Cara Estetis Menanam Pohon Rindang Agar Taman Rumah Makin Cantik

Cara Estetis Menanam Pohon Rindang Agar Taman Rumah Makin Cantik | Foto artikel Arsitag

Desain taman rindang hunian karyaRAW Architecture,via arsitag.com

Pohon yang rindang menunjang potensi membuat taman rumah semakin nyaman untuk ditempati. Keberadaannya tidak hanya memberi naungan, tetapi juga membuat iklim mikro di rumah terasa lebih sejuk. Lebih dari itu, secara arsitektur lanskap, pohon rindang juga bisa menunjang keindahan taman. Untuk mencapai hal tersebut, pohon harus ditanam di posisi atau dengan cara yang tepat.

Nah! sebagai inspirasi, berikut beberapa cara estetis untuk menanam pohon rindang agar taman rumah semakin cantik.

1. Pohon sebagai background
Foto oleh topntp26 via freepik.com

Foto olehtopntp26 via freepik.com
 

Jika taman rumah Anda memiliki gazebo, area duduk, atau sejenisnya, tanamlah pohon rindang di bagian belakang atau sudutnya. Batang dan cabang pohon akan menjadi background yang memberi kesan alami. Sedangkan sebaran rantingnya akan menambah area naungan yang memberi kesan asri. Perhatikan pula untuk rutin melakukan pemangkasan agar ranting tidak membahayakan atau merusak struktur gazebo.

2. Pohon sebagai foreground
Taman rumah dengan pohon rindang, karya HerryJ Architects, via arsitag.com

Taman rumah dengan pohon rindang, karyaHerryJ Architects,via arsitag.com
 

Selain diletakkan di belakang objek utama, pohon rindang di taman dapat diletakkan di bagian depan atau sebagai foreground. Contohnya, dapat dilihat pada taman karya Herry J. Architects di atas. Tampak pohon liangliu diletakkan di sisi depan dari penampang memanjang kolam ikan. Hal ini menjadikan keberadaan pohon terlihat menjadi satu kesatuan dengan kolam. Secara visual, pohon juga membuat kolam terasa lebih hidup dengan nuansa alami.
 

Baca juga: Inspirasi Desain Pintu yang Menghadap ke Taman atau Patio Rumah
 

3. Tumbuh dari dek
Desain karya Bitte Design Studio, via arsitag.com

Desain karyaBitte Design Studio,via arsitag.com
 

Bagaimana jika pohon seolah tumbuh dari dek kayu teras atau taman? Menata pohon di taman akan semakin menarik ditambah membuat dek terlihat jauh lebih estetis. Pengaplikasiannya juga sangat sederhana, yaitu dengan memberi space pada dek untuk menanam beberapa batang pohon. Perlu diingat pula, bahwa pohon mengalami pertumbuhan sehingga space yang diberikan harus mengakomodasi besarnya batang pohon di kemudian hari.

4. Pohon peneduh dikelilingi bangku
Desain rumah karya Chrystalline Architect, via arsitag.com

Desain rumah karyaChrystalline Architect,via arsitag.com
 

Duduk santai di taman pohon rindang tentu menyenangkan. Artinya, meletakkan pohon di dekat bangku taman adalah yang paling tepat. Anda juga bisa membuat pot bangku seperti pada karya aristektur lanskap di atas. Selain fungsional, tampak juga bangku dan pohon menjadi satu kesatuan yang estetis.

5. Estetika dari refleksi pohon di kolam
Taman belakang rumah dengan pohon rindang dan kolam, karya Studio TonTon, via arsitag.com

Taman belakang rumah dengan pohon rindang dan kolam, karyaStudio TonTon,via arsitag.com
 

Menanam pohon di dekat kolam bisa menjadi cara yang apik untuk memperindah taman. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan pantulan air kolam agar merefleksikan bayangan pohon. Cara ini mungkin terlihat sederhana, tetapi bisa memberi efek luas bagi tampilan taman secara umum.

6. Memilih karakter tajuk yang tepat
Desain oleh Monokroma Architect, via arsitag.com

Desain olehMonokroma Architect,via arsitag.com
 

Menanam pohon rindang untuk taman rumah sepatutnya juga memperhatikan karakter tajuknya. Ada pohon rindang yang bertipe tajuk menyebar, membulat, tak beraturan, memayung, hingga pagoda. Semua tipe memiliki keunikan tersendiri dan bisa disesuaikan dengan karakter taman yang ingin dihadirkan.
 

Baca juga: Inspirasi Desain Taman Belakang Rumah Mungil yang Super Keren
 

7. Buat pot lebih tinggi
Desain taman hunian karya Bitte Design Studio, via arsitag.com

Desain taman hunian karya Bitte Design Studio,via arsitag.com
 

Memberikan batasan berupa pot untuk pohon rindang bertujuan memberi kesan lebih rapi pada taman. Seperti pada karya Bitte Design Studio di atas. Bahkan, estetika taman menjadi lebih menarik dengan menanam tanaman menjuntai di sekeliling pohon. Namun, perlu diperhatikan bahwa ketinggian pot harus disesuaikan dengan karakter akar pohon. Jangan sampai akar yang tumbuh justru merusak struktur pot atau bangunan di sekitarnya.

Wah! ternyata menanam pohon juga harus memperhatikan estetika, ya. Melalui tips-tips di atas, semoga taman rumah Anda juga akan semakin nyaman untuk ditempati.

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.