Desain Lanskap Perumahan Minimalis yang Rapi dan Modern

lanskap perumahan minimalis

Kebanyakan pemilik rumah tentu menyukai perumahan yang asri, hijau, dan sejuk. Perumahan juga akan tampil lebih menarik sehingga menambah nilai jual ketika pemenuhan akan lingkungan yang hijau terpenuhi. Tak heran jika dewasa kini lanskap menjadi salah satu komponen yang diprioritaskan oleh developer. 

Jika Anda juga concern akan konsep hijau untuk hunian, perumahan Yve Habitat satu ini mungkin akan menjadi referensi yang disukai. Bagaimana tidak, perumahan yang dirancang oleh arsitek ternama, Andramatin dan desain lanskap oleh Ruang Hijau ini mampu mengharmonikan rumah minimalis dengan konsep green living

Seperti apa keunggulan lanskap perumahan Yve Habitat ini? Berikut sedikit ulasannya.

  1. Taman-Taman Publik Minimalis 
Taman Perumahan di YVE Habitat Karya PT. Ruang Hijau via Arsitag

Keberadaan taman publik di perumahan tentu sangat dibutuhkan. Taman menjadi ruang publik untuk warga berkumpul dan bersosialisasi. Oleh karenanya, suasana yang nyaman menjadi penting. 

Melalui konsep minimalis, desainer merancang taman yang tidak begitu banyak semak, namun tetap asri melalui pepohonan rindang yang banyak tersebar. Hamparan rumput yang datar juga memberi kesan luas dan selaras dengan bangunan rumah itu sendiri.

  1. Taman Rumah Sederhana
Taman Perumahan Karya PT. Ruang Hijau via Arsitag

Memiliki konsep bangunan minimalis, taman rumah yang diusung juga tidak begitu ‘heboh’ dengan ragam tanaman. Pohon berkarakter besar dan rindang dipilih untuk memberi aksen pada tampilan fasad rumah. Sedangkan, tanaman semak ditanam memassa sehingga memberi kesan hijau maksimal. 

  1. Kesan Clean dan Rapi
Taman Perumahan Minimalis Karya PT. Ruang Hijau via Arsitag

Melalui konsep minimalis sebagaimana bangunan rumah, lanskap perumahan Yve Habitat banyak memakai pola-pola geometris seperti garis lurus dan bentuk siku. Semak yang ditanam berjajar dengan hamparan rumput, menjadikan lanskap kawasan perumahan memiliki kesan clean dan rapi. 

  1. Perpaduan Landscape dan Hardscape
Taman Perumahan Yve Habitat Karya PT. Ruang Hijau via Arsitag

Hal yang menjadikan lanskap di perumahan Yve Habitat ini tetap atraktif dengan keharmonisan ialah perpaduan landscape dan hardscape-nya. Tampak dominasi hardscape memakai material alam seperti paving batu untuk jalur pedestrian serta batu kerikil untuk bordernya. Hal ini tidak hanya memberi kesan lebih natural, tetapi juga membuat kesatuan yang pas antara lanskap dengan konsep bangunan rumah.

  1. Lanskap Homogen yang Modern
Taman Perumahan Karya PT. Ruang Hijau via Instagram

Penggunaan tanaman yang tidak begitu banyak jenis memang seolah membuat perumahan ini terkonsep sebagai lanskap yang homogen. Hal tersebut tentu tetap menarik karena sesuai dengan gaya minimalis yang dikembangkan. Lanskap homogen ini juga tetap menjadikan perumahan tampil modern melalui desain yang sederhana namun estetik. Kelebihan lain dari konsep lanskap seperti ini ialah perawatan yang lebih mudah dan hemat.

  1. Teduh di Luar Ruang
Taman Perumahan Karya PT. Ruang Hijau via Instagram

Pilihan pohon menjadi penting untuk kawasan perumahan minimalis seperti pada Yve Habitat ini. Pohon dengan karakter rindang akan memberi kesan hijau maksimal diarea yang memang tidak banyak menggunakan tanaman lain. Namun, bukan berarti perumahan ini tidak memakai tanaman rimbun lainnya. Seperti pada area club house, semak tinggi dipilih menjadi pagar yang juga membuat kolam renang bak di hutan tropis yang teduh. 

Jika dilihat secara keseluruhan, lanskap di perumahan Yve Habitat ini memang sangat selaras dengan konsep arsitektur bangunannya. Konsep minimalis seperti ini nyatanya berhasil tampil estetik dengan kesan modern yang menarik.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram