Inspirasi Kerja dari Ruang Makan Selama WFH

Inspirasi Kerja dari Ruang Makan Selama WFH | Foto artikel Arsitag

Bekerja dari ruang makan, foto oleh Surface, via unsplash.com

Tidak punya ruang kerja khusus di rumah? Bingung harus meletakkan ruang kerja di mana selama WFH? Ada yang patut Anda coba lho, yakni menggunakan ruang makan sebagai ruang kerja. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat kerja di ruang makan, mulai dari mendekatkan komunikasi dengan anggota keluarga lainnya, multitasking, dan dekat dengan tempat penyimpanan makanan atau minuman di rumah.

Walaupun memiliki fungsi ganda, Anda tetap bisa nyaman saat kerja di ruang makan selayaknya bekerja di ruang lain pada umumnya. Yuk, simak dulu beberapa inspirasi ruang makan yang disulap menjadi ruang kerja berikut ini.

Meja Kecil di Pojok Ruang Makan
Meja kecil di sudut ruangan, via piqsels.com

 Meja kecil di sudut ruangan, via piqsels.com
 

Tidak ingin mengambil space di meja makan? Ruang kerja di rumah kecil sepatutnya tetap mempertimbangkan kenyamanan. Anda bisa menambahkan meja kecil di salah satu sudut ruang makan. Tips ini juga bisa meminimalisasi godaan Anda untuk makan saat sedang bekerja. Anda pun tidak akan terganggu jika ada anggota keluarga lain yang ingin makan atau menggunakan area ruang makan.

Pilihlah sudut ruang makan yang menghadap ke jendela agar meja kerja Anda bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup. Dengan begitu, Anda pun bisa selalu fokus dan bisa melihat pemandangan di luar rumah sambil bekerja.

Meja Makan Multifungsi
Bekerja di meja makan, via pxhere.com

Bekerja di meja makan, via pxhere.com
 

Tidak punya ruang tambahan untuk meletakkan meja? Tak masalah! Meja makan juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk Anda bekerja. Ruang makan yang terdiri dari sebuah meja dengan beberapa kursi seperti ini sudah cukup menjadi tempat bekerja yang nyaman untuk Anda atau bahkan anggota keluarga lain. Anda pun bisa bekerja sambil menemani anak belajar, atau bahkan mencicipi hidangan-hidangan yang ada di rumah. Sekali mendayung dua tiga pulau terlewati kan?
 

Baca juga: Desain Kitchen Office untuk Anda yang Bekerja dari Dapur Rumah
 

Ruang Kerja yang Menyatu dengan Kabinet Dapur
Meja kabinet dapur bentuk L yang bisa digunakan untuk bekerja, via maxpixel.net

Meja kabinet dapur bentuk L yang bisa digunakan untuk bekerja, via maxpixel.net
 

Bekerja di area ruang makan dan dapur menjadi nilai plus tersendiri bagi Anda yang hobi ngemil sambil bekerja. Anda dapat mengaplikasikan inspirasi meja kerja yang menyatu dengan kabinet dapur. Jadikan salah satu rak kosong di dapur Anda sebagai area bekerja minimalis yang nyaman. Dengan demikian, ruang kerja dekat dapur akan tampak menyatu dengan dapur berkat desain yang sengaja dibuat seragam dengan keseluruhan tampilan dapur.

Manfaatkan Kitchen Island
Kitchen island dapat dimanfaatkan sebagai meja kerja, foto via Stocksnap.io

Kitchen island dapat dimanfaatkan sebagai meja kerja, foto via Stocksnap.io
 

Meja tambahan atau kitchen island di area dapur ini memang memiliki banyak fungsi. Tak hanya dapat digunakan sebagai area tambahan untuk menyiapkan makanan, kitchen island juga biasanya berfungsi sebagai tempat untuk menghidangkan makanan. Bagi Anda yang tidak mudah terganggu dengan suara aktivitas di dapur, tak ada salahnya untuk menjadikan area ini sebagai area kerja. Ruang kerja di dapur memungkinkan Anda sekaligus multitasking, bekerja sembari memasak. Sambil menunggu masakan matang, Anda bisa menyelesaikan perkerjaan.
 

Baca juga: Inspirasi Desain Ruang Kerja di Rumah yang Tampil Maskulin
 

Tambahkan Rak Penyimpanan
Tempat penyimpanan khusus di pojok ruangan, foto via piqsels.com

Tempat penyimpanan khusus di pojok ruangan, foto via piqsels.com
 

Satu hal penting yang harus Anda perhatikan jika ingin menjadikan ruang makan sebagai area bekerja, adalah menambahkan rak penyimpanan ekstra. Saat bekerja, tentu Anda akan membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan kertas dan kebutuhan lainnya.

Agar ruang makan dan area dapur tetap terjaga kebersihan dan kerapiannya, sebaiknya Anda menambahkan rak tambahan yang khusus digunakan untuk menyimpan keperluan pekerjaan. Dengan begitu, tidak akan ada barang yang tercampur antara perlengkapan makan, memasak, dan pekerjaan.

Ternyata seru juga ya, bekerja di ruang makan? Tertarik untuk mencoba? Aplikasikan tips di atas agar suasana bekerja bisa tetap nyaman selama WFH.

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.