Inspirasi Desain Interior Serba Kayu yang Memberikan Kehangatan

Inspirasi Desain Interior Serba Kayu yang Memberikan Kehangatan | Foto artikel Arsitag

Desain apartemen karya HelloEmbryo, via arsitag.com

Kayu adalah salah satu material bangunan yang sudah digunakan sejak pertama kali manusia berpikir membangun tempat tinggal. Interior rumah kayu sederhana banyak dipilih karena kesannya yang natural dan hangat. Mulai dari sentuhan-sentuhan kecil dari perabotan, kayu juga merupakan material yang tak kalah memesona untuk menjadi langit-langit bahkan lantai.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan material kayu di rumah, beberapa contoh penggunaan material kayu berikut ini bisa Anda tiru.

Lantai Parket Kayu
Lantai parket kayu, hunian oleh Home by Fabelio, via arsitag.com

Lantai parket kayu, hunian oleh Home by Fabelio, via arsitag.com
 

Lantai parket kayu adalah lantai yang dibuat dari kepingan kayu yang dipres bersama-sama, sehingga menjadi konkret dan siap dipasang di lantai. Bahan parket ada yang berupa kayu solid, yaitu seratus persen terbuat dari kayu asli seperti jati. Ada juga parket olahan yang biasa dikenal dengan sebutan engineered wood, atau lantai kayu buatan yang kualitasnya sangat menyerupai kayu asli.

Desain interior nuansa kayu dapat disesuaikan dengan pilihan corak dari lantai parket kayu. Sementara dari pilihan bahannya, parket yang berbahan solid biasanya harganya lebih mahal. Sedangkan, yang olahan jauh lebih murah. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Langit-langit Kayu
Langit-langit kayu, hunian karya RAW Architecture via, arsitag.com

Langit-langit kayu, hunian karya RAW Architecture via, arsitag.com
 

Tidak hanya lantai, bahan kayu juga kerap dijadikan pilihan untuk menghias langit-langit rumah. Beragam ukiran unik dan struktur yang dibuat dari kepingan kayu akan menambah suasana artistik di dalam rumah.

Desain langit-langit kayu pada foto di atas misalnya, memperlihatkan susunan-susunan kayu yang apik. Hasilnya, suasana ruangan jadi benar-benar terasa berbeda. Anda juga bisa mendapatkan inspirasi langit-langit kayu dari desain rumah tradisional ala Jawa.
 

Baca juga: Desain Rumah Minimalis dengan Beton Ekspos yang Elegan
 

Furnitur Kayu
Furnitur kayu mengisi rumah modern, hunian karya Erwin Kusuma, via arsitag.com

Furnitur kayu mengisi rumah modern, hunian karya Erwin Kusuma, via arsitag.com
 

Salah satu cara yang paling banyak ditempuh untuk memasukkan unsur kayu ke dalam rumah adalah dengan menambahkan perabotan dari bahan kayu. Anda bisa memulainya dengan menggunakan kursi makan dari kayu, rak buku, hingga tempat tidur. Pilihan gaya pun bisa Anda sesuaikan dengan selera.

Ukiran Kayu
Artwork ukiran kayu, rumah karya Imron Yusuf, via arsitag.com

Artwork ukiran kayu, rumah karya Imron Yusuf, via arsitag.com
 

Jika Anda menginginkan kesan tradisional atau etnik, kayu dengan ukiran Jepara mungkin akan mewujudkan impian Anda. Untuk kesan modern yang simpel dan rapi, pilihlah perabotan yang memiliki potongan tegas dan tidak terlalu ribet.

Dinding dari Bahan Kayu
Dinding berbahan kayu, ruang keluarga karya Dendy Darman, via arsitag.com

Dinding berbahan kayu, ruang keluarga karya Dendy Darman, via arsitag.com
 

Rumah berdinding kayu bisa Anda dapatkan tanpa harus membangun keseluruhan rumah dari kayu. Manfaatkan material alami ini sebagai penghias di dalam ruangan. Cobalah menjadikannya sebagai pengganti salah satu dari dinding tembok yang ada. Kreasi desain dinding kayu lainnya adalah dengan melapisi dinding rumah Anda dengan bahan kayu. Sehingga membuatnya tampak dibuat dari kayu seutuhnya seperti contoh desain di atas.
 

Baca juga: Rumah Minimalis Modern dengan Sentuhan Tekstur Kayu yang Menghangatkan
 

Aksesoris dari Bahan Kayu
Aksesoris gantungan baju dari kayu, proyek oleh VIVERE, via arsitag.com

Aksesoris gantungan baju dari kayu, proyek oleh VIVERE, via arsitag.com
 

Selain komponen-komponen yang bersifat utama seperti lantai, dinding, dan perabotan, kayu bisa Anda selipkan ke dalam interior dengan menambahkan aksesoris. Lampu gantung, bingkai, gantungan baju, atau cermin dengan frame dari kayu adalah beberapa aksesoris yang akan melengkapi tampilan interior rumah Anda.

Selain memberikan kesan hangat, kayu adalah material yang tidak akan pernah mati. Sejak zaman batu hingga saat ini, kayu kerap menjadi pilihan untuk eksterior maupun interior rumah. Jadi, menambahkan sentuhan kayu ke dalam rumah tidak akan pernah menjadi pilihan yang salah. Ingin mencoba sendiri?

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."