10 Cara Mempercantik Lantai Kayu Rumah Anda

lantai kayu rumah

Penggunaan kayu untuk lantai rumah dapat memberikan statement tersendiri untuk dekorasi rumah Anda. Lantai kayu sangat mudah dirawat dan lantai kayu yang sudah terpasang selama beberapa tahun jarang sekali bengkok atau rusak, dengan catatan Anda merawatnya dengan baik dan benar. Lantai kayu juga merupakan sebuah pilihan yang praktis, Anda hanya perlu mengepel dan menyedot debu yang ada di atasnya untuk membuatnya tetap terawat dan terlihat bersih. Ada beberapa cara untuk mempercantik lantai kayu di rumah Anda. Berikut adalah yang paling sering digunakan.

(Sumber: pinterest.com/homedit)

Gunakan sabun khusus untuk mendapatkan lantai kayu gaya Scandinavian. Dapatkan hasil putih pada lantai kayu dengan menggunakan tips gaya Scandinavian dan penggunaan sabun khusus untuk lantai kayu Anda. Anda dapat menggunakan larutan alkali khusus pada lantai kayu yang sudah diamplas untuk mencerahkan warna kayu dan menghilangkan warna gelap. Setelah itu, gunakan sabun kayu berwarna putih yang akan melindungi lantai kayu agar warnanya tidak cepat pudar. Rawat lantai kayu dengan mengaplikasikan kembali sabun berwarna putih.

(Sumber: pinterest.com/planete-déco.fr)

Cat putih lantai Anda. Lantai kayu yang dicat putih sangat tepat digunakan untuk rumah yang memerlukan pencahayaan atau pencerahaan yang lebih. Lantai putih akan menghasilkan gaya kontemporer kepada rumah kuno dengan kondisi lantai kayu yang sudah tua dan usang. Warna lantai putih juga banyak digunakan sebagai warna cat rumah minimalis. Gunakan cat khusus untuk lantai kayu agar Anda terhindar dari lantai yang licin. Jangan lupa untuk mengepel lantai kayu setiap minggu dan jangan ragu untuk mengecat ulang lantai Anda jika Anda merasa terganggu dengan goresan yang muncul pada lantai.

(Sumber: WordPress.com)

Pilih warna abu-abu yang elegan. Jika warna hitam mungkin terlalu gelap dan warna putih terasa terlalu terang, cobalah untuk mengecat lantai kayu Anda dengan warna netral seperti abu-abu atau biru pucat. Warna abu-abu pada lantai dapat dipasangkan dengan warna pastel pada tembok untuk menambah statement pada ruangan.

Saman House karya Platform Architects (Sumber: Arsitag.com)

Pertimbangkan untuk mempernis lantai kayu. Agar lantai kayu Anda lebih awet dan memiliki hasil yang mulus, cobalah untuk mempernis lantai kayu Anda. Sebagian besar pernis mengandung polyurethane, yang dapat melapisi kayu agar tahan air dan melapisinya seperti plastik. Hasil yang didapat dapat beragam mulai dari glossy sampai matte. Kekurangan dari hasil pernis adalah ketika permukaan rusak karena sudah terlalu lama dipakai atau terkena gesekan dari furnitur lain, akan sangat sulit untuk diperbaiki. Satu-satunya jalan keluar adalah dengan mengamplas seluruh ruangan dan mempernis ulang.

(Sumber: pinterest.com/GlamourParis)

Cobalah untuk menabrak warna. Penggunaan berbagai warna yang tidak seragam untuk lantai dan perabotan Anda dapat menciptakan tampilan yang menarik. Anda dapat menggunakan furnitur atau aksesoris dengan warna yang bertabrakan.

(Sumber: pinterest.com/interiorcollective)

Kembali pada warna hitam. Jika rumah Anda sudah dipenuhi oleh warna-warna natural dan Anda ingin menambah warna gelap pada rumah Anda, mungkin Anda dapat menggunakan cat hitam pada lantai kayu Anda. Lantai hitam menambah kesan dramatis dan sangat cocok dipasangkan dengan furnitur kayu berwarna gelap. Anda harus berhati-hati memilih finishing untuk lantai kayu berwarna hitam karena sangat sulit untuk dirawat agar tetap awet. Jika Anda mempunyai hewan peliharaan, lantai kayu berwarna hitam akan membuat bulu-bulu dari hewan Anda akan semakin terlihat.

(Sumber: pinterest.com/HomeDecor)

Finishing menggunakan wax. Penggemar lantai kayu tradisional mungkin ingin membuat penampilan dari lantai kayu mereka menjadi sedikit lebih tua. Produk hard wax mengandung campuran dari minyak natural seperti minyak biji rami dan biji bunga matahari, sekaligus campuran yang berfungsi untuk melindungi kayu dan teksturnya. Untuk menghasilkan warna yang lebih muda, produk wax dengan pewarna putih dapat Anda gunakan. Hasil yang dihasilkan dapat berupa glossy, satin dan matte.

Wax diaplikasikan menggunakan rol dan dibiarkan hingga mengering. Aplikasikan sebanyak dua kali. Setelah itu Anda hanya perlu merawat lantai dengan mengaplikasikan kembali wax di atas lantai kayu Anda. Kekurangan dari lantai kayu yang menggunakan wax adalah Anda harus sering-sering mengaplikasikannya kembali.

Reva House karya Revano Satria (Sumber: Arsitag.com)

Cobalah menggunakan warna gelap. Tahap pertama yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil gelap yang dapat menegaskan tekstur dari lantai kayu Anda adalah membuat percobaan dengan cara menodai lantai kayu Anda. Anda harus melakukan beberapa percobaan sebelum mendapatkan warna gelap yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda harus melakukan berbagai percobaan dengan cara menodai lantai kayu yang sudah diamplas hingga menemukan warna yang Anda inginkan.

Anda mungkin bahkan perlu mencampur beberapa warna agar mendapatkan warna yang sesuai. Setelah mendapatkan warna yang diinginkan, Anda harus membiarkan lantai Anda mengering semalaman baru setelah itu ditambahkan tiga lapis pernis.

(Sumber: pinterest.com/TheDesignSheppard)

Gunakan kayu hasil daur ulang. Jika Anda ingin mempunyai lantai kayu dengan kualitas yang sama dengan kayu asli, mungkin Anda dapat menggunakan kayu daur ulang. Kayu daur ulang memang memiliki harga yang mahal. Kayu daur ulang menggunakan papan atau kayu yang diambil dari properti lain untuk menambahkan karakter kepada bangunan baru atau memperbaiki area yang rusak.

Untuk Anda yang ingin memiliki lantai kayu yang lebih mewah mungkin Anda dapat mempertimbangkan menggunakan kayu parket daur ulang yang akan menambahkan efek wow dan memiliki berbagai variasi pola. Perlu diperhatikan bahwa memasang parket daur ulang hanya dapat dilakukan oleh seorang profesional dan membutuhkan biaya yang mahal.

(Sumber: pinterest.com/HomeDzine)

Buat lantai bergaya vintage. Jika Anda sudah bosan dengan lantai kayu di rumah Anda yang masih terlihat bagus dan terawat, mungkin Anda ingin membuat beberapa goresan di lantai kayu Anda untuk menambahkan kesan vintage pada ruangan. Anda dapat menambahkan beberapa lapisan cat pada lantai dan kemudian menggores beberapa bagian untuk menghasilkan warna kontras dari cat dibawahnya. Uji coba terlebih dahulu di sebuah papan atau potongan kayu untuk melihat hasil yang paling Anda sukai.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram