Inspirasi Tanaman Hias yang Cocok untuk Mempercantik Kamar Mandi Anda

Inspirasi Tanaman Hias yang Cocok untuk Mempercantik Kamar Mandi Anda | Foto artikel Arsitag
Tanaman hias kamar mandi, foto oleh Lisa Moyneur via unsplash.com
 

Pernahkah Anda membayangkan kamar mandi yang dihiasi tanaman hias? Apakah hal itu dimungkinkan? Dengan suhu, kelembapan, dan cahaya yang berbeda dengan lingkungan luarnya, meletakkan tanaman di kamar mandi tentu tidak bisa sembarangan. Tidak semua jenis tanaman mampu beradaptasi dengan lingkungan kamar mandi yang cenderung lembap, dingin, dan minim cahaya. Oleh karena itu, artikel kali ini akan memberikan inspirasi untuk Anda memilih tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di kamar mandi.

1.Ala Hutan Hujan dengan Paku-Pakuan
Foto oleh Lisa Moyneur via unsplash.com

Foto olehLisa Moyneur via unsplash.com
 

Tanaman paku atau pakis (fern) merupakan jenis tanaman yang identik dengan hutan hujan. Suasana yang lembap menjadi lingkungan yang cocok bagi tanaman ini. Tak heran, jika jenis tanaman paku mampu beradaptasi dengan lingkungan kamar mandi. Hal yang menarik dari meletakkan tanaman paku di kamar mandi adalah hadirnya suasana alam liar yang kuat. Ya, karakter daunnya yang lebat dengan warna hijau yang cerah, menjadikan keberadaan tanaman paku langsung bisa mengubah suasana ruang.

Baca juga: Inspirasi Dekorasi Rumah dengan Tanaman Paku-Pakuan yang Cantik 
 

2.Suasana Tropis dengan Palem Kuning
Palem kuning, foto oleh Jared Rice via unsplash.com

Palem kuning, foto oleh Jared Rice via unsplash.com
 

Tanaman tropis biasanya identik dengan kebutuhan sinar matahari yang tinggi. Akan tetapi, terdapat beberapa jenisnya yang masih bisa tumbuh baik di dalam ruangan. Contoh jenis tanaman untuk kamar mandi yang dimaksud adalah palem kuning. Palem kuning sudah sangat lumrah dijadikan tanaman indoor. Menariknya, ternyata meletakkan tanaman ini di kamar mandi rumah sangatlah ampuh memberikan nuansa hijau menyegarkan.

3.Si Daun Lebar, Ketapang Biola
Tanaman ketapang biola, foto oleh Lauren Mancke via unsplash.com

Tanaman ketapang biola, foto oleh Lauren Mancke via unsplash.com
 

Ketapang biola pendek atau Fiddle Leaf Fig adalah pilihan untuk Anda yang memiliki kamar mandi cukup luas karena karakter daunnya yang lebar. Tanaman hias kamar mandi ini sudah cukup populer dijadikan sebagai tanaman indoor, lantaran daunnya yang lebar membuatnya bisa langsung dirasakan kehadirannya. Akan tetapi, meskipun bisa tumbuh di dalam ruang, ketapang biola sebaiknya tetap dijemur rutin seminggu sekali, atau diletakkan di area yang mendapat cahaya dari lampu.

4.Sirih Gading yang Segar
Kamar mandi dengan sirih gading, foto oleh Curology via unsplash.com

Kamar mandi dengan sirih gading, foto oleh Curology via unsplash.com
 

Sirih gading merupakan jenis tanaman hias merambat yang populer dijadikan tanaman dekorasi ruang. Keunggulan tanaman dekorasi kamar mandi ini adalah cukup. Menggunakan air sebagai media tanam, sehingga dianggap tidak mengotori ruang. Hal ini pula yang bisa menjadi alasan mengapa Sirih Gading sangat cocok diletakkan di dalam kamar mandi. Selain itu, tanaman semi-epifit ini juga dikenal sebagai penyerap polusi udara alias bisa menjernihkan udara di dalam ruangan.

5.Suasana Rimbun dari Kentia Palm
Foto oleh Intan Indiastuti via unsplash.com

Foto oleh Intan Indiastuti via unsplash.com
 

Nama Palem Kentia (Howea forsteriana) mungkin masih asing bagi banyak orang. Tapi jika melihat rupanya, kebanyakan kita pasti pernah melihatnya sebagai dekorasi ruang, baik di mal, hotel, atau perkantoran. Ya, tanaman ini memang adaptable dengan cuaca ruangan termasuk kamar mandi. Karakternya  daunnya yang menyirip dengan dimensi vertikal menjadikan tanaman ini sangat cocok diletakkan di sudut kamar mandi.

6.Daun Ornamental ala Philodendron
Tanaman filodendron via pxhere.com

Tanaman filodendron via pxhere.com
 

Tanaman Philodendron kini tengah populer bersamaan dengan jenis tanaman daun lebar lainnya. Bentuk daun ornamental yang membentang lebar, tampaknya menjadi alasan mengapa Philodendron begitu disukai. Menariknya, tanaman ini termasuk toleran dengan lingkungan baru, sehingga meletakkannya di dalam kamar mandi adalah keniscayaan.

Baca juga: Ingin Merenovasi Ruang Cuci Anda? Simak Inspirasinya di Sini!via Kumparan.com
 

7.Sansevieria yang Fenomenal
Ragam tanaman sansevieria, foto oleh Kenny Song via Flickr.com

Ragam tanaman sansevieria, foto oleh Kenny Song via Flickr.com
 

Anda menginginkan tanaman yang tidak mudah layu? Tanaman yang terbilang bandel alias mampu beradaptasi dengan beragam lingkungan adalah sansivera atau lidah mertua. Tanaman dengan bentuk fisik vertikal ini juga tidak membutuhkan banyak air dan cahaya matahari, sehingga cocok dijadikan tanaman hias kamar mandi. Hal lain yang menjadikan sansevieria cocok diletakkan di ruangan lembap seperti kamar mandi adalah karena tanaman ini dipercaya bisa menyerap bahan beracun di udara seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.

8.Cantik dan Mewah dengan Anggrek
Tanaman anggrek di kamar mandi karya Erwin Kusuma via arsitag.com

Tanaman anggrek di kamar mandi karya Erwin Kusuma via arsitag.com
 

Menjadikan anggrek sebagai elemen interior kamar mandi merupakan pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan nuansa cantik nan mewah. Anggrek sendiri kerap dikenal sebagai tanaman hias pemercantik ruang yang berkesan elegan, lantaran memiliki bunga yang sangat indah. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah tanaman ini sebaiknya diletakkan di area yang terkena lampu atau sinar. Jangan lupakan pula penyiraman karena habitat asli anggrek adalah di daerah lembap.

Mendekorasi kamar mandi nyatanya bisa begitu menyenangkan dengan variasi penempatan tanaman hias. Pilihan tanaman pun beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan karakter desain dari kamar mandi itu sendiri. Setelah mengetahui delapan pilihan tanaman dekorasi kamar mandi, keputusan Anda akhirnya jatuh kepada tanaman apa? Untuk di permulaan, Anda disarankan untuk memilih jenis tanaman indoor dengan karakter daun atau bunya yang kecil, supaya lebih mudah perawatannya.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.