Sekilas tentang Coffee Shop

Sekilas tentang Coffee Shop | Foto artikel Arsitag
Cover : Voyage Coffee karya Bitte Design Studio (Sumber: arsitag.com)

Coffee shop pada mulanya hanya menyediakan tempat untuk minum kopi dan teh dengan cepat. Akan tetapi, karena perkembangan dan kebutuhan pelanggan yang semakin lama semakin kompleks dan tidak ada habisnya, berkembanglah coffee shop seperti yang sekarang ini.

Sejarah dari coffee shop modern ini sebenarnya berasal dari Amerika, di mana ciri pelayanan dan penyajiannya yaitu secara cepat. Makanan biasanya sudah diporsikan dalam suatu piring atau yang disebut juga dengan “ready on the plate” dan dengan istilah pelayanan yaitu American Service. Coffee shop ini dikategorikan ke dalam restoran yang informal dan terkadang buka untuk 24 jam.

Lalu, apa saja sih yang harus diperhatikan saat ingin membuat coffee shop yang baik dan nyaman? Simak penjelasannya berikut ini.

Voyage CoffeeVoyage Coffee karya Bitte Design Studio (Sumber: arsitag.com)

Konsep

Pertama-tama kita harus memikirkan dengan matang mengenai konsep apa yang ingin dibuat untuk coffee shop ini. Konsep yang telah terbentuk dengan baik akan memudahkan Anda untuk membuat interior dan juga melihat target pasar. Interior yang menarik dan nyaman sangat dibutuhkan untuk sebuah coffee shop.

Voyage CoffeeVoyage Coffee karya Bitte Design Studio (Sumber: arsitag.com)

Interior

Berikutnya adalah memilih interior yang sesuai dengan konsep coffee shop. Interior yang digunakan haruslah nyaman dan membuat pelanggan betah untuk berlama-lama menikmati makanan dan minuman. Perhatikan juga pemilihan meja dan kursi, pencahayaan, dan juga warna ruangan.

Wanderlust Coffee ShopWanderlust Coffee Shop karya Vindo Design (Sumber: arsitag.com)

Lokasi

Lokasi merupakan salah satu hal yang menunjang suksesnya sebuah coffee shop. Lokasi yang sulit dijangkau akan membuat orang malas untuk datang dan mencobanya. Pilihlah lokasi yang strategis dan mudah untuk dijangkau oleh orang. Pilih jalan dengan kondisi yang ramai dilalui sehingga mudah terlihat dan membuat orang ingin mampir. Pilih juga lokasi yang dekat dengan pusat keramaian, misalnya di dekat kampus atau di lokasi yang menjadi pusat kuliner.

Voyage CoffeeVoyage Coffee karya Bitte Design Studio (Sumber: arsitag.com)

Kenyamanan

Nyaman yang dimaksud di sini adalah kenyaman interior, pencahayaan dan juga nyaman terhadap suasana yang dibangun oleh para barista coffee shop tersebut. Sebuah coffee shop juga sebaiknya menyediakan smoking area untuk mereka yang merokok agar asap rokoknya tidak mengganggu pengunjung lain yang tidak merokok. Kursi juga harus diperhatikan apakah nyaman untuk penikmat kopi untuk nongkrong berlama-lama di sana. Atau, bila tempat terbatas dan pengunjung ramai, terkadang kursi sengaja dibuat tidak terlalu nyaman agar orang tidak nongkrong terlalu lama.

Eksterior dariEksterior dari Wanderlust Coffee Shop karya Vindo Design (Sumber: arsitag.com)

Eksterior

Interior yang menarik dan nyaman memang merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Akan tetapi, jangan sampai melupakan faktor pentingnya eksterior sebuah coffee shop. Eksterior yang menarik merupakan faktor pertama yang akan dilihat orang. Eksterior juga merupakan faktor pertama yang menarik orang untuk masuk karena rasa penasaran yang mereka punya.

Wanderlust Coffee ShopWanderlust Coffee Shop karya Vindo Design (Sumber: arsitag.com)

Musik

Musik mungkin sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang, tetapi ternyata musik merupakan satu hal yang sangat penting. Musik dapat membangun atmosfer yang menyenangkan dari sebuah coffee shop. Musik yang asyik dapat membuat mereka yang datang betah untuk berlama-lama nongkrong di tempat tersebut. Sebaliknya, lagu-lagu yang berisik akan membuat sebuah coffee shop kehilangan sisi cozy-nya.

Voyage CoffeeVoyage Coffee karya Bitte Design Studio (Sumber: arsitag.com)

Lapang dan Nyaman

Lapang yang dimaksud di sini berarti adanya ruang yang cukup untuk pengunjung melakukan aktifitas. Contohnya tidak perlu bersenggolan dengan pengunjung lain saat bergerak. Ruang yang cukup lapang akan memberikan rasa nyaman pada pengunjung.

Tabegula CoffeeTabegula Coffee karya Eki Achmad Rujai (Sumber: arsitag.com)

Menyediakan Wi-Fi dan Colokan

Fasilitas WiFi sangat penting untuk disediakan di sebuah coffee shop. Fasilitas WiFi juga telah menjadi pertimbangan orang untuk mampir ke sebuah coffee shop. Banyak juga pengunjung yang sengaja datang hanya untuk menikmati fasilitas Wifi sambil menikmati kopi yang disediakan. Maka, colokan listrik juga tidak kalah penting agar pengunjung betah berlama-lama.

Sumber:

majalah.ottencoffee.co.id

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa was born in Jakarta 9th April 1994. She graduated from University of Indonesia in 2016, majored in German Language and Studies. She really loves to read about anything, from novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different topics and now she currently works as a Content Writer.