Hal-hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Desain Ruang Makan Minimalis

Hal-hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Desain Ruang Makan Minimalis | Foto artikel Arsitag
Cover: Tsang Residence karya Tau Architect (Sumber: arsitag.com)
 

Gaya minimalis bukan tentang kekosongan, tetapi tentang mengisi ruangan dengan segala sesuatu yang murni. Ini adalah salah satu cara yang digunakan para desainer interior untuk membuat desain ruang makan dan dapur yang simpel namun tetap memesona dalam balutan tema minimalis.

Untuk mengubah ruang makan kecil  Anda menjadi tampilan estetik yang bersih namun menginspirasi, rangkullah selera desain asli Anda. Apakah itu rustic, santai, atau kontemporer. Pilih tampilan favorit Anda, lalu padukan. Berikut beberapa cara memadukan sekian banyak gaya untuk mewujudkan ruang makan minimalis mungil modern Anda!

Pilih Warna Cat Dinding yang Pas

Memilih Warna Cat Dinding yang PasMemilih Warna Cat Dinding yang Pas (Sumber: home-designing.com)

 

Sebagai komponen utama dalam sebuah ruangan, memilih warna cat dinding yang pas adalah dasar yang sangat penting. Beberapa warna yang populer dijadikan warna dasar untuk desain minimalis antara lain adalah warna monokrom (hitam, putih dan abu-abu), warna caliente atau spicy red (warna merah dan beberapa turunannya seperti berry dan burgundy juga bisa Anda gunakan), warna oceanside (warna biru yang terinspirasi dari laut), serta warna-warna pastel.

Pilih Kitchen Set yang Tepat

Memilih Kitchen Set MinimalisMemilih Kitchen Set Minimalis (Sumber: jitofurniture.com)

 

Jika ruang makan Anda bersatu dengan dapur, penting untuk memilih kitchen set yang tepat. Pilihlah model kabinet simpel dengan warna yang berpadu pas dengan warna dinding. Ini akan menjadi kunci penting menampilkan nuansa minimalis di dalam ruang makan dan dapur Anda sekaligus.

Memilih Meja

Memilih Meja
Memilih Meja yang Tepat (Sumber: home-designing.com)

 

Bentuk dan bahan meja makan Anda akan memberikan nuansa khas dalam ruang makan minimalis Anda. Sebuah meja bundar akan menghilangkan kesan tradisional. Disarankan untuk memilih gaya modern kontemporer atau mid-century. Sebuah meja bujur sangkar kayu bisa memberikan kesan rustic atau vintage. Meja itu sendiri bisa sangat membantu untuk membangun estetika ruang makan Anda tanpa harus ada banyak hiasan.

Memilih Peralatan Makan

Peralatan Makan MinimalisPeralatan Makan Minimalis (http: anilindustries.co)

 

Hal yang paling penting untuk memberikan kesan minimalis ke dalam ruang makan adalah pemilihan peralatan makan. Alih-alih membeli terlalu banyak piring dengan berbagai model dan warna, cobalah untuk memilih piring porselen putih yang tak lekang oleh zaman. Carilah bentuk dan desain piring yang menarik dan singkirkan benda-benda yang tidak penting dari ruang makan Anda.

Selain itu, memilih gelas klasik Duralex Perancis adalah ide yang tak kalah bagusnya. Gelas ini tampak simpel, namun sangat fungsional. Anda bisa menggunakannya untuk berbagai jenis minuman mulai air putih, jus, bahkan latte kesukaan Anda. Sendok, garpu dan pisau stainless juga memiliki gaya minimalis sekaligus timeless.

Hiasan Dinding

Hiasan Dinding
Hiasan Dinding di Ruang Makan Minimalis (Sumber: pinterest.com)

 

Jika Anda merasa belum berani memadu padankan desain interior lewat cat, Anda bisa mengambil langkah lain, yakni memasang hiasan dinding. Cat putih yang solid akan tampak lebih segar dan santai dengan menambahkan lukisan atau foto koleksi Anda. Pastikan memilih bingkai dengan garis yang bersih dan simpel.

Pencahayaan

Pencahayaan
Pencahayaan adalah Faktor Penting (Sumber: rememberingfallenjs.com)
 

 

Tidak peduli desain yang Anda pilih, ruang yang terang sangat penting adalah faktor yang sangat penting untuk ruang makan minimalis Anda. Atmosfer remang-remang akan memberikan kesan suram, menciptakan efek yang sama padatnya perabotan. Jika Anda tidak dapat menempatkan meja makan Anda di dekat jendela besar, cobalah lampu langit-langit yang menggantung. Hindari lampu lantai atau lampu dinding yang jangkauan cahayanya tidak terlalu luas.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."