Desain Restoran Cepat Saji Kontemporer yang Bikin Nongkrong Makin Asyik

desain restoran cepat saji

Lagi nyari tempat nongkrong yang asyik? 

Gerai McDonald’s Boulevard Barat bisa jadi pilihan yang tepat. Jika dibandingkan dengan gerai-gerai McDonald’s pada umumnya, gerai McDonald’s ini menawarkan suasana yang tak biasa. Desain restoran cepat saji Boulevard Barat dirancang ramah lingkungan dengan nuansa kontemporer yang kental. Tertarik untuk melihatnya? 

Desain Restoran Cepat Saji yang Ramah Lingkungan

Anyaman sintetis yang artistik sekaligus ramah lingkungan karya Aaksen Responsible Aarchitecture via Arsitag

Pemanasan global dan kerusakan lingkungan menjadi isu yang hangat dibicarakan saat ini. Nah, berkaitan dengan kedua isu tersebut, McDonald’s Indonesia berkomitmen turut ambil bagian menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik. Salah satu aksi nyata McDonald adalah dengan membangun gerai yang ramah lingkungan

Untuk fasadnya, gerai McDonald’s ini menggunakan anyaman sintetis dari material ramah lingkungan. Tak hanya sebagai dekorasi, anyaman sintetis ini juga berfungsi sebagai sun shading. Keberadaan sun shading ini akan menangkal cahaya matahari sehingga suhu di bagian dalam gerai McDonald’s menjadi lebih sejuk. 

Panel surya dan balkon dari plat daur ulang karya Aaksen Responsible Aarchitecture via Arsitag

Selain anyaman sintetis yang ramah lingkungan, balkon restoran cepat saji ini juga menggunakan material daur ulang. Balkon dibangun dengan memakai plat-plat yang 80% berasal dari material daur ulang. 

Gerai ini juga menerapkan teknologi ramah lingkungan dengan penggunaan panel surya. Terdapat 35 modul solar PV  yang terdiri dari 7 panel Bi-Facial dan 28 Monofacial yang setara dengan 469,08 MWh dan bisa menghemat penggunaan listrik sampai 15%.

Desain Area Outdoor yang Sejuk

Makin asyik nongkrong di area outdoor gerai McDonals’s karya Aaksen Responsible Aarchitecture via Arsitag

Nongkrong di area outdoor jadi pilihan favorit banyak orang. Untuk itulah, tim Aaksen Responsible Aarchitecture merancang area hijau yang benar-benar nyaman untuk nongkrong. Pohon-pohon berukuran cukup besar ditanam di area outdoor dan spot-spot makan diletakkan di sekelilingnya. Pada batang-batang pohon ditambahkan pula tanaman kadaka yang semakin menyejukkan suasana. Tanaman ini adalah salah satu jenis tanaman paku-pakuan dengan daun-daun yang panjang menjuntai.

Meja-meja makan di bawah pepohonan di area outdoor gerai karya Aaksen Responsible Aarchitecture via Arsitag

Desain restoran cepat saji ini memang secara khusus dibuat dengan area resapan dan lahan hijau yang terbilang luas yakni sebesar 45% dari keseluruhan lahan bangunan. Area resapan air dan lahan hijau ini berfungsi untuk menampung air hujan dan juga untuk melestarikan air tanah. 

Desain Restoran Cepat Saji Kontemporer yang Bikin Nongkrong Makin Asyik

Elemen dekorasi geometris pada desain kontemporer karya Aaksen Responsible Aarchitecture via Arsitag

Tak hanya asyik nongkrong di area outdoor, bagian dalam gerai pun menawarkan suasana yang tak kalah menarik. Interior gerai mengusung desain kontemporer dengan elemen-elemen dekorasi yang bertema geometris. Elemen ini tak akan ditemukan di gerai-gerai McDonald’s lainnya lho. Jadi, benar-benar menawarkan suasana yang baru!

Warna-warna netral yang dipadukan dengan warna identitas McDonald’s karya Aaksen Responsible Aarchitecture via Arsitag

Desain kontemporer ini dipadukan dengan warna-warna netral dan tentu saja sentuhan warna merah dan warna kuning sebagai identitas warna gerai McDonald’s. Dengan desain dan warna-warna ini, gerai McDonald’s jadi terasa lebih kekinian, playful dan fresh namun tetap terasa hangat dan nyaman. 

Desain restoran cepat saji yang ramah lingkungan dan bikin nongkrong makin asyik ini merupakan gerai McDonald’s pertama yang mengusung desain baru dengan konsep ramah lingkungan. Di gerai ini, ada banyak material daur ulang yang dimanfaatkan baik untuk eksterior maupun interior gerai. Mulai dari plat untuk balkon, material anyaman sintetis, signage toilet dan mushola hingga ecobrick untuk pavement area parkir motor dan sebagian pagar pembatas. Ecobrick tak lain adalah material batu bata dan pavement yang terbuat dari sampah plastik. Adapun 2 kg ecobrick sebanding dengan mendaur ulang 88.000 lembar plastik sekali pakai. 

Nah, jadi penasaran pengen nongkrong di sini ‘kan? 

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram