Rumah Industrial Minimalis yang Kalem dan Berlimpah Cahaya Alami

arsitektur industrial kalem

Desain rumah bergaya industrial menjadi salah satu gaya interior yang banyak digemari, terutama oleh generasi muda. Ya, wajar saja, gaya yang terkesan polos tanpa banyak finishing ini memiliki daya tariknya tersendiri. 

Rumah industrial memiliki kepribadian yang unik. Salah satu ciri khas dari desain rumah bergaya industrial adalah penggunaan material ekspos pada bagian dindingnya. Walaupun terkesan tua dan belum selesai, rumah industrial pun tetap bisa membawa kehangatan tersendiri bagi penghuninya. 

Nah, salah satu rumah industrial yang homey dan bisa menjadi inspirasi untuk Anda adalah rumah industrial minimalis karya Dhanie & Sal ini. Yuk, kita simak seperti apa detail bangunannya.

Bukaan yang lebar

Bukaan yang besar karya Dhanie & Sal via Arsitag

TS Villa I dirancang dengan tujuan untuk mengintegrasikan kondisi alam di sekitarnya ke dalam rumah. Lokasinya yang berada di lereng bukit Bandung Utara membuat vila ini dikelilingi oleh pepohonan rindang yang masih terawat dengan sangat baik. 

Untuk itu, bukaan pun dibuat dengan cukup banyak dan ditempatkan di lokasi yang strategis untuk memudahkan cahaya, pepohonan dan bayangan dari luar menjadi bagian dari interior. Jendela berukuran besar ini pun membawa suasana luas pada ruangan. 

Selain jendela, bukaan pun dibuat dalam bentuk pintu geser dengan frame hitam yang semakin menguatkan unsur industrial. Saat pintu dibuka, pemandangan di luar dan sejuknya udara pegunungan pun bisa langsung masuk ke dalam rumah dengan leluasa. Hal ini memungkinkan penghuni rumah untuk menikmati keindahan alam di bagian luar dari dalam rumah.

Perpaduan dinding ekspos dan kayu

Dinding ekspos dan kayu yang hangat karya Dhanie & Sal via Arsitag

Konsep industrial pada hunian ini sangat terasa dari dinding beton ekspos yang mendominasi seluruh bangunan. Dinding ini pun digunakan pada hampir keseluruhan bagian fasad bangunan hingga ke dalam interior. Beton ekspos sendiri dikenal sebagai material yang kuat, awet dan murah. Diberi lapisan finishing atau tidak, beton ekspos tetap akan terlihat apik dan menarik. Beton ekspos ini diaplikasikan pada dua bidang, yaitu dinding dan lantai.

Agar tidak terlalu terkesan dingin dan kaku, material beton ekspos ini pun dikombinasikan dengan elemen kayu agar kehangatannya tetap terasa. Kayu diaplikasikan pada rak dinding, meja, kursi, hingga sofa. Elemen kayu memang merupakan elemen wajib yang harus ada pada sebuah rumah industrial. 

Ruang terbuka dengan furnitur minimalis

Ruang terbuka dan perabot minimalis karya Dhanie & Sal via Arsitag

Ciri khas lainnya dari rumah industrial yang bisa Anda lihat dari hunian ini adalah adanya ruang terbuka yang luas. Ruang terbuka tanpa sekat ini memberikan kesan luas yang tak terbatas. Saat pintu geser dibuka, ruangan rumah pun akan terasa lebih luas dan seperti menyatu dengan alam di sekitarnya yang membuat rumah terkesan lebih lapang, nyaman, dan sejuk. 

Warna natural

Penggunaan warna yang kalem dan natural karya Dhanie & Sal via Arsitag

Jika diperhatikan, Anda hampir tidak bisa menemukan warna yang mencolok di dalam rumah ini. Seperti konsep minimalis yang menonjolkan kesederhanaan, warna yang dipilih untuk keseluruhan rumah pun menggunakan warna natural seperti putih pada dinding, hitam untuk frame jendela dan pintu, furnitur kayu, serta sofa minimalis berwarna abu-abu. Warna-warna ini semakin menambah kesan industrial minimalis yang kental ke dalam hunian. 

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram