Ide Desain Kamar Kos Mungil yang Simpel Tapi Keren

Ide Desain Kamar Kos Mungil yang Simpel Tapi Keren | Foto artikel Arsitag

Kamar kos mungil yang penuh gaya, via youtube.com
 

Mahasiswa, karyawan, atau siapapun yang tinggal dengan menyewa kamar kos, biasanya mencari kamar tanpa tampilan yang menarik. Asal memiliki fasilitas yang cukup dan nyaman, maka tidak ada hal lain yang diperlukan. Padahal, meskipun hanya ditinggali sementara, desain kamar mungil yang personal bisa membuat Anda lebih nyaman tinggal di kosan. Jadi, alih-alih hanya pasrah dengan desain kamar tidur minimalis yang disediakan oleh pengelola kos, bagaimana kalau Anda mencoba sedikit bereksperimen. Simak beberapa ide, tips, dan trik berikut ini untuk mengubah desain kos simpel Anda menjadi semakin menarik.

Ciptakan Ruang Lebih dengan Meninggikan Ranjang
Lofting bed untuk menciptakan ruang lebih, via thespruce.com

Lofting bed untuk menciptakan ruang lebih, via thespruce.com
 

Permasalahan yang kerap dihadapi anak kos adalah terbatasnya ruang yang tersedia. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan konsep loft. Anda hanya tinggal memposisikan ranjang menjadi lebih tinggi mendekati langit-langit. Tujuannya adalah untuk menciptakan ruang lebih di bawahnya. Anda bisa memanfaatkannya untuk meletakkan meja kerja atau sekadar koleksi buku di sana.

Manfaatkan Kolong Ranjang sebagai Tempat Penyimpanan
Kabinet penyimpanan di bawah ranjang, via saabfordelegate.com

Kabinet penyimpanan di bawah ranjang, via saabfordelegate.com
 

Jika membuat ranjang dengan konsep loft terlalu merepotkan, Anda masih bisa menggunakan ide lain, yakni meletakkan tempat penyimpanan di kolong ranjang. Laci-laci kecil tidak hanya cukup untuk menyimpan majalah dan buku, tetapi bahkan pakaian Anda.

Jadikan Ranjang sebagai Focal Point
Ranjang menjadi pusat di dalam ruangan, via expobikecolombia.co

Ranjang menjadi pusat di dalam ruangan, via expobikecolombia.co
 

Selain memberikan sentuhan personal ke dalam kamar kos, memilih satu objek sebagai pusat di dalam kamar atau focal point adalah hal yang tidak kalah penting. Ranjang misalnya, bisa Anda tata sedemikian rupa dengan memilih seprai cantik atau sarung bantal yang lucu sebagai pemanis. Selain nyaman untuk beristirahat, ranjang ini akan mengalihkan pandangan orang saat pertama kali memasuki kamar kos Anda.

Baca Juga: 7 Ide Cerdik Mengisi Dinding Kosong di Kamar Tidur Minimalis Anda via Kumparan.com

Jangan Ragu Memberikan Sentuhan Personal
Letakkan benda spesial yang akan mengingatkan Anda pada rumah, via homebnc.com

Letakkan benda spesial yang akan mengingatkan Anda pada rumah, via homebnc.com
 

Meski statusnya adalah tempat tinggal sementara, jangan biarkan kamar kos Anda terasa asing. Langkah agar kamar kos terasa nyaman seperti di rumah sendiri adalah dengan memberikan sentuhan personal. Bisa dengan memajang foto-foto anggota keluarga, hewan peliharaan, atau membawa pajangan yang akan mengingatkan Anda pada hangatnya rumah.

Gunakan Perabotan dengan Kaki Terbuka
Pilih perabotan dengan kaki-kaki yang terbuka, via bedsonlegs.co.uk

Pilih perabotan dengan kaki-kaki yang terbuka, via bedsonlegs.co.uk
 

Trik berikutnya yang bisa Anda coba untuk membuat ruangan terasa lebih luas adalah dengan membeli perabotan yang memiliki kaki terbuka. Jadi, alih-alih sofa yang terlihat padat dan penuh, pilihlah kursi kayu dengan kolong terbuka. Anda juga bisa memilih meja kerja dengan desain serupa untuk memberikan efek lega ke dalam kamar kos Anda.

Pilih Lampu Dekorasi untuk Pemanis
Manfaatkan lampu sebagai dekorasi untuk mengatur mood di dalam kamar, via kaodim.sg

Manfaatkan lampu sebagai dekorasi untuk mengatur mood di dalam kamar, via kaodim.sg
 

Meski Anda memerlukan lampu terang untuk belajar atau memeriksa dokumen, ada kalanya Anda juga hanya ingin bersantai di dalam kamar. Mengatur mood agar suasana hati lebih tenang bisa dilakukan dengan memilih pencahayaan. Anda bisa memilih lampu-lampu kecil yang berkelap-kelip di dinding, atau  sebuah chandelier DIY yang manis di langit-langit kamar. Pilih gaya apapun yang menurut Anda paling keren dan sesuai dengan selera.

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."