Omo Sebua dan Omo Hada, Rumah Adat Nias yang Tahan Gempa

rumah adat nias

Omo Sebua adalah gaya rumah tradisional masyarakat Nias dari kepulauan Nias, Indonesia. Rumah ini hanya dibangun untuk kepala desa dan biasanya terletak di pusat desa. Omo Sebua dibangun di atas tumpukan kayu ulin besar dan memiliki atap yang menjulang. Budaya Nias, yang dulunya sering terjadi perang antar desa, membuat desain Omo Sebua dibuat untuk tahan terhadap serangan. Satu-satunya akses masuk ke dalam rumah adalah melalui tangga sempit dengan pintu kecil di atasnya. Bentuk atapnya yang curam dapat mencapai ketinggian hingga 16 meter. Selain memiliki pertahanan yang kuat, Omo Sebua telah terbukti tahan terhadap gempa.


Rumah adat Nias Utara (Sumber: sisteminformasipulaunias.wordpress.com)

Bangunan ini memiliki pondasi yang berdiri di atas lempengan batu besar dan balok diagonal yang juga berukuran besar serta bahan-bahan lainnya yang dapat meningkatkan fleksibilitas dan stabilitas terhadap gempa bumi. Atap pelana di bagian depan dan belakang juga memberikan perlindungan yang sangat baik terhadap hujan.

Omo Hada (Sumber: flickr.com)

Omo Hada, sama seperti Omo Sebua, merupakan rumah rakyat jelata yang berbentuk persegi. Untuk tindakan perlindungan, pintu dibuat untuk menghubungkan setiap rumah, yang memungkinkan warga desa untuk berjalan di sepanjang teras tanpa harus menginjakkan kaki di tanah.

7000 tahun yang lalu, Imigran yang berasal dari Asia Tenggara mulai menghuni bagian tengah Pulau Nias dan mulai mengembara serta mendirikan hunian di daerah pedalaman. Namun, mereka tidak dapat bersatu lagi karena tidak memahami perpetaan hingga akhirnya mereka terpecah menjadi 3 bagian, yaitu wilayah tengah, Selatan dan Utara. Di antara masing-masing wilayah ini, terdapat perbedaan bahasa, kelompok masyarakat, dan budaya. Demikian pula ada perbedaan pada arsitektur bangunannya.

Rumah Nias Utara (Sumber: www.northniastourism.com)

Nias Utara

Rumah di Nias Utara memiliki atap loteng yang lebar dan kisi-kisi jendela yang besar sehingga dapat memberikan penerangan yang maksimal di siang hari dan juga ventilasi yang baik. Kisi-kisi jendela serta ruang pada bagian atap yang luas membuat sirkulasi udara dapat masuk ke dalam rumah dan menciptakan suhu yang sejuk di dalam rumah.


Pondasi rumah Nias Utara (Sumber: www.kompasiana.com)

Lantai utama dibagi menjadi ruang pertemuan, Talu Salo, dan kamar tidur. Dapur dan kamar mandi berada di paviliun di bagian belakang rumah. Mereka hanya memiliki sedikit perabotan. Barang-barang mereka kebanyakan diletakkan di dalam lemari atau peti. Furnitur yang penting diletakkan di sepanjang kisi-kisi jendela yang biasanya digunakan sebagai kursi.

Untuk memaksimalkan elastisitas konstruksi bangunan, pilar-pilar tidak didirikan di atas tanah, melainkan di atas pondasi batu. Hal ini merupakan teknik perlindungan untuk menghindari kontak langsung antara tanah dengan kayu agar konstruksinya dapat tahan lebih lama.



Ornamen pada rumah Nias Tengah (Sumber: www.kompasiana.com)

Nias Tengah

Sebenarnya sejarah dari pemukiman Nias berawal dari Nias Tengah, tetapi semakin ke sini arsitektur bangunan tampak seperti Peranakan dari gaya bangunan di Nias Utara dan Nias Selatan. Keistimewaan dari ciri arsitektur Nias Tengah terletak pada dekorasi dan seni hiasnya. Pada bagian depan terdapat replika binatang yang dibuat sebagai perlindungan untuk penghuni rumah.

Perkampungan Nias Selatan di daerah perbukitan (Sumber: bazikho82.blogspot.co.id)

Nias Selatan

Perkampungan di Nias Selatan terletak di atas perbukitan. Pada zaman dahulu, ketika serangan perang dan perburuan kepala muncul di wilayah ini, warga membangun parit yang dalam tepat di belakang pagar bambu runcing sebagai benteng pertahanan kampung.

Pada setiap permukiman terdiri dari beberapa ratus tempat tinggal yang terletak di kedua belah sisi jalan yang memanjang hingga 100 meter. Daerah pemukiman yang tinggi mengharuskan mereka untuk menempuh anak tangga panjang yang terbuat dari batu. Pola jalan dari perkampungan ini bisa bertambah sesuai dengan pertambahan penduduknya hingga membentuk pola “T” atau “L”.

Batu megalit di depan rumah (Sumber: www.lihat.co.id)

Pada setiap pemukiman terdapat halaman yang cukup luas. Di bagian depan halaman yang menuju ke arah jalan kampung, terdapat tempat untuk meletakan batu-batu megalit yang disebut Öli Batu (dinding batu) dan menjadi lambang dari kedudukan sang pemilik rumah. Batu-batu tersebut memiliki berbagai macam bentuk, salah satunya Menhir (batu megalit yang berbentuk tegak tinggi), bangku, dan tempat duduk melingkar.

Tiang berbentuk V di depan rumah (Sumber: pinterest.com)

Bentuk dasar dari bangunan di Nias Selatan adalah persegi panjang dengan konstruksi tinggi dan ujung atap yang mengarah ke jalan. Struktur bangunan dibuat dari 4 barisan pilar (Ehomo), yang berbentuk tegak lurus dari dasar hingga lantai pertama. Tiang yang saling silang dijadikan sebagai penopang, sama seperti pemukiman di Nias Utara, tetapi yang membedakan adalah tiang berbentuk “V” yang terletak di bagian paling depan rumah.

Sama seperti rumah di Nias Utara dan Tengah, tiang-tiang di rumah Nias Selatan tidak bertumpu pada tanah melainkan di atas pondasi batu untuk mencegah pelapukan dan membuat konstruksinya semakin fleksibel. Ruangan di bawah rumah digunakan sebagai tempat penyimpanan barang atau kandang ternak pemilik rumah.

Sumber:

http://juliesartoni.blogspot.co.id/

http://www.kompasiana.com/andybatee/

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Shasa
AUTHOR
Shasa
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram