Apa Sih yang Dimaksud dengan Hotel Budget?

Apa Sih yang Dimaksud dengan Hotel Budget? | Foto artikel Arsitag

Cover : Budget Hotel Kristiansand, Norge (Sumber: iscram2015.uia.no)

Budget hotel adalah salah satu jenis hotel yang mulai berkembang di tengah maraknya pembangunan hotel yang terjadi saat ini. Budget hotel merupakan hotel yang memberikan layanan standar sesuai dengan yang diperlukan oleh tamu sehingga tamu tidak perlu membayar lebih untuk hal yang tidak mereka perlukan saat berada di hotel.

Hotel ini secara umum lebih dikenal dengan istilah “bed & breakfast” hotel, karena fasilitasnya memang hanya itu. Kamar yang menyediakan tempat tidur dengan kamar mandi dan menyediakan sarapan sederhana bagi tamunya. Ukuran kamar untuk hotel budget juga cenderung lebih kecil dibandingkan dengan hotel konvensional lainnya, yaitu rata-rata dimulai dari 12 m2 hingga ukuran untuk 2 orang dewasa dengan 1 anak kecil.
Ibis Styles Southwark, Inggris (Sumber: www.theguardian.com)
 

Hotel ini secara umum lebih dikenal dengan istilah “bed & breakfast” hotel, karena fasilitasnya memang hanya itu. Kamar yang menyediakan tempat tidur dengan kamar mandi dan menyediakan sarapan sederhana bagi tamunya. Ukuran kamar untuk hotel budget juga cenderung lebih kecil dibandingkan dengan hotel konvensional lainnya, yaitu rata-rata dimulai dari 12 m2 hingga ukuran untuk 2 orang dewasa dengan 1 anak kecil.

Z Hotel at Gloucester Place, Marylebone (Sumber:.theguardian.com)Z Hotel at Gloucester Place, Marylebone (Sumber:.theguardian.com)
 

Fasilitas yang tersedia secara umum:

  • AC
  • Maksimal kasur untuk 2 orang dewasa
  • Tidak ada guest amenities (sabun, pasta gigi, sikat gigi, dll) di kamar maupun kamar mandi
  • Beberapa tidak menyediakan handuk
  • Fasilitas shower
  • Kertas tissue roll

Hotel biasanya akan mengenakan biaya tambahan untuk:

  • Handuk dan perlengkapan mandi
  • Wi-Fi
  • Guest supplies seperti mineral water
  • Pengering rambut

Yang tidak termasuk dalam fasilitas:

  • Telepon, radio, meja rias, meja, kursi, setrika
  • Layanan kamar (room service)
  • Kolam renang, gym, spa, sauna, ruang rapat
     

Contoh kamar Hotel Budget (Sumber: www.booking.com)Contoh kamar Hotel Budget (Sumber: www.booking.com)
 

Hotel budget dapat dikatakan sebagai hotel yang minim fasilitas. Namun, bukan berarti fasilitas tersebut tidak ada. Anda bisa meminta request atau memilih paket fasilitas yang bisa disediakan oleh hotel. Hal ini karena harga yang ditawarkan oleh hotel sangat minim di bawah hotel-hotel konvensional lainnya.

Bahkan, bangunan atau gedung hotel budget cenderung tidak terlalu mahal dalam investasinya. Beberapa bagian ada yang menggunakan material bahan berkualitas sedang seperti gypsum atau GRC dan plywood. Namun, hal ini tentu saja tidak mengurangi kecantikan dari hotel tesebut.

Hotel budget identik pula dengan hotel murah, hotel dengan harga terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan seseorang yang hanya membutuhkan tempat tidur saja tanpa fasilitas lain.

CitizenM Budget Hotel, Amsterdam (Sumber: telegraph.co.uk)CitizenM Budget Hotel, Amsterdam (Sumber: telegraph.co.uk)
 

Budget hotel cocok untuk Anda yang ingin membuat bisnis hotel dengan luas lahan antara 800-1.500 m2. Dengan luas tanah tersebut dan dengan sentuhan rancangan arsitek terpercaya, Anda bisa membangun suatu bangunan hotel minimalis modern dengan jumlah kamar maksimum tanpa mengurangi kenyamanan ataupun mengurangi fasilitas ruang tamu.

Rekomendasi : Arsitek di Kelapa Gading

Konsep budget hotel juga sangat cocok untuk mereka yang memiliki bangunan seperti ruko atau bangunan lain yang kurang ekonomis dan ingin dialihfungsikan menjadi hotel sejauh itu mendapatkan izin perubahan peruntukan bangunan dari pemerintah setempat.

Hotel Ibis Budget Menteng (Sumber: www.accorhotels.com)Hotel Ibis Budget Menteng (Sumber: www.accorhotels.com)
 

Contoh Hotel Budget

Hotel Ibis Budget Menteng, Jakarta

Ibis Budget Menteng terletak di kawasan Menteng yang merupakan salah satu kawasan tersibuk di Jakarta. Hotel ini hanya membutuhkan 1 jam berkendara dari bandara Soekarno-Hatta dan hanya 10 menit dari stasiun Gambir. Hotel Ibis Budget ini mempunyai 135 kamar dengan 3 tipe yaitu 1 Queen Bed, Standard Twin, dan 1 Queen Bed and 1 Single Bunk Bed. Setiap kamar difasilitasi dengan AC dan Wi-Fi.

Untuk Anda yang memang mempunyai rencana untuk membuat bisnis hotel budget tetapi masih bingung mengenai desain yang cocok seperti apa. Anda dapat mengunjungi Arsitag.com untuk mendapatkan arsitek atau desainer interior terbaik untuk proyek Anda.

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.

RELATED ARTICLES