Ide Cemerlang untuk Hiasan Dinding Rumah Super Cantik

Ide Cemerlang untuk Hiasan Dinding Rumah Super Cantik | Foto artikel Arsitag

Hiasan dinding jadikan kamar tidur cantik dan segar, foto oleh Spacejoy, via Unsplash.com
 

Ingin mengubah suasana rumah supaya lebih fresh? Suasana rumah memang perlu diubah secara berkala agar penghuninya tak merasa bosan. Nah, salah satu cara untuk mengubah dan menyegarkan kembali suasana rumah adalah dengan menambahkan hiasan dinding.

Jika Anda butuh inspirasi, simak saja ide-ide cemerlang berikut ini yang menawarkan beragam dekorasi dinding rumah super cantik!

Piring untuk Dekorasi Dinding
Piring antik sebagai hiasan dinding di ruang makan Pangkalan Jati House, karya RAW Architecture, via Arsitag.com

Piring antik sebagai hiasan dinding di ruang makan Pangkalan Jati House, karya RAW Architecture, via Arsitag.com
 

Jika Anda punya koleksi piring-piring antik, ini saat yang tepat untuk mengeluarkannya dari lemari. Piring-piring antik tak hanya bisa dipajang di dalam lemari kaca saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai hiasan dinding.

Piring-piring antik bisa tempel di dinding dengan bantuan kawat khusus atau gantungan yang memiliki perekat kuat. Pilih gantungan yang berukuran sesuai dengan ukuran piring. Pastikan pula gantungan tersebut terpasang dengan paku yang kuat.

Untuk dekorasi dinding, piring-piring antik aneka ukuran dan warna bisa disusun dengan kreatif agar nantinya tampak menyatu dan indah dipandang. Seperti pada inspirasi ini, piring-piring antik ditata pada dinding kosong di ruang makan dan dipadukan dengan pencahayaan lampu warna kuning keemasan.

Koleksi Poster untuk Hiasan Dinding
Dekorasi dinding memanfaatkan koleksi poster di Bumbak House 1A, karya Erwin Kusuma, via Arsitag.com

Dekorasi dinding memanfaatkan koleksi poster di Bumbak House 1A, karya Erwin Kusuma, via Arsitag.com
 

Koleksi poster juga bisa jadi hiasan dinding yang menarik lho. Seperti pada inspirasi ini, poster keren rock and roll digunakan sebagai dekorasi dinding kosong yang berada di dekat pintu utama. Poster-poster ini tampak rapi dan eksklusif dengan bingkai warna hitam yang seragam.

Tentu saja susunan komposisinya perlu diperhatikan. Poster yang berukuran besar bisa diletakkan di tengah. Sedangkan, poster yang berukuran lebih kecil bisa ditata mengelilingi poster yang berukuran besar. Perhatikan pula tentang pencahayaan agar poster bisa dinikmati keindahannya baik di siang hari maupun di malam hari.
 

Baca juga: Ketahuilah Trik Mengubah Ruang Tamu Kecil Terlihat Lebih Lapang
 

Gallery Wall Foto Keluarga
Gallery wall istimewa yang berisi foto-foto keluarga di Bumbak House 1A, karya Erwin Kusuma, via Arsitag.com

Gallery wall istimewa yang berisi foto-foto keluarga di Bumbak House 1A, karya Erwin Kusuma, via Arsitag.com
 

Album-album foto biasanya hanya tersimpan di lemari dan sangat jarang disentuh. Keberadaan album-album foto ini baru akan diingat lagi saat ada pertemuan keluarga.

Daripada berjamur dan berdebu, gunakan saja foto-foto keluarga tersebut sebagai hiasan dinding. Seperti pada contoh ini, sebuah gallery wall dibuat di lantai dua khusus berisikan foto-foto keluarga.

Foto-foto keluarga dalam berbagai ukuran yang ditata memenuhi dinding mampu menghadirkan suasana yang begitu istimewa, personal, dan sentimentil bagi penghuni rumah. Dinding rumah yang semula tampak kosong pun jadi lebih hidup!

Hiasan Dinding Makrame untuk Dekorasi Rumah Retro
Hiasan makrame di ruang keluarga, foto oleh Curology, via Unsplash.com

Hiasan makrame di ruang keluarga, foto oleh Curology, via Unsplash.com
 

Ingin kembali ke nuansa dekorasi rumah retro ala tahun 70-an? Makrame bisa menjadi pilihan hiasan dinding yang tepat. Kerajinan simpul menyimpul yang membentuk aneka rumbai dan jumbai ini kembali diminati karena mampu menghadirkan nuansa 70-an atau mid-century modern di dalam rumah.

Makrame tersedia dalam berbagai ukuran dan pola. Makrame ukuran besar bisa dipilih sebagai dekorasi tunggal di dinding. Sedangkan, makrame ukuran kecil bisa disusun dalam kelompok-kelompok.

Lengkapi dekorasi dinding makrame dengan furnitur rotan dan tanaman hias, seperti sirih gading atau spider plant agar nuansa retro semakin terasa.

Cermin untuk Dekorasi Dinding Kosong
Cermin dengan ornamen sebagai dekorasi ruang keluarga, foto oleh Spacejoy, via Unsplash.com

Cermin dengan ornamen sebagai dekorasi ruang keluarga, foto oleh Spacejoy, via Unsplash.com
 

Cermin biasanya diletakkan di kamar mandi atau kamar tidur. Namun, sebenarnya cermin bisa dipilih sebagai dekorasi dinding untuk berbagai ruangan termasuk di ruang keluarga.

Tak hanya meramaikan dinding yang kosong, keberadaan cermin di sebuah ruangan bisa memberikan kesan luas dan suasana lebih terang.

Sebagai dekorasi ruangan, cobalah memilih cermin dengan bingkai yang artistik. Misalnya saja, cermin dengan bingkai rotan atau cermin dengan bingkai berumbai.

Wallpaper di Sebagian Dinding
Wallpaper di sebagian dinding, foto oleh Collov Home Design, via Unsplash.com

Wallpaper di sebagian dinding, foto oleh Collov Home Design, via Unsplash.com
 

Selain mengganti warna cat dinding, penggunaan wallpaper bisa jadi solusi untuk mengubah suasana rumah dalam waktu yang singkat.

Tak harus di seluruh dinding, wallpaper bisa diaplikasikan pada sebagian dinding saja seperti pada inspirasi ini. Pilih wallpaper dengan motif dan warna yang segar agar wallpaper yang dipasang pada sebagian dinding punya kekuatan untuk mengubah suasana ruangan.
 

Baca juga: Inspirasi Cara Menempel Foto di Dinding Kamar dan Ruang Rumah Anda
 

Hiasan Dinding Unik Peta Dunia
Peta dunia di dinding dapur, foto oleh Maria Orlova, via Pexels.com

Peta dunia di dinding dapur, foto oleh Maria Orlova, via Pexels.com
 

Keramik dengan berbagai bentuk dan warna menjadi pilihan yang paling umum untuk menghias dinding dapur. Namun, inspirasi kali ini menampilkan dapur yang super keren tanpa menggunakan keramik dinding.

Keramik digantikan dengan ide cemerlang menggunakan peta dunia sebagai hiasan dinding. Hasilnya, dapur yang sungguh unik, segar, dan pastinya akan membuat betah siapa pun yang sedang beraktivitas di dapur.

Nah, ide-ide cemerlang untuk dekorasi dinding rumah super cantik dan keren ini bisa Anda adopsi untuk mengubah suasana rumah. Yakinlah, sedikit sentuhan di dinding rumah yang biasanya kosong pasti akan mengubah nuansa sebuah ruangan. Jadi, ide cemerlang mana yang akan Anda aplikasikan di rumah?

AUTHOR

Puji Lestari

Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.