Kiat Menata Lemari Kamar Tidur Minimalis Agar Terlihat Rapi dan Keren

Kiat Menata Lemari Kamar Tidur Minimalis Agar Terlihat Rapi dan Keren | Foto artikel Arsitag
Cover :  One (+One) Bedroom Apartment karya Arkitekt.id (Sumber: arsitag.com)

 

Sebagai tempat paling pribadi dan tempat beristirahat, memastikan desain kamar tidur tetap rapih dan nyaman adalah hal yang sangat penting. Memilih model lemari pakaian untuk kamar sempit harus betul-betul Anda perhatikan dengan baik agar kamar tidak terasa sumpek.

Nah, lantas bagaimana menata lemari di dalam kamar dengan luas yang terbatas? Simak beberapa ide berikut ini sebagai inspirasi untuk Anda!

Lemari Dinding

Lemari Dinding
Lemari Dinding (Sumber: houseandgarden.co.uk)
 

Salah satu trik untuk memasang lemari pakaian tanpa membuat ruangan terasa sumpek dan sempit adalah dengan menyamarkan lemari menjadi dinding. Lemari ini langsung menempel ke dinding sehingga tidak menghabiskan ruang lain di kamar tidur Anda. Pilih warna putih yang senada dengan dinding agar kamar tetap terasa spacey.

Lemari Sudut

Lemari Sudut
Lemari Pakaian Sudut (Sumber: pinterest.com)
 

Salah satu trik jitu menyiasati ruangan yang sempit adalah dengan memanfaatkan sudut ruangan. Sudut banyak dijadikan pilihan karena bisa memanfaatkan dua sisi dinding sekaligus. Lemari pakaian di atas adalah contoh apik bagaimana desainer memanfaatkan ruang seminimal mungkin untuk meletakkan lemari pakaian di dalam kamar.

Lemari Berupa Rak Bertingkat

Lemari Berupa Rak Bertingkat
Rak Bertingkat Sejajar dengan Pintu (Sumber: softnosis.co)
 

Desain kamar tidur di atas tetap tampil cantik meski berukuran kecil. Sang desainer sengaja menata lemari pakain sejajar dengan dinding dan pintu masuk. Ini akan membantu memberikan kesan luas saat pertama kali orang masuk ke dalam kamar karena lemari tidak langsung muncul di depan mata. Pemilihan warnanya yang minimalis juga menjadi poin tersendiri dalam desainnya.

Lemari Rak Gantung Minimalis

Rak Gantung MinimalisRak Gantung Minimalis (Sumber: allaboutdentures.co)
 

Rak gantung minimalis bisa menjadi alternatif lain jika kamar Anda tidak cukup luas untuk sebuah lemari biasa. Desain di atas misalnya, meletakkan lemari pakaian, rak, dan ranjang dalam satu garis lurus. Ini merupakan ide penataan yang bisa membuat kamar Anda yang sempit tetap tertata dengan cantik.

Lemari Panjang dari Lantai ke Dinding

Lemari Panjang dari Lantai ke DindingLemari Vertikal (Sumber: fesdecor.com)
 

Yang kebanyakan menjadi masalah bagi pemilik ruangan atau kamar sempit adalah kurangnya ruang horizontal. Cara menyiasatinya tentu saja dengan memanfaatkan arah kebalikannya yaitu vertikal. Pilih sebuah lemari yang tipis dan tidak terlalu lebar, namun tinggi dari lantai hingga ke langit-langit. Dengan lemari ini Anda tetap bisa menyimpan banyak koleksi pakaian tanpa harus membiarkan kamar terasa sumpek.

Lemari dengan Cermin Besar

Lemari dengan Cermin BesarLemari Besar dengan Cermin (Sumber: brueckezumleben.info)
 

Cermin diketahui sebagai salah satu barang yang sering digunakan untuk memberikan kesan luas pada ruangan. Anda bisa memilih lemari dengan sebuah cermin besar atau bahkan dengan pintu yang dilapisi cermin. Meskipun tidak benar-benar membuat ruang jadi lapang, namun kesan yang Anda rasakan akan jauh lebih luas saat berada di dalamnya.

Lemari Pakaian Sejajar dengan Headboard Ranjang

Lemari Sejajar Headboard RanjangLemari Sejajar Headboard Ranjang (Sumber: kesieuthi.top)
 

Trik lain menata lemari agar ruangan tidak terasa sempit adalah dengan meletakkan lemari pakaian sejajar dengan headboard ranjang. Tidak hanya meletakkan pada salah satu sisinya, Anda bisa memesan secara custom lemari yang bersatu dengan ranjang seperti desain di atas. Anda masih bisa memanfaatkan ruang di atas kepala Anda untuk memasang beberapa rak penyimpanan koleksi kemeja dan t-shirt Anda.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."



Mau bangun?