Inspirasi Dekorasi Rumah dengan Tanaman Paku-Pakuan yang Cantik

Inspirasi Dekorasi Rumah dengan Tanaman Paku-Pakuan yang Cantik | Foto artikel Arsitag
Dekorasi tanaman paku-pakuan karya Kara Riley // thespruce.com
 

Seiring perkembangan desain interior yang melibatkan tema alam dan natural, tak sedikit penghuni rumah yang kini tertarik menghadirkan tanaman di dalam rumah. Tidak hanya memberikan kesegaran udara, keberadaan tanaman juga dianggap mampu membentuk kesegaran visual, sehingga bisa meningkatkan nilai estetika ruang. Beruntung, kita yang tinggal di Indonesia memiliki beragam jenis tanaman yang bisa tumbuh di dalam ruangan (indoor plant). Salah satu jenis yang banyak peminatnya adalah paku-pakuan.

Tanaman paku-pakuan atau biasa juga disebut pakis, identik dengan alam liar. Hal ini dikarenakan tanaman pakis banyak dijumpai di hutan hujan, baik tumbuh di permukaan tanah maupun menumpang pada tumbuhan lain. Kesan alam liar itu juga bahkan tercermin dari karakter fisik tanaman berspora ini. Hal inilah yang menjadikan keberadaannya akan menciptakan suasana alam di dalam ruangan.

Jika tertarik untuk menjadikan tanaman paku-pakuan sebagai dekorasi rumah, mari simak bersama beberapa pilihan pakis dalam ruangan untuk inspirasi Anda.

1.Pakis Boston Gantung yang Mencuri Perhatian
Dekorasi tanaman pakis boston karya Gregory Beauchamp // apartmenttherapy.com

Dekorasi tanaman pakis boston karya Gregory Beauchamp // apartmenttherapy.com
 

Pakis boston (Nepherolepis exaltata) atau juga dikenal dengan nama pakis pedang, adalah jenis paku-pakuan yang sangat cocok untuk menghadirkan suasana hijau alami. Tanaman asal Meksiko ini memiliki karakter daun lebat dengan warna hijau yang terang. Pakis boston sendiri terdiri atas bagian “ental” (organ serupa daun) yang memanjang dengan anak-anak daun tersusun menyirip tunggal. Oleh karena bentuknya yang memanjang inilah yang menjadikan pakis boston cocok ditanam menggantung sehingga memberi efek juntaian.

Sebagai tanaman interior, pakis boston terbilang cukup mudah dalam perawatan. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak cahaya matahari langsung, sehingga bisa juga diletakkan di kamar mandi. Malahan, pakis boston membutuhkan lingkungan dengan kelembapan tinggi. Artinya, Anda harus memperhatikan udara ruangan termasuk ketersediaan air di media tanamnya.

2.Pakis Sarang Burung sebagai Penghias Meja
Dekorasi tanaman pakis sarang burung karya leticiaalmeida.com.br // thespruce.com

Dekorasi tanaman pakis sarang burung karya leticiaalmeida.com.br // thespruce.com
 

Tanaman pakis indoor berikutnya bernama pakis sarang burung (Asplenium nidus). Dinamakan demikian, lantaran di alam liar sering ditemui tumbuh di batang pepohonan sehingga menyerupai sarang burung. Tanaman yang lebih akrab disebut kadaka ini juga memiliki bentuk eksotis berupa daun-daunnya yang memanjang.

Meskipun lumrah ditanam dengan cara menempel di kayu atau batu, tetapi pakis sarang burung juga bisa tumbuh dengan ditanam di dalam pot. Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah media tanamnya sebaiknya 100 persen bahan organik kompos, karena tanaman paku jenis ini menyukai media gembur dan berpori. Khusus untuk penempatan di dalam rumah, perhatikan ketersediaan cukup air karena pakis sarang burung menyukai lokasi lembap.

3.Memaksimalkan Karakter Pakis Boston yang Rimbun
Dekorasi tanaman pakis boston karya Harry Heissmann // housebeautiful.com

Dekorasi tanaman pakis boston karya Harry Heissmann // housebeautiful.com
 

Selain digantung, variasikan pot pakis boston untuk diletakkan di atas meja dengan ketinggian tertentu. Maksud dari ketinggian peletakkan ini adalah untuk memaksimalkan juntaian daunnya agar terlihat estetik. Oleh karena karakternya rimbun, maksimalkan kelebihannya ini sebagai penunjang nuansa alam yang hendak dihadirkan pada ruangan. Tak cukup pada satu titik, sebaiknya Anda menempatkan pakis boston di beberapa titik seperti sudut ruangan, meja island, ataupun di kedua sisi sofa sehingga mempercantik tempat bersantai Anda.

Baca juga: Monstera dan 7 Tanaman Interior yang Bikin Rumah Segar Alamivia Cantik.tempo.co
 

4.Lebih Semarak dengan Pakis Suplir
Dekorasi tanaman pakis suplir karya Hive LA Home // houzz.com

Dekorasi tanaman pakis suplir karya Hive LA Home // houzz.com
 

Suplir merupakan jenis paku-pakuan yang terbilang populer bagi masyarakat Indonesia. Jika Anda memperhatikan, mungkin di rumah nenek Anda juga terdapat tanaman suplir karena jenis paku-pakuan ini sudah dikenalkan sejak zaman kolonial Belanda. Tanaman suplir memiliki tampilan ental yang berbeda dari jenis paku-pakuan lain. Helaian daunnya memiliki bentuk yang unik karena bervariasi dengan kecenderungan tidak simetris.

Meskipun lumrah sebagai tanaman hias di pekarangan, tetapi nyatanya suplir bisa juga dijadikan tanaman interior. Karakternya yang menyebar dan bercabang menjadikan tanaman tampil dominan secara visual. Oleh karena itu, Anda dapat meletakkan tanaman suplir dalam pot di bagian ruangan yang terasa kurang semarak.

5.Kreasi Pakis pada Interior Rustic
Dekorasi tanaman paku-pakuan karya Hannah Puechmarin // apartmenttherapy.com

Dekorasi tanaman paku-pakuan karya Hannah Puechmarin // apartmenttherapy.com
 

Karakter ”liar” dari jenis paku-pakuan memang merupakan potensi terbaik untuk dimanfaatkan sebagai tanaman indoor. Anda yang menyukai desain-desain alam seperti arsitektur rustic patut memasukkan paku-pakuan, seperti pakis kelabang sebagai elemen interior. Apalagi, paku-pakuan jenis ini identik sebagai tanaman gantung, sehingga cocok mengisi interior bagian atas ruangan.

Bebaskan kreasi Anda dengan menggantung atau menempelkannya langsung di media kayu. Seperti karya cantik dari desainer interior Hannah Puechmarin asal Australia, tampak tanaman pakis menjadi tanaman dekoratif pada tangga kayu yang digantung di langit-langit ruang. Tidak hanya cantik, desain ini menjadikan ruangan terasa jauh lebih unik.

6.Si Pakis Batang nan Eksotis
Dekorasi tanaman pakis batang karya Gracie Oaks // wayfair.com

Dekorasi tanaman pakis batang karya Gracie Oaks // wayfair.com
 

Jika sebelumnya menunjukkan tanaman pakis yang cenderung pendek, ada juga beberapa jenis pakis yang bisa tumbuh tinggi. Salah satu di antaranya adalah pakis batang atau dikenal juga pakis papua. Letakkan di satu sudut dekat kursi baca, pakis akan menjadi dekorasi yang menarik karena tampilannya eksotis dan berkarakter kuat.

7.Uniknya Pakis dalam Mangkok Pot Kayu
Dekorasi tanaman paku-pakuan dalam mangkok kayu karya White Flower Farm // whiteflowerfarm.com

Dekorasi tanaman paku-pakuan dalam mangkok kayu karya White Flower Farm // whiteflowerfarm.com
 

Pilihan pot untuk meletakkan tanaman pakis turut menjadi bagian estetika yang tak bisa disepelekan. Contohlah karya White Flower Farm dari Kota Connecticut, AS, pakis lemon button (Nephrolepis cordiflora) diletakkan pada pot berbentuk mangkok yang terbuat dari bahan kayu jati. Dekorasi tanaman pakis pun tampak lebih natural layaknya membawa potongan alam ke dalam rumah.

Baca juga: 8 Ide Desain Terkini untuk Menata Koleksi Tanaman Interior Rumah Anda
 

8.Estetiknya Pakis Tanduk Rusa di Dinding Rumah
Dekorasi tanaman pakis tanduk rusa karya Paiko // gardenista.com

Dekorasi tanaman pakis tanduk rusa karya Paiko // gardenista.com
 

Pakis tanduk rusa merupakan jenis tanaman paku-pakuan yang sangat digemari bagi pecinta tanaman hias. Bagaimana tidak, tanaman ini memang memiliki bentuk yang cantik nan unik menyerupai tanduk rusa. Jika diletakkan di taman, biasanya pakis tanduk rusa diletakkan menempel di batang pohon. Akan tetapi, untuk pemanfaatan interior, pakis bisa dijadikan pajangan dinding. Pakis cukup ditanam dengan menempel pada lembaran kayu yang kemudian ditata pada dinding.

Hal yang wajib diperhatikan untuk perawatan pakis tanduk rusa sebagai elemen interior adalah penyiramannya yang intensif. Selain penyiraman rutin tiap hari dengan penyemprotan, dibutuhkan pula perlakuan khusus. Perlakuan itu adalah dengan mencabut tanaman dari media tanam, lalu di rendam dalam air dalam beberapa menit. Setelahnya tanaman dikeringkan dan kembali ditempatkan di media tanam. Perlakuan khusus ini bisa dilakukan setidaknya seminggu sekali.

Jika Anda sudah siap dengan segala perawatannya, inilah saatnya Anda menjadikan tanaman paku-pakuan sebagai dekorasi rumah. Jadikan inspirasi di atas sebagai referensi untuk disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda. Selamat berburu tanaman pakis!

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.