6 Inspirasi Kamar yang Menambah Kreativitas

6 Inspirasi Kamar yang Menambah Kreativitas | Foto artikel Arsitag

Cover: Illustrasi kamar tempat berkreativitas (Sumber: blog.consumercrafts.com)
 

Bagi sebagian orang, sebuah kamar adalah tempat suci, ruang bekerja, suaka, atau sanctuary. Untuk membuat sebuah ruang kerja atau ruang kerajinan yang kondusif dan memacu kreativitas, peranan ornamen, gaya desain maupun furnitur yang ada di situ seringkali penting.

Beberapa sentuhan di kamar-kamar ini bisa Anda jadikan inspirasi untuk ruang kerja atau ruang kerajinan Anda agar dapat merangsang kreativitas yang lebih hakiki.

1. Grid Wall

1. Grid Wall
Contoh Grid Wall (Sumber: passionshake.com/diy-wall-organizer)
 

Grid Wall atau kawat rak bahannya bermacam-macam, ada yang terbuat dari plastik hingga besi, dan mudah didapatkan di toko-toko ritel bahkan toko-toko loak. Grid Wall merupakan salah satu solusi kreatif untuk menghemat ruang penyimpanan barang-barang yang kecil, namun penting seperti gunting, isolasi, pita, dll. Barang-barang tersebut juga menjadi sangat mudah diakses.

2. Laci

2. Laci
Deretan laci di Rd Residence karya Helloembryo (Sumber: arsitag.com)
 

Laci merupakan instalasi yang berperan vital dalam rapi tidaknya penataan barang-barang. Kerapian dalam penataan barang di ruang kreatif tidak jarang mempengaruhi mood seseorang, dan tentu saja kreativitasnya juga. Laci yang built-in maupun terpisah selalu bisa dikreasikan aspek warna, ukuran, maupun gayanya.

3. Lemari Tak Berpintu

3. Lemari Tak Berpintu
Lemari tanpa pintu (Sumber: pinterest.com)
 

Dengan memiliki lemari tanpa pintu di ruang kerja, Anda akan dengan mudah menggapai ataupun menemukan barang-barang penunjang kerja Anda.

4. Papan Tulis Magnetik

4. Papan Tulis Magnetik
Dinding yang dijadikan papan tulis magnetik (Sumber: crafthubs.com)
 

Yup, benar, Anda dapat menyulap tembok plain yang membosankan menjadi papan tulis magnetik. Yang diperlukan adalah cat magnetik dan sedikit imajinasi untuk membuat keajaiban tersebut. Dengan begitu, tembok ruang kerja Anda memiliki berbagai fungsi, dari papan tulis hingga menempelkan benda-benda magnetik.

5. Warna Pastel

5. Warna Pastel
Kamar dengan dinding berwarna pastel (Sumber: houzz.com)
 

Jangan takut untuk bermain dengan warna-warna pastel. Dikenal sebagai pallete yang membawa ketenangan, otomatis warna-warna pastel akan membantu Anda dalam berkreasi.

6. Papan atau Dinding Inspirasi

6. Papan atau Dinding Inspirasi
Dinding dengan tempat menempelkan sumber inspirasi (Sumber: everythingetsy.com)
 

Setiap orang mendapatkan inspirasi dari berbagai hal. Bagi sebagian orang, sebuah papan inspirasi yang penuh dengan pernak-pernik yang dikehendaki dapat membuat inspirasi lebih mudah didapatkan dalam bekerja atau berkarya.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satu inspirasi di atas? Kalau saya akan segera memesan cat magnetik!

AUTHOR

Meizar Ahmad Assiry

Ijey adalah seorang analis media di Kiroyan Partners yang gandrung akan karya-karya Wes Anderson. Ia menulis topik bisnis dan desain untuk blog.sribu.com. Lulusan Sastra Inggris Universitas Pendidikan Indonesia Bandung ini juga pernah menulis untuk Go-Jek, Mitra Adi Perkasa, Otobro (MAP) dan Visualnanny.