Desain Kreatif Kamar Tidur untuk Banyak Orang

Desain Kreatif Kamar Tidur untuk Banyak Orang | Foto artikel Arsitag

Bagaimana kamar tidur yang sempit bisa menampung banyak tempat tidur? Cara cerdik menyiasati sempitnya ruang adalah dengan bunk bed yang disusun vertikal.  Merancang dan menata bunk bed atau ranjang susun membutuhkan kecerdikan. Susunlah perletakan ranjang yang nyaman dan tetap menampilkan estetika arsitektural yang menawan. 

Pemilihan warna seprei

Seprei satu warna dipadukan dengan sarung bantal guling berpola sederhana (Sumber: InMySweetDesign.com)Seprei satu warna dipadukan dengan sarung bantal guling berpola sederhana (Sumber: InMySweetDesign.com)

Kamar tidur dengan 3 ranjang atau lebih akan terasa lebih rapi, lebih luas, dan nyaman dengan pemilihan seprei yang tepat. Pilihlah seprei dengan warna dasar atau putih, berpola sederhana, dan tidak terlalu bercorak.

Seprei motif pelaut dalam kamar tidur dengan tiga ranjang karya Chango&Co. (sumber : houzz.com)Seprei motif pelaut dalam kamar tidur dengan tiga ranjang karya Chango&Co. (sumber : houzz.com)

Pikirkan umur penghuni kamar

Kamar tidur dengan ranjang susun harus bisa mengakomodasi anak-anak dan dewasa, apalagi jika sering ada tamu yang datang menginap. 

Kamar tidur dengan 2 ranjang queen dan 2 ranjang single karya Sita Montgomery Interiors (sumber : Cameo Homes Inc.)Kamar tidur dengan 2 ranjang queen dan 2 ranjang single karya Sita Montgomery Interiors (sumber : Cameo Homes Inc.)

Anak-anak atau remaja akan senang memanjat ke tempat tidur. Orang tua bisa tidur di bagian bawah. Kamar tidur dengan susunan ranjang seperti ini bisa menampung lebih dari 6 orang.

Desain kamar tidur untuk lebih dari 6 orang karya Asher Associates Architects (sumber : homebunch.com)Desain kamar tidur untuk lebih dari 6 orang karya Asher Associates Architects (sumber : homebunch.com)

Bergaya dan tetap aman

Ranjang susun bentuk L di pojok ruang resort homes karyaRanjang susun bentuk L di pojok ruang resort homes karya Suzanne Nichols Design Group (sumber:homedesignlover.com)

Ranjang susun sengaja disusun dengan bentuk L di pojok ruang dan diberi pelindung untuk ranjang atas agar aman untuk anak-anak.  Jarak antara matrass ranjang bawah dengan dipan ranjang atas setidaknya 150 cm agar kepala tidak terantuk.

Kamar tidur dengan gaya tertentu akan sangat menarik terutama bagi anak-anak. Apalagi bila didesain dengan material dan bentuk yang unik karyaKamar tidur dengan gaya tertentu akan sangat menarik terutama bagi anak-anak. Apalagi bila didesain dengan material dan bentuk yang unik karya Abby Hetherington Interiors   (sumber : homedesignlover.com)

Perletakan ranjang berukuran lebih besar di bagian bawah dengan posisi tegak lurus, tidak hanya memberikan kelegaan, namun keamanan bagi anak-anak yang tidur di ranjang bagian atas. Besi pelindung di pinggir ranjang atas juga diperlukan untuk keamanan, terutama bila penggunanya adalah anak-anak.

Letakkan menempel ke dinding

Tidak harus  memesan ranjang secara khusus agar kamar tidur bisa memuat banyak orang. Ranjang berukuran sama yang bisa dibeli di toko mana pun, bisa diatur dan disusun dalam ruang sempit. 

Ranjang susun ini tidak perlu dipesan khusus. Sudah ada toko (ikea) yang menjualnya secara kolektif.      (sumber : Eucaliptosnon.com)Ranjang susun ini tidak perlu dipesan khusus. Sudah ada toko (ikea) yang menjualnya secara kolektif.      (sumber : Eucaliptosnon.com) 

Pada bagian bawah ranjang tersedia rak untuk meletakkan barang bawaan. Ini adalah cara cerdik menyimpan barang dan membuat ruang tetap rapi, nyaman, dan lega. 

Susun Tiga

Ranjang pada ruang sempit dengan langit-langit yang cukup tinggi bisa disusun tiga. Susunlah ranjang dengan posisi zig-zag di pojok ruang demi keamanan ranjang paling atas. 

Ranjang susun tiga dengan posisi zig-zag (sumber : pinterest)Ranjang susun tiga dengan posisi zig-zag (sumber : pinterest)

Tambah keamanan dengan besi atau kayu pelindung di pinggir ranjang. Ranjang paling bawah sebaiknya menempel dengan lantai agar ranjang paling atas tidak terlalu tinggi.

Selipkan di selasar

Ide cerdik lain adalah meletakkan ranjang susun pada selasar yang cukup lebar. 

4 ranjang kantilever bergaya kontemporer di rumah peternakan  karya4 ranjang kantilever bergaya kontemporer di rumah peternakan  karya  Magnolia Homes (sumber : homedesignlover.com)

Tempelkan sisi ranjang ke dinding. Manfaatkan kawat baja untuk menggantung ranjang. Tambahkan tangga sebagai akses, sekaligus penahan ranjang.  Bagi tamu yang menginap, ruang di bawah ranjang bawah bisa difungsikan untuk perletakan koper dan barang bawaan lainnya. 

Ranjang murphy  bed atau wall bed  pada selasar karya Tom Hurt Architecture (sumber : houzz.com)Ranjang murphy  bed atau wall bed  pada selasar karya Tom Hurt Architecture (sumber : houzz.com)

Saat tidak digunakan, ranjang bisa dilipat menempel dan sejajar dinding.  Selasar kembali rapi dan lega.

Letakkan di bawah tangga

Ruang bawah tangga yang biasanya tersia-sia., akan sangat berguna jika disulap menjadi area untuk bunk bed.

Bunk bed di bawah tangga  (sumber : remodelista.com)Bunk bed di bawah tangga  (sumber : remodelista.com)

Susunan rak sebagai tangga

Cerdiklah dalam menyiasati keterbatasan ruang.  Ruang 3,5m x 1m sudah bisa menampung 2 bunk bed dan banyak rak.  Tidak hanya fungsional, namun kreatif dan unik.

Rak sebagai tangga pada ranjang susun (sumber : amenagementdesign.com)Rak sebagai tangga pada ranjang susun (sumber : amenagementdesign.com)

Gabungkan dengan area bermain

Ranjang susun untuk anak-anak haruslah nyaman, aman, dan menyenangkan.  Desainlah tangga unik dengan tali tambang besar yang membantu anak-anak memanjat tangga. Sediakan pula papan seluncur. Papan seluncur ini tidak hanya untuk bermain, tetapi akan lebih aman untuk turun saat bangun tidur dan mata anak masih mengantuk.

Ranjang susun dengan area bermain (sumber : My Dream House)Ranjang susun dengan area bermain (sumber : My Dream House)

Manfaatkan ruang di bawah atap

Ruang di bawah atap biasanya cukup luas, namun agak rendah.  Susunlah tempat tidur secara berbaris, tidak perlu disusun ke atas.

Area bawah atap sebagai kamar tidur (sumber : trishatroutz.blogspot.co.id)Area bawah atap sebagai kamar tidur (sumber : trishatroutz.blogspot.co.id)

Manfaatkan ruang di bawah atap dengan semaksimal mungkin. Pikirkan susunan perletakan ranjang yang mungkin dan tetap perhatikan segi kenyamanan.

Tiga bunk bed di ruang bawah atap (sumber : archimagz.com)Tiga bunk bed di ruang bawah atap (sumber : archimagz.com)

Ide kreatif yang tidak terbatas

Tempat Tidur anak minimalis dengan meja belajar (sumber : kedaimebeljati.com)Tempat Tidur anak minimalis dengan meja belajar (sumber : kedaimebeljati.com)

Ruang ini dilengkapi  2 ranjang queen dengan rak buku sebagai pembatas privacy.  Di bawah sofabed ada 6 rak yang bukan tempat penyimpanan saja, tetapi sebagai alas sofa bed saat dijadikan ranjang.  Ruang ini setidaknya dapat menampung area tidur untuk 8 orang.

Perhitungkan jumlah orang yang perlu ditampung dalam kamar tidur. Pikirkanlah ide-ide kreatif yang bisa diterapkan dalam ruangan yang dimiliki.  Ingatlah, tidak ada batasan dalam mendesain.  Yang penting, ruang itu harus fungsional untuk menampung semua kebutuhan.


Artikel ini juga terdapat di Kompas.com dengan judul : Menata Ranjang Susun Untuk Tempat Tidur Banyak Orang

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.