8 Ide Desain Taman Yang Membuat Rumah Anda Tampil Lebih Keren

8 Ide Desain Taman Yang Membuat Rumah Anda Tampil Lebih Keren | Foto artikel Arsitag
Cover Villa Kejou di Bali karya OG Architects (Sumber: arsitag.com)

Tidak semua rumah memiliki taman. Mungkin karena alasan keterbatasan lahan, Anda memutuskan untuk memperluas bagian interior ketimbang eksterior. Hal demikian umumnya terjadi di kota-kota besar, di mana harga lahan sangat mahal sekali, sehingga lebih memilih untuk menghilangkan lahan hijau dan memperluas bagian interior.

Padahal, taman memiliki fungsi yang sangat penting bagi keseimbangan lingkungan di sekitar rumah. Yang pertama, taman membuat udara menjadi lebih sejuk. Hal ini terjadi karena tumbuhan yang ditanam di taman akan menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen ke udara. Kedua, taman membuat rumah menjadi lebih teduh, terutama jika ada pohon-pohon besar di sana. Ketiga, taman memberikan nilai estetika yang sangat baik pada bagian eksterior rumah.

Ada beberapa jenis dan desain taman yang bisa dipilih. Biasanya para arsitek lansekap akan mengerti taman seperti apa yang sesuai dengan rumah Anda. Jika dilihat dari lokasinya, taman dibagi menjadi beberapa jenis yaitu taman depan, taman indoor, taman samping, taman belakang, dan taman rooftop. Sedangkan berdasarkan desainnya, yaitu taman minimalis, taman Jepang, taman Mediterania, taman Eropa, taman zen, taman tradisional, taman vertikal, dan masih banyak lagi.

Jika Anda sedang berencana untuk menghadirkan lahan hijau di rumah Anda, berikut ini beberapa ide desain taman yang dapat membuat rumah Anda tampil lebih keren:

1. Taman MM House

Desain tamanDesain taman MM House di Jakarta karya Studio Tonton (Sumber: arsitag.com)
 

Ide taman yang pertama memanfaatkan lahan samping. Anda bisa membuat jalan setapak yang menghubungkan bagian depan dan belakang rumah dengan beberapa tanaman di sisi-sisinya.

2. Taman Lewis & Carrol High Tea

Desain tamanDesain taman Lewis & Carrol High Tea di Jakarta karya VIN•DA•TE (Sumber: arsitag.com)
 

Terhimpit oleh gedung-gedung pencakar langit bukan berarti kehilangan peluang untuk memiliki taman di rumah. Justru hal itu akan memberikan pemandangan yang indah hasil perpaduan taman dan gedung-gedung tinggi sebagai latar belakangnya.

3. Taman An Office To Work and Live

Desain tamanDesain taman An Office To Work and Live di Semarang karya Tamara Wibowo (Sumber: arsitag.com)
 

Agar taman di rumah Anda terlihat anti mainstream, Anda bisa menggunakan tanaman jenis rambat atau yang dapat menjuntai panjang dari atas hingga ke bawah.

4. Taman Metro Kencana Residence

Desain tamanDesain taman Metro Kencana Residence di Jakarta karya PT. GARISPRADA (Sumber: arsitag.com)
 

Rumah bergaya tradisional atau tropis akan semakin terlihat hijau jika memiliki taman dengan tanaman-tanaman yang rimbun. Terlihat sangat rindang dan teduh sekali, bukan?

5. Taman Richfield Co

Desain tamanDesain taman Richfield Co di Bandung karya RDMA (Sumber: arsitag.com)
 

Rumah dengan gaya industrial memang terlihat sangat modern dan minimalis. Namun, taman dengan desain zen garden atau taman kering tetap dapat berpadu dengan gaya industrial yang modern.

6. Taman Pangkalan Jati House

Desain tamanDesain taman Pangkalan Jati House di Jakarta karya RAW Architecture (Sumber: arsitag.com)
 

Kalau taman kontemporer yang satu ini terlihat sangat asri sekali berkat kehadiran pohon besar yang rindang. Bahkan, rumput yang terpangkas rapih membuat suasana nya makin indah.

7. Taman DJ House

Desain tamanDesain taman DJ House di Bengkulu karya Sontang M Siregar (Sumber: arsitag.com)
 

Sontang M Siregar adalah salah satu arsitek Indonesia yang ahli dalam mendesain rumah-rumah mungil, tetapi mampu memanfaatkan ruang seefektif mungkin. Meskipun DJ House tidak memiliki lahan yang luas, tetapi tetap memiliki taman yang super minimalis.

8. Taman Lebak Bulus House Interior

Desain tamanDesain taman Lebak Bulus House Interior di Jakarta karya I N S P I R A T I O (Sumber: arsitag.com)
 

Taman tidak harus dilapisi dengan rumput saja, tetapi dek kayu juga bisa menggantikannya, bahkan bisa juga berfungsi sebagai jalan setapak. Seperti misalnya taman pada proyek Lebak Buluk House Interior yang terlihat sangat modern.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda is a programmer by day and a writer by night. He is a former content marketer at Tokopedia, but currently working as a programmer at Kalbe Nutritionals. Writing is a part of his life for years. He has also been writing hundreds of articles for many blogs and magazines.