Ide Desain Ruang Kerja Open-Plan di Kantor Kekinian yang Nyaman

Ide Desain Ruang Kerja Open-Plan di Kantor Kekinian yang Nyaman | Foto artikel Arsitag

Desain kantor dengan konsep open-plan, karya Best Group Design Studio, via Arsitag
 

Kantor konvensional biasanya identik dengan ruang-ruang terpisah atau kubikel-kubikel tinggi yang membuat orang-orang di dalamnya sulit untuk saling berinteraksi. Hal semacam ini awalnya dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas karyawan dengan meminimalisasi distraksi dari luar. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi dan lanskap industri, desain ruang kerja terbuka semakin banyak diminati.

Ruang kerja bersama dengan desain terbuka alias kantor open-plan memiliki berbagai kelebihan. Selain memberikan kesan luas pada ruangan, orang-orang yang ada di dalamnya juga lebih leluasa dalam bergerak dan saling berinteraksi.

Jika Anda tertarik untuk membuat kantor dengan konsep open-plan, beberapa referensi berikut ini bisa menjadi contoh yang menarik untuk dijadikan inspirasi desain!

Kantor Open-plan BCA Office Landmark Pluit
Kantor BCA Pluit, karya Stupaliving, via Arsitag

Kantor BCA Pluit, karya Stupaliving, via Arsitag
 

Berada di Jalan Pluit Raya, Jakarta Selatan, kantor salah satu bank swasta besar di tanah air ini menghadirkan konsep open-plan dengan nuansa cerah. Ruangan dengan warna dasar yang dipadu percikan warna kuning dan biru tidak hanya menambah kesan fun dan kekinian, tetapi juga mewakili identitas bank itu sendiri.

Deretan meja kerja tertata apik di bawah langit-langit dengan desain yang unik. Tidak ada pembatas bahkan kubikel yang memisahkan antarmeja. Ini memungkinkan seluruh anggota tim untuk berinteraksi secara maksimal saat bekerja.
 

Baca juga: Desain Interior Kantor Industrial Kekinian yang Nyaman Banget untuk Anak Muda
 

Kantor Open-plan Allegro Development
Kantor Allegro Commodity Management, karya PT Asa Adiguna, via Arsitag

Kantor Allegro Commodity Management, karya PT Asa Adiguna, via Arsitag
 

Ketika memasuki kantor yang berada di Menara Thamrin Building ini, kesan modern akan langsung terasa. Kantor ini didesain dengan sentuhan grafis, menggunakan warna-warna bergradasi sehingga terkesan hidup dan menyenangkan.

Tidak hanya itu, meja-meja kerja tanpa sekat yang diberi penerangan di bagian langit-langit membuat area-area kerja di kantor Allegro ini terkesan futuristik dan mengundang.

Kantor Open-plan PT Bank Mandiri
Kantor Bank Mandiri Lantai 15, karya PT Asa Adiguna, via Arsitag

Kantor Bank Mandiri Lantai 15, karya PT Asa Adiguna, via Arsitag
 

Sama seperti Kanto Allegro Commodity Management, kantor Bank Mandiri Lantai 15 ini juga dikerjakan oleh PT Asa Adiguna. Berada di Menara Mandiri Jalan Jenderal Sudirman, kantor ini juga mengusung konsep open-plan. Bedanya, sang desainer berusaha menambahkan sentuhan desain ala kontemporer. Tak heran jika komponen di dalamnya terkesan lebih kaya, namun tetap memberi kesan menyenangkan sebagai area kerja.

Ruang Meeting Open-plan Proyek Multiply Indonesia
Ruang kantor open plan Multiply Indonesia, karya PT Asa Adiguna, via Arsitag

Ruang kantor open plan Multiply Indonesia, karya PT Asa Adiguna, via Arsitag
 

Tidak seperti ruang kerja kebanyakan, Multiply Indonesia yang dirancang oleh PT Asa Adiguna ini menghadirkan area menyerupai lorong panjang dengan meja-meja melengkung yang unik. Masing-masing meja bisa mengakomodasi setidaknya dua karyawan. Kursi sengaja dibuat langsung menghadap ke arah jendela besar untuk penerangan yang maksimal. Selain itu, pemadangan kota di luar juga bisa membantu para karyawan untuk melepas penat saat bekerja.
 

Baca juga: Desain Kantor Kontemporer yang Terasa Cozy dan Elegan
 

Kantor Open-plan Caturnusa Sejahtera Finance
Kantor Caturnusa Sejahtera Finance, karya Miveworks, via Arsitag

Kantor Caturnusa Sejahtera Finance, karya Miveworks, via Arsitag
 

Dikerjakan oleh MIVEWORKS, kantor yang beralamat di Jalan Letjen S. Parman ini memadukan desain open-plan dengan deretan meja yang memanjang. Kantor ini membagi ruang menjadi dua area yakni area kerja dan area komunal.

Dihiasi dengan tanaman dan pelapis dinding berbeda-beda, serta warna cat tak beraturan sebagai gimmick, perusahaan yang masih menjadi bagian dari Traveloka ini terkesan fun sekaligus tidak mainstream.

Itulah beberapa contoh desain ruang kerja open-plan yang digunakan oleh berbagai perusahaan besar di tanah air. Ada yang ingin Anda jadikan inspirasi?

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."