangga beralaskan kayu menjadi penghubung antar tingkat ruang, sekaligus menjadi aksen lembut untuk interior.

5. Dapur Bersih yang Elegan di Rumah Tropis Modern Minimalis

Dapur tropis modern minimalis dengan tipe U (Sumber: arsitag.com)Dapur tropis modern minimalis dengan tipe U (Sumber: arsitag.com)  

 

Dapur bersih dan tertata rapi dengan sirkulasi pergerakan yang nyaman saat memasak, pastilah menjadi idaman para juru masak. RDMA merancang dapur tipe U dengan kabinet dan meja dapur yang lega. Alas meja dapur terlihat bersih dan memantulkan cahaya dari jendela terbuka di sisi dapur yang berbatasan dengan taman minimalis. Kabinet dapur bagian luar dimanfaatkan untuk meletakkan pot-pot kecil tanaman kaktus, sebagai elemen estetika alami yang menghasilkan oksigen, mencerahkan ruang, dan mempercantik ruang.

6. Pencahayaan Alami yang Cerdas untuk Rumah Tropis yang Sehat dan Bersih

Dapur yang bersih dan sehat dengan pencahayaan dan sirkulasi udara alami (Sumber: arsitag.com)Dapur yang bersih dan sehat dengan pencahayaan dan sirkulasi udara alami (Sumber: arsitag.com)  
 


 

Rumah dengan pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang baik, tentunya tidak lembab dan sehat. Aksesnya bisa dari jendela, pintu, maupun jalusi. Posisikan akses pencahayaan sebanyak mungkin di bagian timur karena matahari pagi sangat ampuh membunuh kuman. Jendela geser berukuran besar di dinding dapur bagian luar tidak hanya bermanfaat untuk dapur, tetapi untuk keseluruhan ruang open-plan di sekitar dapur.

Dapur semi outdoor yang nyaman (Sumber: arsitag.com)Dapur semi outdoor yang nyaman (Sumber: arsitag.com)

 

Selain sebagai akses pencahayaan dan sirkulasi udara, bukaan dapat menjadi akses view yang menyajikan keindahan area outdoor untuk area indoor. Ukuran bukaan yang memenuhi seluruh dinding dapur bagian luar membuat dapur terkesan semi outdoor dengan kenyamanan desain tropis.

7. Tata Lampu Eksterior untuk Rumah Tropis Modern Minimalis

Rumah tropis modern minimalis dengan tata lampu yang apik (Sumber: arsitag.com)Rumah tropis modern minimalis dengan tata lampu yang apik (Sumber: arsitag.com)

 

Keindahan penyatuan tiga gaya: tropis, modern, dan minimalis, tidak hanya terlihat saat hari terang. Di kegelapan malam, rumah ini bermandikan cahaya lampu yang tertata apik. Lampu-lampu menyinari setiap anak tangga di teras dan lampu sorot menyinari kolam kecil dan pohon di taman minimalis.

Baca juga: Konsep Urban Farming di Rumah Kebun Mandiri Pangan Ini Bikin Takjub

Home Sweet Home rumah tropis modern minimalis (Sumber: arsitag.com)Home Sweet Home rumah tropis modern minimalis (Sumber: arsitag.com)

 

Ikut sertanya unsur pencahayaan alami ke dalam desain rumah yang tertata modern minimalis menciptakan rumah yang bersih, simpel, dan elegan. Bahkan, keindahan bayangan yang masuk ke dalam rumah lewat sela-sela kerai bisa menghasilkan estetika yang unik.

Temukanlah ide-ide baru yang dapat menghasilkan desain fungsional yang selalu otentik dan nyaman untuk seluruh anggota keluarga. Desain yang menjadikan rumah “Home Sweet Home”.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.