5 Model Desain Ruang Makan dan Dapur Tanpa Sekat

5 Model Desain Ruang Makan dan Dapur Tanpa Sekat | Foto artikel Arsitag

Ruang makan dan dapur tanpa sekat, via unsplash.com
 

Banyak orang yang mengeluhkan tidak memiliki ruang yang cukup untuk memisahkan ruang makan dan dapur. Tak perlu khawatir, menggabungkan keduanya di dalam satu ruangan bakal tetap terlihat menarik dan estetik, lho. Bahkan, trik ini sudah banyak digunakan oleh para arsitek dan desainer ternama di berbagai belahan dunia.

Menggabungkan ruang makan dan dapur, kerap memunculkan kekhawatiran membuat rumah dengan luas terbatas terlihat kurang nyaman. Namun, ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar ruangan tidak terlihat sesak. Yuk, lihat beberapa inspirasi model desain ruang makan dan dapur tanpa sekat berikut ini.

1. Dapur dengan meja makan panjang
Meja makan panjang, via unsplash.com

Meja makan panjang, via unsplash.com
 

Siapa bilang Anda tidak bisa meletakkan meja panjang di area dapur? Dengan menghilangnya sekat permanen dalam ruangan, rumah pun akan terasa lebih luas dan lapang. Lihatlah contoh dapur dan ruang makan jadi satu seperti ini. Anda bisa meletakkan meja panjang di tengah ruangan. Material kayu yang digunakan untuk meja membuat ruangan terasa lebih hangat dan nyaman. Gunakan furnitur berukuran ramping agar ruangan tidak terlihat penuh. Cantik bukan?

2. Dapur dan meja bundar
Meja makan bundar, via unsplash.com

Meja makan bundar, via unsplash.com
 

Untuk hunian dengan lahan yang benar-benar terbatas dan ingin membuat dapur yang digabung dengan ruang makan, Anda dapat memilih meja makan bundar. Bentuknya yang minimalis tidak akan memakan banyak ruang. Letakkan meja di dekat kitchen set Anda dan lengkapi dengan beberapa kursi mungil di sekitarnya.

Penambahan karpet juga menambah kesan estetik serta berfungsi untuk memisahkan antara area dapur dan area makan.
 

Baca juga: Inspirasi Kerja dari Ruang Makan Selama WFH
 

3. Dapur dengan kitchen island multifungsi
Kitchen island multifungsi, via unsplash.com

Kitchen island multifungsi, via unsplash.com
 

Dapur modern kini tak hanya dapat digunakan untuk memasak saja, lho. Tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari lainnya, mulai dari berkumpul dengan keluarga, bekerja, hingga perayaan besar. Nah, menjadikan kitchen island Anda sebagai meja makan minimalis juga merupakan solusi cerdas untuk menghemat ruang di rumah Anda. Tambahkan 3-4 kursi di area kitchen island Anda untuk menikmati sarapan hingga makan malam. Meja ini pun bisa Anda gunakan sebagai area tambahan untuk menyiapkan bahan makanan.

4. Dapur dan ruang makan dengan bukaan besar
Dapur dengan jendela besar, via unsplash.com

Dapur dengan jendela besar, via unsplash.com
 

Rumah dengan luas terbatas sangat rentan terasa sempit dan sumpek. Nah, salah satu solusinya adalah dengan memberikan bukaan yang besar pada area dapur dan ruang makan Anda. Seperti rumah yang satu ini dengan jendela berukuran besar di kiri dan kanannya yang dapat memberikan cahaya serta ventilasi alami ke dalam rumah. Manfaatnya, dapur dan ruang makan minimalis semakin tampak lapang dan terang.

5. Dapur dan ruang makan dengan warna serta furnitur senada
Dapur dan meja makan dengan warna serta furnitur senada, karya Sections Design & Architecture, via arsitag.com

Dapur dan meja makan dengan warna serta furnitur senada, karya Sections Design & Architecture, via arsitag.com
 

Dapur dan ruang makan yang didesain dengan interior serupa merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat Anda akan menggabungkannya. Agar kedua ruangan ini tetap terlihat menyatu dan menawan, cara pertama adalah dengan menggunakan warna serta furnitur yang senada. Dengan trik ini pula, Anda bahkan dapat menyatukan ruang keluarga dan dapur tanpa sekat.
 

Baca juga: Desain Interior Apartemen Eklektik Kontemporer yang Glamor dan Elegan
 

Meja dan kursi makan kayu natural, karya Sections Design & Architecture, via arsitag.com

Meja dan kursi makan kayu natural, karya Sections Design & Architecture, via arsitag.com
 

Pemilihan warna netral seperti inspirasi yang satu ini bisa menjadi cara yang tepat. Agar ruangan terasa lebih hangat, cobalah menambahkan furnitur dengan material kayu agar dapur dan ruang makan tetap terlihat natural.

Bagaimana, desain dapur dan ruang makan mana yang paling menarik untuk Anda? Perhatikan warna dan desain yang tepat agar ruangan terlihat serasi, ya.

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.