Desain Perancangan Area Duduk ‘Window Seat’ di Bawah Jendela

Desain Perancangan Area Duduk ‘Window Seat’ di Bawah Jendela | Foto artikel Arsitag

Ruang KeluargaPojok ruang cocok sebagai window seat. Sejak awal perancangan, harus diperhatikan ukuran dan ketinggian tempat duduk yang diinginkan. Sesuaikan dengan tinggi dasar jendela dan lebar jendela.

Sumber : pinterest-kindesign

Sumber : pinterest-kindesign

Ruang makanWindow seat dipadukan dengan jendela yang sudah ada. Desain bentuk dan ketinggian plafon menambah kekhususan area untuk window seat.  Model tempat duduk bisa diganti dengan yang lebih sederhana untuk menghemat biaya.

Sumber : one kind design

Sumber : one kind design

DapurUkuran jendela besar pada dapur sangat baik untuk pencahayaan alami dan sirkulasi udara. Lebar window seat disesuaikan lebar rak wastafel. Pemilihan warna dan bahan juga disesuaikan dengan rak dapur lainnya. Bagian bawah window seat  bisa difungsikan sebagai rak tambahan.

house of turquoise by nest studioSumber : house of turquoise by nest studio

Ruang BelajarKeberadaan jendela sebagai pencahayaan alami untuk meja belajar, juga bisa dimanfaatkan sebagai window seat.  Area ini bisa menjadi tempat baca yang nyaman  ataupun area peristirahatan.

Sumber : artofdecor.ru

Sumber : artofdecor.ru

Kamar Tidur. Bayangkan jika bukaan di dinding ini hanya berupa jendela saja.  Tentu sangatlah biasa. Keberadaan window seat benar-benar menjadi pusat perhatian dan daya tarik tersendiri. Pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik menjadikan area ini sangat nyaman untuk beristirahat bahkan tertidur setelah memandang keindahan cahaya bulan.

Sumber : window seat ideas – kindesign

Sumber : window seat ideas – kindesign

Jika tidak berkesempatan mengikutsertakan window seat dalam perancangan awal, sesuaikan saja dengan lebar jendela yang ada. Model yang sederhana sekalipun akan dapat  menjadikan jendela yang polos dan membosankan menjadi fungsional dan nyaman.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat merancang window seat :

  • Pastikan area jendela yang ada memiliki ruang yang cukup untuk window seat yang diharapkan.
  • Biasanya ukuran lebar jendela dan perabot memiliki ukuran standar tersendiri. Hal ini mempermudah saat mencari rak atau kursi untuk merancang dan melengkapi window seat.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.