Cara Kreatif Menata Dekorasi Tanaman Hias di Dalam Rumah

Cara Kreatif Menata Dekorasi Tanaman Hias di Dalam Rumah | Foto artikel Arsitag

Tanaman hias ruang tamu, foto olehPatrick Perkins,via unsplash.com

Selain meningkatkan kualitas udara, tanaman hias indoor sejatinya turut menjadi penunjang elemen estetika pada ruangan sekaligus memberi suasana nyaman. Tentunya, manfaat ini bisa dicapai asalkan tanaman hias ditata secara tepat. Meletakkan tanaman tanpa penataan, bisa saja membuat ruangan di rumah Anda justru terlihat berantakan dan malah sumpek.

Bicara soal menata tanaman hias di dalam rumah, hal yang paling umum dilakukan adalah dengan meletakkannya di sudut ruangan atau sebagai hiasan di atas meja. Padahal, Anda bisa lebih mengeksplorasi penataan tanaman ini dengan beragam ide kreatif lainnya. Sebagai referensi, berikut beberapa cara kreatif menata tanaman hias di dalam rumah.

1. Tanaman Hiasan Dinding
Dekorasi tanaman di dinding, foto oleh Manja Vitolic, via unsplash.com

Dekorasi tanaman di dinding, foto olehManja Vitolic,via unsplash.com
 

Dalam desain interior rumah, biasanya memiliki dinding yang dihiasi dengan beragam dekorasi. Seperti foto, lukisan, buku, pajangan, patung, dan lain sebagainya. Agar wall decor yang ada terlihat lebih segar, Anda dapat menambahkan tanaman di sana. Warna hijau daun dengan karakter batang yang khas dari dekorasi tanaman hias akan memberikan nuansa organik yang tidak monoton pada tampilan dinding.

2. Buat Berkelompok
Aneka dekorasi tanaman indoor, foto oleh Huy Phan, via unsplash.com

Aneka dekorasi tanaman indoor, foto olehHuy Phan,via unsplash.com
 

Alih-alih meletakkan satu pot tanaman di satu titik saja atau dengan pola menyebar, mengapa tidak untuk menjadikan mereka berkelompok? Ide tanaman dalam rumah berikutnya mengumpulkan dan menata tanaman dari berbagai jenis dan ukuran. Sehingga, mereka terlihat layaknya sebuah taman kecil di dalam rumah. Jika perlu, manfaatkan pula rak atau meja untuk memberikan efek visual tinggi rendah yang menarik.
 

Baca juga: Rekomendasi Tanaman Hias Ruang Belajar untuk Meningkatkan Mood dan Konsentrasi
 

3. Kolaborasi Ragam Karakter
Beragam jenis tanaman hias interior, foto oleh Alp Duran, via unsplash.com

Beragam jenis tanaman hias interior, foto olehAlp Duran,via unsplash.com
 

Menciptakan visual yang cantik pada ruang tidak melulu menyamakan karakter dari setiap elemennya. Melalui kreativitas, Anda juga bisa mengolaborasikan beberapa karakter menjadi satu harmoni. Seperti halnya ketika memilih tanaman hias untuk dekorasi ruang, Anda dapat menggunakan beberapa jenis tanaman yang berbeda karakter untuk ditata di satu area yang sama.

Seperti contoh tanaman hias kreatif yang satu ini, tanaman kaktus tampak serasi bersanding dengan tanaman berdaun lebar dan tanaman juntai. Kunci dalam penataan tanaman berbeda karakter seperti ini terletak pada posisinya. Anda harus jeli melihat posisi dari tiap tanaman agar tidak “kalah” dari tanaman lain yang berkarakter lebih kuat.

4. Menjadikannya Bingkai 3 Dimensi
Layout tanaman interior, foto oleh Sanni Sahil, via unsplash.com

Layout tanaman interior, foto olehSanni Sahil,via unsplash.com
 

Jika Anda menyukai konsep alam liar untuk ruangan, Anda bisa meniru ide tanaman dalam rumah berikut ini. Tata tanaman menjadi dekorasi layaknya sebuah bingkai tiga dimensi. Beragam macam tanaman di susun dengan berbagai cara. Ada yang diletakkan di atas meja, ada yang di atas rak tempel, dan ada pula yang digantung. Semuanya tampak selaras hingga jika dilihat akan membentuk bingkai yang mengelilingi objek utama yaitu televisi.

5. Memanfaatkan Area Kosong
Tanaman hias indoor di berbagai sudut ruangan, foto oleh Fabio Hanashiro, via unsplash.com

Tanaman hias indoor di berbagai sudut ruangan, foto olehFabio Hanashiro,via unsplash.com
 

Jika Anda merasa ruangan di rumah sudah tidak memungkinkan lagi meletakkan pot tanaman, coba untuk kembali melihat lebih detail. Perlu diingat bahwa tanaman di dalam pot tidak selalu harus diletakkan di lantai atau atas meja. Bebaskan kreasi dengan meletakkannya di dinding, digantung, atau seperti pada ide di atas, yakni tanaman diletakkan tepat di atas pintu. Selain cantik secara tampilan, meletakkan tanaman rambat di atas pemisah ruang juga berperan untuk memberi efek tirai pembatas.

6. Tanaman Sebagai Kontras
Pot tanaman cantik di samping meja TV, desain Interior karya Designecologist, via unsplash.com

Pot tanaman cantik di samping meja TV, desain Interior karyaDesignecologist,via unsplash.com
 

Keberadaan tanaman dalam ruang selayaknya menjadi penunjang konsep desain. Dalam desain sendiri, ada yang disebut sebagai kontras. Hal ini bisa didapatkan dari peletakkan tanaman. Ya, tanaman hias dengan karakternya yang khas akan menjadi elemen kontras sehingga tampilan ruang tidak membosankan.

Coba lihatlah pada contoh di atas. Bayangkan jika tidak ada tanaman di sana, maka ruangan akan terlihat membosankan. Akan tetapi, karena adanya tanaman dengan dimensi yang cukup dominan, maka ruangan terlihat lebih segar dan menarik.
 

Baca juga: Ide Kreatif untuk Mulai Berkebun di Halaman Rumah
 

7. Rambatkan di Dinding
Tanaman rambat mempercantik dinding ruangan, foto oleh Prudence Earl, via unsplash.com

Tanaman rambat mempercantik dinding ruangan, foto oleh Prudence Earl,via unsplash.com
 

Alih-alih membiarkan dinding rumah terlihat kosong, Anda bisa berkreasi dengan menjadikannya ruang rambatan tanaman. Salah satu jenis tanaman rambat yang cocok diletakkan dalam rumah ialah sirih gading. Anda bisa mengarahkan arah rambatannya dengan memberikan penyangga seperti paku. Apalagi dengan pertumbuhan yang relatif cepat, sirih gading akan membuat tampilan ruang lebih semarak dan tidak membosankan.

8. Menata dengan Menyenangkan
Pot tanaman hias di atas sepeda mini, foto oleh Brina Blum, via unsplash.com

Pot tanaman hias di atas sepeda mini, foto olehBrina Blum,via unsplash.com
 

Meletakkan tanaman di dalam rumah tidak melulu harus di atas lantai atau meja. Coba perhatikan barang-barang yang ada di rumah dan mulai berkreasi dengan sesuatu yang mungkin tidak biasa. Jika perlu, Anda bisa mulai merombak barang-barang bekas menjadi dudukan tanaman. Hal ini tentu bisa menjadi kegiatan menyenangkan bersama anggota keluarga sekaligus menghasilkan sesuatu yang unik dan berbeda.

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.