Bobobox: Desain Hotel Kekinian Bagi Kaum Wisatawan Milenial

Bobobox: Desain Hotel Kekinian Bagi Kaum Wisatawan Milenial | Foto artikel Arsitag

Cover : Bobobox, desain hotel dengan massa menyerupai huruf L, via arsitag.com

Desain hotel biasanya disesuaikan dengan tema dan suasana yang ingin dihadirkan di dalamnya, sebagai daya tarik untuk tamunya. Biasanya pula, tingkat pelayanan dan kenyamanan berbanding lurus dengan biaya yang harus dikeluarkan.

Sejak 2018, di Pasir Kaliki, Bandung, Jawa Barat, hadir Bobobox, sebuah hotel yang mengusung konsep “Futuristic Pods for Smart Traveler”. Sebenarnya apa bedanya hotel ini dengan hotel lainnya? Desain unik seperti apa pula yang dihadirkan hotel karya Aaksen Responsible Architecture ini? Mari kita berpetualang ke dalam desain Bobobox!

1. Desain Hotel Kapsul

1. Desain Hotel Kapsul
Kenyamanan ‘king size’ berpadu dengan tata lampu yang bisa diatur sendiri, via arsitag.com

Bobobox hadir dengan konsep hotel kapsul, menyediakan kotak-kotak kamar tidur dengan harga sewa terjangkau, bahkan relatif murah. Walau hanya menyediakan akomodasi dasar dari sebuah penginapan, yaitu sebagai tempat beristirahat, namun hotel ini tidak mengesampingkan kenyamanan dalam desainnya.

2. Desain Hotel dengan Konsep Swalayan

Smart Hotel dengan teknologi terkini, via arsitag.comSmart Hotel dengan teknologi terkini, via arsitag.com

Bobobox, hotel kapsul pertama di Indonesia, terdiri dari bilik kamar atau ‘pod’ dengan sistem “swalayan”. Tidak seperti kebanyakan hotel konvensional yang berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik untuk tamunya, Bobobox menawarkan kenyamanan maksimal dengan biaya yang hemat.

Setiap tamu melayani dirinya sendiri dan mengatur keperluannya sendiri, untuk mendapatkan suasana yang paling nyaman sesuai keinginannya sendiri.

Baca juga: Arsitektur Villa Tropis Kontemporer Karya Parametr yang Menampilkan Surga Pulau Dewata

3. Desain Hotel dengan Privasi dan Kenyamanan Maksimal

Walau mungil, pod Bobobox tetap nyaman, via arsitag.comWalau mungil, pod Bobobox tetap nyaman, via arsitag.com

Kolaborasi Bobobox Indonesia dengan Aaksen Responsible Architecture (arsitektur), ASEPDEV (konstruksi) dan Monoponik (desain grafis) menelurkan karya arsitektur dengan konsep dasar yang terealisasi dengan baik dan memberi privasi dan kenyamanan maksimal.

Setiap kamar dirancang untuk dua tamu dengan tempat tidur berukuran king zise (2m x 2m). Sistem pengaturan tiap pod dapat diakses melalui aplikasi Bobobox dari ponsel tiap tamu. Mulai dari membuka pintu, mengatur lampu, hingga memilih alunan musik beserta pengaturan volumenya. Pengaturan warna lampu dan terang gelapnya lampu, memungkinkan terciptanya suasana sesuai keinginan hati, groovy ataupun zen.

Setiap kamar dirancang untuk dua tamu dengan tempat tidur berukuran king zise (2m x 2m). Sistem pengaturan tiap pod dapat diakses melalui aplikasi Bobobox dari ponsel tiap tamu. Mulai dari membuka pintu, mengatur lampu, hingga memilih alunan musik beserta pengaturan volumenya. Pengaturan warna lampu dan terang gelapnya lampu, memungkinkan terciptanya suasana sesuai keinginan hati, groovy ataupun zen.
Bobobox, hotel kapsul pertama di Indonesia dengan kelengkapan konsep dasar sebuah penginapan, via arsitag.com

Sebagian pod juga dilengkapi meja kecil dan kursi unik sebagai area kerja ataupun area makan. Desainnya yang dibuat melengkung memberi kesan dinamis dan membuat ruang tampak lebih luas.

Baca juga: Rumah Gerbong: Konsep Rumah Tumbuh untuk Hunian Urban Masa Kini

4. Desain Hotel yang melibatkan Teknologi Terkini

Desain hotel dengan gaya dan pengalaman futuristikDesain hotel dengan gaya dan pengalaman futuristik, via arsitag.com


 

Setiap tamu yang menginap akan mendapat pengalaman unik yang melibatkan manusia dengan teknologi futuristik. Kemudahan manfaat teknologi diterapkan mulai reservasi hotel, kontrol fasilitas dalam setiap pod, dan sistem komunikasi yang baik.

Bobobox memberikan pengalaman unik dengan mengekplorasi pengalaman dan lingkungan tidur yang berbeda di era milenium dengan segala tuntutan kemudahan, kenyamanan, dan semua yang serba cepat.

5. Desain Hotel yang Terancang dengan Baik

Denah Bobobox, hotel mungil di lahan terbatas dengan desain dan kenyamanan maksimalDenah Bobobox, hotel mungil di lahan terbatas dengan desain dan kenyamanan maksimal, via arsitag.com

Massa setiap pod berbentuk huruf L, sepasang-pasang saling bertumpuk, saling mengikat menyerupai puzzle atau seperti tetris, membentuk sebuah balok. Para tamu dibebaskan memilih kamar masing-masing, seolah menyelam ke Ruang Bumi di lantai bawah, atau naik ke Sky Room di lantai atas.

Hotel kapsul yang terancang dengan baikHotel kapsul yang terancang dengan baik, via arsitag.com
 

Keseluruhan pod menyatu seolah membentuk kabin atau kapsul pesawat antariksa. Warna serba putih disandingkan dengan warna coklat untuk lantai dan meja kecil di dalam pod untuk menetralkan suasana, sekaligus memberikan kesan homey.

6. Desain Hotel dengan Pengalaman Baru yang Unik

Setiap pod dilengkapi fitur teknologi terkiniSetiap pod dilengkapi fitur teknologi terkini, via arsitag.com

Semua fitur pod dipersonalisasi dengan semua kemudahan teknologi. Bobobox benar-benar sesuai dengan namanya “Futuristic Pods for Smart Traveler”, kesan futuristik bukan estetika semata, tetapi pengalaman langsung yang nyata.

Selasar Bobobox, hotel dengan konsep “Swalayan”, via arsitag.comSelasar Bobobox, hotel dengan konsep “Swalayan”, via arsitag.com

Pengalaman futuristik ini sudah terasa sejak tampilan luarnya, front desk, selasar menuju tiap pod, dan semakin terasa di dalam pod. Tamu tidak hanya disuguhkan kenyamanan beristirahat, tetapi juga pengalaman baru yang unik dan menyenangkan.

Front desk dengan tampilan minimalisFront desk dengan tampilan minimalis, via arsitag.com

Walau mungil dengan tampilan super minimalis dan warna serba putih, front desk Bobobox tampil elegan. Koala yang sedang tidur dengan warna biru yang menyejukkan secara sederhana, cerdik, dan efisien mengandung makna tersirat “Hotel untuk kaum wisatawan milenial yang smart dengan sistem smart technology”.

Eksterior Bobobox, simpel dengan warna serba putih, mencerminkan kebersihan di dalamnyaEksterior Bobobox, simpel dengan warna serba putih, mencerminkan kebersihan di dalamnya, via arsitag.com

Walau dengan keterbatasan lahan, Bobobox terealisasi menjadi sebuah penginapan dengan kejujuran konsep dasar sebagai pemenuhan fungsi sebagai tempat beristirahat, dengan eksekusi yang luar biasa lain dari yang lain, sebuah desain yang terancang dengan baik dengan sejuta pengalaman baru yang ditawarkan.

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.