Sekilas Tentang Desain Restoran

Sekilas Tentang Desain Restoran | Foto artikel Arsitag
Cover: Replay Bistro karya Platform Architects (Sumber: arsitag.com)


 

Restoran merupakan suatu tempat atau bangunan yang diorganisasi secara komersial dengan pelayanan yang baik kepada semua tamunya, baik itu berupa makanan ataupun minuman. Restoran ada yang berlokasi di dalam hotel, mall, atau kantor dan banyak juga yang berdiri sendiri di luar bangunan. Tujuan operasi restoran adalah untuk mendapatkan keuntungan finansial dengan cara menjual makanan dan minuman serta pelayanan yang memuaskan bagi para tamu yang datang

Jenis-jenis Restoran

Restoran cepat saji (Fast Food)

Restoran fast food (Sumber: pinterest.com)Restoran fast food (Sumber: pinterest.com)
 

Jenis restoran cepat saji adalah jenis yang populer di kalangan masyarakat. Restoran cepat saji berhasil menarik perhatian konsumen karena pelayanannya yang cepat dan nyaman. Restoran tipe ini biasanya dikembangkan dengan sistem franchise. Contoh-contoh restoran cepat saji antara lain McDonalds, KFC, Es Teler 77, atau Jogja Fried Chicken

Fast Casual Dining

Fast casual dining (Sumber: www.talkativeman.com)Fast casual dining (Sumber: www.talkativeman.com)
 

Restoran ini lebih mewah dibandingkan restoran cepat saji. Restoran tipe ini menyediakan piring dan sendok garpu sekali pakai, tetapi dengan makanan yang lebih berkelas seperti roti gourmet dan bahan-bahan organik. Di restoran ini dapur dibuat terbuka di mana konsumen bisa melihat makanan yang disiapkan secara langsung. Contoh dari fast casual dining adalah BonChon atau The Soup Spoon.

Café

Café Colette (Sumber: cafe-colette.com)Café Colette (Sumber: cafe-colette.com)
 

Kafe merupakan sebuah restoran yang tidak menawarkan layanan meja. Konsumen memesan makanan dari sebuah counter dan mengambilnya sendiri. Menu kafe biasanya bervariasi, seperti kopi, espresso, dan sandwich. Kafe dikenal dengan suasananya yang kasual dan santai.

Casual style dining

Casual style dining (Sumber: www.wynnlasvegas.com)Casual style dining (Sumber: www.wynnlasvegas.com)
 

Restoran jenis ini dikenal juga dengan restoran ala keluarga di Amerika Serikat. Restoran gaya kasual menawarkan harga yang cukup terjangkau. Restoran gaya kasual dapat hadir dalam berbagai tema, mulai dari seafood, Chinese, hingga ala Italia. Restoran gaya kasual menawarkan layanan meja dengan harga menu yang lebih terjangkau.

Fine Dining

MiniPalais, Champs-Elysees, salah satu restoran Fine Dining terbaik di Paris (Sumber: www.telegraph.co.uk)MiniPalais, Champs-Elysees, salah satu restoran Fine Dining terbaik di Paris (Sumber: www.telegraph.co.uk)
 

Restoran ini adalah restoran mewah yang menawarkan suasana elegan dan pelayanan kualitas tinggi bagi pengunjungnya. Chef dari restoran fine dining biasanya sudah terlatih dan profesional. Adapun harga makanan yang disajikan lebih mahal, namun sesuai dengan kualitasnya.

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat restoran

Harus mempunyai tempat parkir yang mencukupi

Pengunjung biasanya malas untuk mampir ke sebuah restoran jika mereka harus berjalan jauh untuk menuju restoran Anda. Tempat parkir yang mencukupi merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan saat mendesain restoran. Tempat parkir yang cukup luas akan memudahkan pengunjung untuk mampir ke restoran Anda.

Replay BistroReplay Bistro karya Platform Architects (Sumber: arsitag.com)
 

Pastikan restoran terlihat (visible)

Tempat yang agak tinggi atau banyak dilalui oleh kendaraan cocok untuk dijadikan lokasi restoran. Pastikan juga restoran dan papan nama restoran Anda bisa terlihat oleh publik. Hal ini untuk mempromosikan restoran Anda.

Avec Moi RestaurantAvec Moi Restaurant karya Fine Team Studio (Sumber: arsitag.com)
 

Ukuran restoran

Sebuah bistro ataupun coffee shop kecil sekalipun membutuhkan ruang yang cukup untuk dapur, kulkas dorong, tempat penyimpanan, dan kantor untuk urusan administrasi. Sebuah lokasi yang terlihat cukup luas bisa saja akan menjadi sesak oleh barang-barang yang dibutuhkan untuk membuka restoran. Maka, perhatikan ukuran restoran dengan desain serta ukuran meja yang ingin Anda gunakan, supaya ruangan tetap terlihat luas dan tidak membuat pengunjung atau pelayan kesulitan saat berjalan.

Avec Moi RestaurantAvec Moi Restaurant karya Fine Team Studio (Sumber: arsitag.com)
 

Pemilihan tema

Tema restoran akan mempengaruhi rencana usaha yang ingin dijalankan, termasuk pula dalam hal masakan, sasaran pelanggan, dan juga lokasi yang tersedia.

Avec Moi RestaurantAvec Moi Restaurant karya Fine Team Studio (Sumber: arsitag.com)
 

Membangun suasana dan desain

Menciptakan suasana yang tepat pada sebuah restoran adalah hal yang sangat penting. Dalam merancang suasana dan desain restoran, Anda harus memikirkan atau membayangkan tentang apa yang ingin pelanggan alami saat mereka berjalan melalui pintu restoran dan pada saat mereka menikmati semua pesanan hidangan.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa was born in Jakarta 9th April 1994. She graduated from University of Indonesia in 2016, majored in German Language and Studies. She really loves to read about anything, from novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different topics and now she currently works as a Content Writer.