Desain Rumah Modern Tropis Dengan Variasi Material Yang Kece

rumah modern tropis

Desain rumah modern tropis menghadirkan nuansa modern yang nyaman dan lega di tengah suasana tropis yang dikenal dengan udara panas dan kelembapan tinggi. Variasi penggunaan material plus penataan ruangan dalam hunian menjad salah satu kunci dalam menciptakan desain ini. Hal inilah yang tercemin dalam sebuah hunian hasil karya Erwin Kusuma yang berada di kota kembang, Bandung.

Fasad dengan Tampilan Modern

Fasad rumah dengan atap miring, Karya Erwin Kusuma via Arsitag

Hal pertama yang terlihat dari rumah modern tropis ini adalah bagian fasad yang menyambut setiap pengunjung.  Tipe atap miring yang dipergunakan identik dengan kesan modern yang saat ini dapat dengan mudah ditemukan. Penggunaan kisi-kisi horisontal di sebelahnya terlihat kontras dan seakan-akan membagi hunian menjadi dua bagian yang berbeda.

Detil Bata Ekspos pada Area Eksterior

Dinding bata ekspos 3 dimensi pada bagian depan hunian, Karya Erwin Kusuma via Arsitag

Material bata ekspos yang dipergunakan pada area eksterior memberikan tekstur kasar nan alami, plus sedikit sentuhan industrial pada hunian tersebut. Material alam ini dipasang menonjol untuk tampilan 3 dimensi yang menarik.  Dinding bata eskpos ini merupakan bagian dari tampilan depan hunian yang kontras dengan bagian lainnya, utamanya dari segi warna.

Open Space

Desain open space pada ruang keluarga dan ruang makan, Karya Erwin Kusuma via Arsitag

Konsep open space mendominasi hunian ini. Konsep ini memberikan ragam keuntungan, mulai dari tampilan yang terlihat luas, keleluasaan dalam bergerak, sirkulasi udara yang lancar, serta kemudahan dalam memantau aktivitas anggota keluarga lainnya. 

Rumah modern tropis ini membawa konsep tersebut lebih jauh, di mana desain yang terbuka tidak hanya terbatas pada area interior saja, namun juga menghubungkan antara dalam dan luar ruangan. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya bukaan seperti pintu ataupun jendela kaca besar yang memberikan pandangan langsung ke luar ruangan.

Furniture yang dipilih bergaya minimalis dengan berfokus pada perlengkapan rumah tangga yang essensial, namun tetap memiliki tampilan estetik baik dari segi bentuk ataupun desain. Semuanya dibalut dalam warna-warna netral nan hangat.

Pencahayaan Maksimal

Skylight sebagai sumber cahaya  di dapur, Karya Erwin Kusuma via Arsitag

Rumah modern tropis ini memastikan sumber cahaya alami dapat masuk dengan leluasa. Selain dengan bukan lebar berupa jendela di berbagai bagian hunian, penggunaan skylight juga tidak dilupakan. Dapur cantik ini dilengkapi dengan jendela kaca sebagai pada area backsplash dan juga skylight besar tepat di atasnya. 

Cahaya tersebut masuk dan menerangi ruangan dapur yang didominasi oleh kayu dalam balutan coklat muda yang ringan. Meja pada kitchen bar yang terbuat dari kaca memberikan kesan melayang yang modern. Penggunaan warna hitam pada dinding backsplash dan lis merah pada meja kitchen bar menghadirkan kotras menarik yang membuat ruangan menjadi lebih hidup.

Dominasi Kayu

Tangga kayu nan ringan, Karya Erwin Kusuma via Arsitag

Kayu menjadi material utama yang dipergunakan dalam hunian ini. Warna kayu cokelat muda nan hangat serta ringan dapat ditemukan pada berbagai elemen rumah mulai dari furniture hingga tangga. Penggunaan material yang sama ini mengikat desain hunian secara keseluruhan, namun tetap tidak terlihat membosankan berkat letupan-letupan tampilan dari ragam jenis material lainnya. Dominasi material alam berpadu dengan konsep hunian yang terbuka menegaskan konsep tropis yang disukai oleh pemiliknya.

Kamar Mandi Elegan

Paduan hitam dan kayu yang elegan, Karya Erwin Kusuma via Arsitag

Elegan menjadi kata yang tepat untuk menggambarkan kamar mandi dalam rumah modern tropis ini. Tidak seperti ruangan lainnya, warna hitam menjadi warna utama yang dipergunakan pada dinding ruangan. Letupan warna hadir dari wastafel tipe top-mount  dan vas bunga di salah satu sisinya. Tampilan yang reflektif dari ubin dinding kamar mandi dan wastafel dipadukan dengan meja kayu dalam warna cokelat tanah yang hangat. Hasilnya adalah tampilan elegan yang tidak membosankan.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Rahayu
AUTHOR
Rahayu
Seorang Penulis lepas selama lebih dari 5 tahun dan telah menulis berbagai jenis artikel dengan topik yang berbeda. Menyukai dunia freelance yang dinamis
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram