8 Desain Interior Kamar Estetik yang Bikin Makin Betah

8 Desain Interior Kamar Estetik yang Bikin Makin Betah | Foto artikel Arsitag

Desain kamar estetik, via unsplash.com


 

Di masa pandemi ini, pastinya Anda semakin banyak menghabiskan waktu di kamar, kan? Apakah masih betah dengan tampilan kamar yang itu-itu saja? Semakin sering Anda berada di kamar, semakin tinggi kemungkinan Anda mudah jenuh dengan tampilannya. Nah, salah satu cara efektif untuk menghilangkan rasa jenuh adalah dengan mendesain ulang kamar tidur Anda.

Desain kamar tidur yang menarik dan estetik pastinya akan membuat suasana kamar menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Anda pun tak perlu mengeluarkan banyak waktu dan uang untuk mengubah desain kamar. Dengan sedikit sentuhan saja, Anda sudah bisa menciptakan kamar yang pastinya bikin betah. Mau tahu inspirasinya? Simak berikut ini, ya.

1. Menggunakan palet warna netral
Palet warna natural, via unsplash.com

Palet warna natural, via unsplash.com
 

Hal penting pertama yang harus diperhatikan untuk membuat kamar yang nyaman dan estetik adalah palet warna yang digunakan. Skema warna netral seperti putih, abu-abu, hitam atau krem dapat menciptakan suasana yang menenangkan. Desain kamar tidur sederhana ini kerap menggunakan warna netral yang juga cocok digabungkan dengan warna lainnya pada dekorasi, seprai, dan furnitur lainnya.

2. Jangan lupa lighting
Lighting estetik, via unsplash.com

Lighting estetik, via unsplash.com
 

Desain lighting sangat penting untuk mewujudkan desain kamar tidur estetis. Anda bisa mengombinasikan pencahayaan di kamar tidur dengan lampu gantung, floor lamp, hingga lampu dinding. Pilihlah desain lampu gantung yang estetik, sehingga kamar Anda akan terlihat lebih menarik. Tambahkan beberapa pencahayaan tambahan yang terfokus di area tertentu yang dibutuhkan, seperti meja kerja, meja rias, dan area penting lainnya.
 

Baca juga: 6 Ide Desain Kamar Tidur Minimalis 2021 yang Bikin Kamar Cantik dalam Sekejap
 

3. Tambahkan karpet agar lebih hangat
Karpet berbulu yang hangat, via unsplash.com

Karpet berbulu yang hangat, via unsplash.com
 

Tak lengkap rasanya, kamar tanpa kehadiran karpet. Karpet dapat memberi struktur pada ruangan di bagian mana pun yang terkena sentuhan langkah kaki. Selain itu, karpet juga dapat menambah kehangatan serta tekstur ke dalam ruangan. Material karpet yang kerap menjadi favorit untuk kamar tidur adalah karpet berbulu dengan teskstur lembut. Lengkapi ide kamar estetik Anda dengan menambahkan beberapa bantal duduk di atas karpet, sebagai tempat bersantai bersama keluarga atau teman.

4. Natural dengan tanaman hias
Tanaman hias dalam kamar, via unsplash.com

Tanaman hias dalam kamar, via unsplash.com
 

Keberadaan tanaman hias di dalam kamar mampu membuat estetika ruangan secara keseluruhan jauh lebih baik. Tak hanya itu, tanaman dipercaya membuat udara di dalam kamar lebih segar dan bersih. Beberapa tanaman yang dapat diletakkan di dalam kamar antara lain sirih gading, lidah mertua, lavender, peace lily, dan philodendron. Anda bisa meletakkannya di sudut ruangan, menggunakan rak, atau bahkan digantung di plafon kamar.

5. Hias dengan kolase foto
Kolase foto dalam kamar, via unsplash.com

Kolase foto dalam kamar, via unsplash.com
 

Punya banyak foto yang bertebaran di kamar? Coba susun koleksi foto Anda bersama orang-orang tersayang menjadi kolase foto dinding yang cantik. Tidak perlu terlalu mewah, Anda cukup menempatkan pigura foto sederhana atau langsung menata foto dengan rapi sesuai kreasi. Anda dapat menempatkan bingkai foto secara beraturan atau acak sesuai selera. Hiasan ini bisa jadi background foto yang menarik juga, lho.

6. Lampu tumblr kekinian
Lampu tumblr yang romantis dalam kamar, via unsplash.com

Lampu tumblr yang romantis dalam kamar, via unsplash.com
 

Memasang lampu tumblr termasuk cara instan untuk menciptakan kamar tidur yang estetik tanpa menguras kantong. Tampilan cahayanya yang redup akan memberikan kesan hangat dan romantis ke dalam kamar tidur Anda. Pasang lampu mengitari kolase foto, cermin, atau meja kerja Anda.
 

Baca juga: Ide Lampu Kamar Tidur Cantik yang Bikin Nyaman
 

7. Jendela besar dengan gorden panjang
Jendela dengan gorden panjang, via unsplash.com

Jendela dengan gorden panjang, via unsplash.com
 

Agar seluruh dekorasi dan furnitur di kamar tidur Anda dapat terlihat dengan baik, sepatutnya mengaplikasikan jendela berukuran besar. Semakin besar ukuran jendela, maka akan semakin besar pula akses pencahayaan yang masuk ke dalam kamar. Cahaya matahari yang masuk akan menambah estetika ruangan Anda, lho. Ruangan yang gelap akan terasa sumpek dan tidak nyaman. Nah, agar lebih nyaman dan estetik, tambahkan juga tirai atau gorden panjang yang menjuntai hingga ke dasar lantai. Gorden semacam ini akan membuat kamar Anda terlihat lebih tinggi dan tentunya menarik.

8. Kursi atau sofa minimalis sebagai dekorasi
Kursi untuk dekorasi, via unsplash.com

Kursi untuk dekorasi, via unsplash.com
 

Apabila Anda memiliki ukuran kamar tidur yang cukup luas, jangan ragu untuk menempatkan beberapa furnitur tambahan, seperti kursi yang dapat menjadi tempat duduk ekstra di kamar. Agar tampilan kamar lebih estetik, letakkan kursi berwarna kontras dari keseluruhan ruang. Cobalah menggunakan material suede hingga kulit untuk kursi. Jangan lupa, letakkan beberapa bantal kecil nyaman di atasnya. Lalu, jadikan kursi atau sofa minimalis ini sebagai spot baru Anda untuk bersantai favorit.

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.