6 Ide Desain Kamar Tidur Minimalis 2021 yang Bikin Kamar Cantik dalam Sekejap

6 Ide Desain Kamar Tidur Minimalis 2021 yang Bikin Kamar Cantik dalam Sekejap | Foto artikel Arsitag

Kamar tidur minimalis nuansa kayu gelap, karya Home by Fabelio.com, via arsitag.com

Sulit menata kamar mungil? Menghadapi keterbatasan lahan dalam rumah di era 2021, kamar mungil kerap kali memberikan tantangan cukup sulit ketika menatanya agar terasa nyaman. Apalagi, area kamar tidur adalah tempat untuk Anda beristirahat dan menghabiskan waktu setiap harinya. Desain kamar aesthetic yang tepat sangat penting untuk memaksimalkan ruang yang ada agar terasa nyaman. Kamar tidur minimalis bisa membantu Anda menciptakan ruangan kamar tidur yang terasa lebih lega, karena terbebas dari tumpukan barang yang tidak diperlukan.

Desain yang sederhana akan memudahkan Anda ketika mendekorasinya sesuai kebutuhan personal. Tertarik? Simak referensi kamar minimalis yang bisa Anda tiru berikut ini.

1. Tambahkan dekorasi seperlunya
 

Untuk kamar tidur dengan luas terbatas, hanya tambahkan aksesoris interior dan furnitur secukupnya atau yang benar-benar Anda butuhkan. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan area di kamar tidur untuk beristirahatkan tanpa terasa sesak dan penuh.

Dekorasi sesuai kebutuhan, via hippopx.com

Dekorasi sesuai kebutuhan, via hippopx.com
 

Saat Anda mulai mendekorasi kamar tidur, coba bayangkan kira-kira aktivitas apa saja yang akan Anda atau pasangan lakukan. Kemudian, tentukan furnitur sesuai kebutuhan kamar tidur minimalis. Pada umumnya, furnitur di kamar tidur hanya memerlukan tempat tidur, nakas, atau bedside table, lemari baju, ataupun rak TV.

2. Rak penyimpanan yang memadai
Rak penyimpanan yang cukup besar, kamar tidur karya Ruang Komunal, via arsitag.com

Rak penyimpanan yang cukup besar, kamar tidur karya Ruang Komunal, via arsitag.com
 

Untuk ruang yang mungil, rak penyimpanan sangat penting agar kamar tetap rapi. Desain rak penyimpanan yang menempel pada dinding atau atap kamar tidur, merupakan solusi ruang yang efisien untuk menambah ruang penyimpanan dalam desain kamar minimalis.
 

Baca juga: Tips Memilih Dekorasi Tanaman Hias yang Cocok untuk Kamar Tidur
 

3. Meja yang sederhana dan compact
Meja multifungsi, kamar tidur karya Letare Sitompul, via arsitag.com

Meja multifungsi, kamar tidur karya Letare Sitompul, via arsitag.com
 

Anda perlu ide kamar minimalis yang dilengkapi area kerja atau meja rias di dalam kamar? Apabila kehadiran meja dirasa terlalu besar dan akan membuat kamar terasa semakin sempit, cobalah menggunakan papan rak gantung yang tidak terlalu tinggi di salah satu sudut kamar. Instalasi seperti ini bermanfaat untuk berbagai kebutuhan sekaligus seperti meja kerja, meja rias, hingga tempat untuk meletakkan dekorasi. Pastikan material rak gantung yang Anda gunakan cukup kuat untuk menahan berbagai beban di atasnya.

4. Wallpaper dan karpet untuk menambah kehangatan
Tambahkan wallpaper dan karpet, via pixabay.com

Tambahkan wallpaper dan karpet, via pixabay.com
 

Kamar tidur dengan dinding dan lantai warna polos akan memberikan kesan dingin dan membuat Anda cepat bosan. Nah, menghias dinding dan lantai menggunakan wallpaper dan karpet akan membantu menciptakan suasana yang hangat. Bahkan, mampu menonjolkan kepribadian Anda, lho. Pilih karpet dengan ukuran yang cukup besar, agar ruangan terasa lebih luas. Untuk wallpaper, sebaiknya cukup aplikasikan hanya pada satu dinding kamar sebagai aksen ruangan minimalis.

5. Sentuhan tanaman
Tanaman kaktus di dalam kamar, karya Home by Fabelio.com, via arsitag.com

Tanaman kaktus di dalam kamar, karya Home by Fabelio.com, via arsitag.com
 

Tahukah Anda, tanaman ampuh membuat suasana ruangan terasa lebih segar, sejuk, dan nyaman? Selain bisa memberikan dampak positif pada tubuh, warna dari tanaman hias di dalam kamar akan membuat suasana kamar tidur jauh dari kesan monoton dan membosankan. Cobalah meletakkan tanaman hias di pojok ruangan yang dekat dengan jendela kamar, agar tanaman tetap bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup. Alternatif lain, gunakan tanaman gantung untuk menghemat ruang.
 

Baca juga: Model Desain Headboard Ranjang Kamar Tidur Penuh Gaya
 

6. Rak gantung terbuka
Rak gantung model terbuka,  karya Home by Fabelio.com, via arsitag.com

Rak gantung model terbuka,  karya Home by Fabelio.com, via arsitag.com
 

Mengganti lemari baju dengan rak gantung terbuka atau standing clothes rack di dalam kamar tidak hanya bisa menghemat ruang di kamar Anda. Pakaian pun bisa mendapatkan sirkulasi udara yang lebih baik sehingga meminimalisasi melekatnya jamur. Namun, desainnya yang terbuka mengharuskan Anda untuk lebih rajin membersihkannya, karena baju akan rentan terkena debu.

Bagaimana, menarik bukan? Ternyata, sangat mudah untuk menyulap kamar tidur minimalis Anda menjadi lebih nyaman dan estetik. Yuk, dicoba!

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.