Inspirasi Taman Samping Rumah Minimalis yang Bikin Hunian Lebih Segar dan Asri

taman samping rumah minimalis

Masih memiliki space di samping rumah tentunya menjadi keuntungan tersendiri. Anda bisa menambah struktur bangunan untuk memperluas ruangan atau yang tak kalah menarik ialah dengan menjadikannya taman samping. 

Ya, taman tambahan di samping rumah akan menjadi ruang baru yang fungsional  sesuai dengan kebutuhan dan luasan yang tersedia. Jika areanya luas, Anda bisa membuat kolam renang atau taman barbeque. Jika sempit pun, jangan khawatir, karena taman untuk bersantai ataupun sekedar display juga bisa menjadi pilihan. 

Nah! sebagai referensi, berikut beberapa ide desain taman minimalis yang bisa dikreasikan agar hunian Anda lebih segar dan asri.

  1. Ruang Sempit menjadi Asri
Desain Proyek HHH House Karya Simple Projects Architecture via Arsitag

Taman samping yang sempit ini tetap bisa menjadi daya tarik dengan menjadikannya taman display tanaman tropis. Tak perlu banyak jenis tanaman, peletakkan tanaman jenis pisang hias atau Calathea sudah bisa mempresentasikan kesan tropis yang segar dan asri. 

Tentunya agar taman ini terekspos baik, dinding kaca atau jendela besar harus menjadi batas sehingga bisa dinikmati viewnya dari dalam ruangan.

  1. Taman Samping Luas menjadi Kolam
Kolam Modern Proyek S+I house Karya DP+HS Architects via Arsitag

Berbeda jika Anda memiliki taman samping yang cukup luas. Anda mungkin bisa lebih leluasa memanfaatkannya untuk ragam fungsi taman. Salah satu yang bisa dijadikan referensi ialah proyek S+I House yang membuat taman dengan kolam. 

Karakter alami dihadirkan tidak hanya dengan penempatan tanaman bambu jepang, tetapi juga unsur alam seperti batu dan kayu untuk hardscape-nya. Menambah suasana asri, fitur air berupa air mancur kecil ditempatkan pada kolam.

  1. Taman Jepang yang Minim Perawatan
Taman Kontemporer Karya Rakta Studio via Arsitag

Anda mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk merawat taman. Maka, solusi yang bisa menjadi pilihan ialah dengan membuat taman kering ala Jepang. Penggunaan batu dan kerikil menjadi ciri khasnya sehingga perawatan menjadi minim. Sedangkan, untuk tanaman, pohon bonsai adalah pilihan terbaik agar nuansa Jepang benar-benar kental terasa. 

  1. Kolam Renang di Taman Samping
Kolam Renang Samping Rumah Karya Mint DS via Arsitag

Menjadi begitu menarik ketika taman samping rumah Anda bisa dimanfaatkan secara maksimal. Semua anggota keluarga bisa memanfaatkannya bahkan bisa menjadi ruang berkumpul yang menyenangkan. 

Seperti desain taman samping rumah karya Mint DS di atas. Area sisa samping rumah yang masih begitu luas dijadikan taman dengan kolam renang. Unsur estetika yang unik dari taman ini dihadirkan pula melalui pemanfaatan dinding menjadi taman vertikal.

  1. Taman Teras untuk Bersantai
Desain Taman Rumah J House Karya y0 Architect via Arsitag

Menikmati secangkir teh sepulang kerja ditemani semilir angin tentu sangat menenangkan. Apalagi, hal itu bisa dilakukan di taman rumah yang cantik dan asri. Agar lebih nyaman, Anda bisa membuat taman samping layaknya sebuah teras dengan memasang ubin atau dek kayu. Jika diperlukan, atap kanopi juga bisa diaplikasikan pada area yang memang perlu teduhan.

  1. Taman Samping Estetik ala Skandinavian
Desain Taman Gaya Skandinavian Karya Dendy Darman via Arsitag

Jika Anda menyukai taman tematik, gaya skandinavian seperti pada referensi di atas bisa dicontoh. Taman samping yang dijadikan kolam renang ini tidak begitu luas, namun estetik dengan konsep yang kuat. Warna putih mendominasi untuk memberi kesan luas. 

Keberadaan tanaman hijau juga tentu tidak boleh dilupakan untuk memberi aksen dan nuansa asri. Konsep seperti ini sangat cocok untuk rumah-rumah minimalis yang tren bagi pasangan muda.

  1. Balkon Atas di Taman Samping
Desain Rumah Kontemporer Karya Rakta Studio via Arsitag

Konsep taman samping satu ini sangat menarik dan unik. Bagaimana tidak, area yang dimanfaatkan ialah pada dak atas dengan menyulapnya menjadi balkon layaknya taman atap. Sedangkan, untuk sisi taman bawahnya, pembuatan taman vertikal pada dinding pagar memberi kesan mewah dan elegan.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram