Tips dan Trik Dekorasi Rumah Mewah dan Elegan dengan Bonsai Beringin

Tips dan Trik Dekorasi Rumah Mewah dan Elegan dengan Bonsai Beringin | Foto artikel Arsitag

Penataan pot bonsai di taman, foto oleh Milada Vigerova,via unsplash.com
 

Bonsai merupakan seni menanam dari Jepang untuk menjadikan tanaman berukuran mini atau lebih kecil dari alaminya. Seni ini populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tanaman yang bisa dijadikan bonsai juga beragam, salah satu yang banyak dipakai ialah jenis beringin.

Bonsai beringin sangat menarik untuk dijadikan elemen dekoratif di rumah, baik indoor maupun outdoor. Tampilannya yang unik akan menjadi pusat perhatian dan membuat  rumah tampak lebih mewah dan elegan. Namun, bagaimana cara menata dan mendekorasi bonsai beringin ini? Berikut tips dan trik dekorasi rumah mewah dan elegan dengan bonsai beringin.

1. Letakkan bonsai di ruang tamu
Bonsai di ruang tamu, foto oleh Grant Durr, via unsplash.com

Bonsai di ruang tamu, foto olehGrant Durr,via unsplash.com
 

Bonsai beringin dengan bentuk percabangan atau arah batangnya yang khas sangat cantik sebagai aksen pada ruang. Pilihan bonsai yang cukup tinggi begitu pula dengan potnya, akan membuat tanaman ini menjadi menonjol sebagai fokus perhatian. Meletakkan bonsai ini di samping kursi atau sofa di ruang tamu tentunya akan membuat rumah terlihat mewah dan elegan.

2. Hiasan meja yang tak kalah menarik
Bonsai beringin di atas meja, foto oleh Davide Cantelli, via unsplash.com

Bonsai beringin di atas meja, foto oleh Davide Cantelli,via unsplash.com
 

Bonsai beringin di atas meja mungkin bisa menjadi alternatif cerdas untuk menjadikan ruangan tampil berbeda. Apalagi, dengan dukungan dekorasi lain, keberadaan bonsai akan semakin memesona. Memberi pencahayaan dari atas juga dapat dilakukan agar bonsai tampil menawan dengan efek bayangannya. Hal lain yang juga perlu diingat, ialah untuk menyesuaikan ukuran bonsai agar tetap seimbang dengan dimensi meja.
 

Baca juga: Ingin Punya Taman ala Jepang di Rumah? Pelajari Prinsip Pentingnya di Sini!
 

3. Meja kerja yang estetik dengan bonsai beringin
Bonsai beringin di meja kerja, foto oleh Rachmaddian Shotz, via unsplash.com

Bonsai beringin di meja kerja, foto olehRachmaddian Shotz,via unsplash.com
 

Bagaimana dengan meja kerja Anda? Tertarik untuk menambahkan hiasan berupa bonsai beringin di samping komputer? Ya, tak ada salahnya untuk menjadikan bonsai sebagai elemen dekorasi di ruang kerja Anda. Selain membuat meja kerja terlihat lebih cantik dan elegan, tanaman ini juga bisa memberi udara segar untuk menjaga fokus kerja. Trik agar bonsai beringin ini menjadi lebih menarik ialah dengan meletakkannya di dekat lampu meja. Cahaya yang mengenai bonsai akan memberi efek bayangan sehingga menjadikan meja kerja lebih estetik.

4. Bonsai beringin sebagai pengisi courtyard
Interior rumah, karya Sucipto Architect, via arsitag.com

Interior rumah, karyaSucipto Architect,via arsitag.com
 

Tanaman bonsai pangkas untuk taman sangat banyak dijumpai, termasuk jenis bonsai beringin. Bonsai beringin ini populer dipakai untuk mempercantik taman depan dan mendukung kemewahan arsitektur rumah. Selain di taman depan rumah, bonsai beringin juga cocok diletakkan di courtyard. Hal ini lantaran, bonsai bakal menjadi elemen dekorasi yang dapat dilihat langsung dari ruangan di sekitarnya. Transisi ruang pun menjadi lebih hidup dan atraktif.

5. Pilih bentuk bonsai beringin yang unik

Via Instagram.com / @bonsainya_aku


Daya tarik dari bonsai tak lain ialah dari bentuk batang dan cabangnya. Semakin unik, maka semakin menarik bagi para pecintanya. Oleh karena itu, untuk menjadikan elemen dekorasi pada rumah, pilihlah bonsai beringin yang bentuknya paling unik. Tanpa perlu penambahan fitur dekorasi lain, ruangan yang sudah ditempatkan bonsai akan langsung terlihat mewah dan elegan.

6. Tampil berbeda dengan pot kaca
Bonsai dengan pot kaca transparan, Foto oleh Halil Nuroglu, via unsplash.com
Biasanya, bonsai beringin untuk hiasan interior akan ditempatkan pada pot tanah liat, kayu, semen, atau porselen. Namun, jika Anda ingin tampilan berbeda, pot berbahan kaca juga menarik untuk dicoba. Selain tak kalah elegan, transparansi dari media tanam akan memberi tekstur yang bisa dimaksimalkan sebagai penunjang desain interior.

Bonsai dengan pot kaca transparan, Foto olehHalil Nuroglu,via unsplash.com


Biasanya, bonsai beringin untuk hiasan interior akan ditempatkan pada pot tanah liat, kayu, semen, atau porselen. Namun, jika Anda ingin tampilan berbeda, pot berbahan kaca juga menarik untuk dicoba. Selain tak kalah elegan, transparansi dari media tanam akan memberi tekstur yang bisa dimaksimalkan sebagai penunjang desain interior.
 

Baca juga: Cara Kreatif Menata Dekorasi Tanaman Hias di Dalam Rumah
 

7. Tonjolkan keunikan bonsai beringin

Via Instagram.com / @jasapembuatankolamtamanmagetan


Setiap bonsai memiliki sisi uniknya tersendiri. Seperti pada bonsai beringin, adanya akar-akar gantung adalah daya pikatnya. Ini artinya, keberadaan akar gantung harus ditonjolkan atau diekspos agar bonsai memiliki nilai visual yang tinggi. Tips lainnya yang mungkin bisa dilakukan ialah dengan meletakkan bonsai beringin yang sudah memiliki akar gantung ini di teras rumah. Hal ini tentu akan membuat rumah tampil mewah dan elegan.

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.