Keistimewaan Vertical Blind

Keistimewaan Vertical Blind | Foto artikel Arsitag

Vertical blind merupakan tirai penutup jendela dari jenis blinds yang berbentuk vertikal. Vertical blind digunakan untuk penutup jendela dan pengatur cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Vertical blind biasanya banyak digunakan pada kantor-kantor karena jenis tirai ini dapat memberikan kesan formal dan minimalis. Namun, banyak juga yang menggunakan vertical blind sebagai pengganti gorden kain di rumah.

Vertical blind di kamar mandi (Sumber: www.stortblinds.co.uk)Vertical blind di kamar mandi (Sumber: www.stortblinds.co.uk)

Bahan yang digunakan pada vertical blind biasanya terbuat dari kain dengan tekstur kaki yang berbentuk seperti sirip-sirip. Beberapa jenis bahan atau kain vertical blind yang biasa digunakan seperti Dimout, Blackout, dan Solar Screen.

Masing-masing jenis kain memiliki karakter dan keistimewaannya tersendiri sehingga Anda bisa membeli tirai vertical blind sesuai dengan kebutuhan dan budget masing-masing. Corak dan pilihan warna dari vertical blind juga sangat beragam dan memungkinkan para pengguna untuk memilih corak dan warna sesuai selera atau kebutuhan.

Vertical blind di ruang tamu (Sumber: apolloblinds.com.au)Vertical blind di ruang tamu (Sumber: apolloblinds.com.au)

Vertical blind dioperasikan dengan cara menggunakan tali penarik (tali kur) dan tali grendel. Tali kur digunakan untuk membuka atau menutup daun vertikal ke kiri dan kanan sehingga jendela bisa terbuka atau tertutup oleh verticalblind. Tali grendel yang berdampingan dengan tali kur digunakan untuk membuka dan menutup daun vertical blind untuk mengatur cahaya yang masuk ke ruangan.

Vertical blind di ruang makan (Sumber: www.stortblinds.co.uk)Vertical blind di ruang makan (Sumber: www.stortblinds.co.uk)

Beberapa tips yang dapat Anda gunakan ketika ingin menggunakan vertical blind :

  1. Jika Anda menginginkan tampilan eksterior yang simpel, sebaiknya gunakan tirai dengan warna yang senada dengan warna cat dinding.
  2. Jika Anda memiliki jendela yang sangat lebar, sebaiknya gunakan beberapa tirai secara terpisah. Hal ini dapat memberikan kesan fleksibel dan Anda dapat mengontrol cahaya yang masuk dengan mudah.
  3. Jika ingin menggunakan vertical blind yang terkesan rapi, pilihlah vertical blind yang terbuat dari bahan yang kaku seperti terpal, blacu, atau bahkan bahan jeans
  4. Vertical blind polos cocok digunakan untuk semua desain interior karena bentuknya yang simpel sehingga tidak akan mendominasi ruang dan tidak menarik perhatian
Vertical blind di kamar tidur (Sumber: surreyblindsandshutters.co.uk)Vertical blind di kamar tidur (Sumber: surreyblindsandshutters.co.uk)

Keunggulan Vertical Blind

  • Pengoperasiannya simpel
  • Harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan tirai lainnya
  • Bisa mengatur cahaya ruangan sesuai dengan kebutuhan
  • Modelnya minimalis dan elegan
  • Banyak pilihan jenis kain dan warna yang bisa disesuaikan dengan selera
  • Mudah dibersihkan
  • Perawatannya mudah, tidak perlu membutuhkan alat atau usaha khusus
  • Pemasangannya mudah

Kekurangan Vertical Blind

  • Sulit untuk diganti-ganti
  • Pilihan dari vertical blind tidak sebanyak gorden yang memiliki banyak jenis dan pilihan
Vertical blind (Sumber: www.72hourblindfactory.com)Vertical blind (Sumber: www.72hourblindfactory.com)

Cara Memasang Vertical Blind

  1. Pertama ukur jendela untuk memutuskan, apakah vertical blind sebaiknya dipasang di dalam bingkai kusen atau di luar kusen
  2. Saat Anda membeli vertical blind dalam paket standar, Anda akan mendapatkan satu set clips, sekrup, dan bracket untuk menahan tirai pada tempatnya
  3. Dengan menggunakan pensil, tandai di mana bracket akan dipasang sehingga sekrup dapat dipasang di tempat yang tepat
  4. Mulailah pasang skrup dengan menggunakan obeng atau bor
  5. Setelah bracket terpasang, pasanglah tirai pada bracket
Vertical blind di ruang keluarga (Sumber: pinterest.com)Vertical blind di ruang keluarga (Sumber: pinterest.com)

Kisaran Harga Vertical Blind Tahun 2016

Sumber:

Sumber:

http://www.blindsjakarta.com/

http://myportfoliobusiness.blogspot.co.id

http://www.gordenjakarta.com

http://infoverticalblinds.blogspot.co.id

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa was born in Jakarta 9th April 1994. She graduated from University of Indonesia in 2016, majored in German Language and Studies. She really loves to read about anything, from novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different topics and now she currently works as a Content Writer.