Inspirasi Cara Memajang Karya Seni yang Kreatif dan Unik untuk Rumah Anda

Inspirasi Cara Memajang Karya Seni yang Kreatif dan Unik untuk Rumah Anda | Foto artikel Arsitag

Foto oleh Artyom Kabajev, via unsplash.com
 

Sebuah hunian yang baik tidak hanya harus nyaman dan fungsional. Karena Anda akan menghabiskan waktu paling banyak di rumah, menciptakan suasana hunian yang estetik menjadi penting dalam rangka menghilangkan kejenuhan. Tidak hanya itu, interior yang dihiasi dengan dekorasi rumah, turut berpengaruh membuat para tamu betah berkunjung.

Seperti halnya memilih tema atau perabotan, memilih dan memasang artwork sebagai dekorasi seni di rumah juga harus dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Simak beberapa cara memajang lukisan dan karya seni lainnya agar rumah stylish Anda tampil semakin memesona!

Pertimbangkan untuk Memajang Koleksi Anda
Foto oleh Jason Briscoe, via unsplash.com

Foto oleh Jason Briscoe, via unsplash.com
 

Anda bisa menambahkan sentuhan personal ke dalam rumah dengan menjadikan koleksi pribadi Anda sebagai pajangan dinding. Kalau Anda suka mengoleksi lukisan, Anda bisa memajangnya dan menjadikan salah satu sisi dinding sebagai galeri. Kalau yang Anda minati adalah fotografi, pamerkan hasil jepretan pribadi sebagai pajangan karya seni di rumah. Bahkan, bila Anda gemar mengoleksi cover majalah, itu semua bisa dijadikan galeri dinding seperti contoh ini.

Biarkan Dekorasi Sampai ke Lantai
Foto oleh Viganhajdari, via pixabay.com

Foto oleh Viganhajdari, via pixabay.com
 

Banyak orang yang berpikir bahwa dekorasi itu harus berbentuk hiasan yang digantungkan di dinding. Padahal, konsepnya tidak harus seperti itu. Bagi Anda yang khawatir pajangan akan merusak dinding (terutama Anda yang tinggal di apartemen atau rumah sewa), menggunakan media berupa rak atau langsung meletakkan hiasan di lantai juga bisa jadi opsi menarik.

Baca juga: 8 Inspirasi Cantik untuk Rumah Minimalis yang Lebih Rapi dan Terorganisir
 

Bermain dengan Gaya Abstrak
Foto oleh Pexels, via pixabay.com

Foto oleh Pexels, via pixabay.com
 

Kalau Anda tidak ingin menempelkan objek yang terlalu jelas sebagai hiasan dinding, lukisan atau foto yang abstrak adalah ide karya seni di rumah yang patut dicoba. Anda dapat menemukan pajangan dinding semacam ini di toko barang-barang bekas atau toko yang menjual perlengkapan dekorasi rumah. Kalau ingin menunjukkan kreativitas, Anda bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah.

Manfaatkan Rak untuk Menampilkan Lebih dari Satu Jenis Pajangan
Foto oleh Merelize, via stockvault.net

Foto oleh Merelize, via stockvault.net
 

Jika Anda memiliki koleksi yang sulit untuk diletakkan di dinding langsung, menggunakan rak akan jadi opsi yang menarik. Selain menjaga koleksi dari kerusakan, Anda dapat meletakkan beragam jenis pajangan sekaligus dalam satu rak. Misalnya saja, dengan memadukan frame-frame foto klasik dengan koleksi buku seperti desain di atas.

Gunakan Satu Nuansa yang Sama
Foto oleh Sammsara Luxury Modern Home, via pexels.com

Foto oleh Sammsara Luxury Modern Home, via pexels.com
 

Salah satu kesulitan yang kerap dihadapi saat ingin memajang banyak barang sekaligus adalah membuat semua komponennya tetap terlihat padu. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar semua pajangan Anda tetap terikat adalah dengan menggunakan komponen yang sama. Dalam inspirasi dekorasi di atas misalnya, sang pemilik rumah sengaja meletakkan semua barang dengan nuansa emas. Meskipun memiliki tema berbeda satu sama lain, sentuhan emas pada masing-masing item membuat nilai artistiknya tidak berkurang.

Baca juga: Desain Rumah Unik di Jepang dengan Ruang Keluarga Terbuka Tanpa Atap
 

Gunakan Material Kayu untuk Kesan yang Hangat
Foto oleh Manja Vitolicvia, unsplash.com

Foto oleh Manja Vitolicvia, unsplash.com
 

Jika rumah Anda dibuat dengan gaya minimalis atau Skandinavian yang didominasi warna putih, kesan kaku mungkin akan kental terasa. Pemilihan dekorasi yang baik akan menjadi kunci untuk menghangatkan suasana di dalamnya. Cobalah meletakkan pot-pot berisi tumbuhan hijau, atau memajang dekorasi seni dari material berbahan kayu. Topeng etnik kayu yang disandingkan dengan rak kayu mungil seperti contoh desain di atas misalnya, tidak hanya membuat ruangan menjadi terasa natural, tetapi juga memperkaya teksturnya.

Anda dapat memodifikasi tips dan inspirasi menghias rumah dengan karya seni sesuai kebutuhan. Karya seni apa pun yang akan Anda jadikan sebagai dekorasi memerlukan konsep dan tema yang serasi agar menghasilkan visual yang harmoni. Jadi, Anda tertarik mencoba salah satunya?

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."