Arsitektur Rumah Minimalis Modern Mewah yang Rapi Nan Elegan

Arsitektur Rumah Minimalis Modern Mewah yang Rapi Nan Elegan | Foto artikel Arsitag

YY Residence, hunian bergaya minimalis modern di Bali, karya Hadivincent Architect, via Arsitag


 

Gaya minimalis kerap dihubungkan dengan sesuatu yang sederhana. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan desain rumah mewah bergaya minimalis. Ada banyak sekali arsitektur rumah minimalis modern yang tetap menghadirkan suasana yang megah sekaligus elegan. Salah satunya adalah YY Residence.

Selesai dikerjakan pada tahun 2017 silam, hunian pribadi yang ada di Kota Denpasar ini menghadirkan beragam ciri khas yang diusung oleh rumah bergaya minimalis modern. Seperti apa tampilan rumah yang dirancang oleh Hadivincent Architect ini? Yuk, langsung simak ulasannya!

Hunian dengan Bentuk dan Fungsi yang Sederhana
Bentuk dan fungsi yang sederhana, ciri khas hunian minimalis modern oleh Hadivincent Architect, via Arsitag

Bentuk dan fungsi yang sederhana, ciri khas hunian minimalis modern oleh Hadivincent Architect, via Arsitag
 

Ciri khas pertama dari rumah minimalis modern bisa kita lihat dari bentuknya. Alih-alih menggunakan detail yang rumit, rumah-rumah dengan gaya minimalis modern cenderung mudah dieksekusi dan efisien. Bentuk dindingnya simpel dengan cahaya alami yang menonjol.

Semua elemen itu bisa Anda temukan pada YY Residence. Dari bagian depan, Anda bisa melihat bagaimana bentuk geometri yang polos tampil mendominasi. Tidak hanya pada bentuk jendela, tetapi juga pola pada pagarnya.
 

Baca juga: Desain Hunian Minimalis Mewah di Cibubur yang Memesona
 

Pemilihan Warna-warna Netral di Bagian Dalam Maupun Luar
Tampak bagian depan YY Residence di Bali, karya Hadivincent Architect, via Arsitag

Tampak bagian depan YY Residence di Bali, karya Hadivincent Architect, via Arsitag
 

Seperti yang bisa Anda lihat, bagian eksterior YY Residence hadir dengan warna-warna yang cenderung netral. Ini merupakan ciri khas gaya minimalis yang tentu sudah Anda ketahui. Warna-warna seperti putih, hitam, hingga abu-abu menjadi bagian yang menyusun interior maupun eksterior hunian ini.

Taman dalam rumah yang dilengkapi dekorasi alam Bali serta tumbuhan hijau yang mengelilingi menjadi daya tarik lain yang membuat rumah semakin semarak.

Tampilan Cladding dan Finishing Dinding yang Simpel Namun Tetap Menarik
Cladding di YY Residence di Bali, karya Hadivincent Architect, via Arsitag

Cladding di YY Residence di Bali, karya Hadivincent Architect, via Arsitag
 

Salah satu cara yang kerap dilakukan oleh desainer ketika membuat rumah bergaya minimalis adalah menghadirkan elemen yang bisa menghilangkan kesan monoton. Warna hitam dan putih misalnya, cenderung membosankan jika tidak dieksekusi dengan baik.

Di YY Residence, Hadivincent Architect mengakalinya dengan penggunaan cladding dan finishing yang simpel, tetapi tetap memberikan tampilan menarik. Cladding sendiri merupakan istilah yang merujuk pada proses pemasangan material tertentu di bagian dinding untuk membuat tekstur desainnya menjadi lebih kaya.

Di hunian ini, cladding dilakukan dengan menempelkan material berupa batu alam yang kasar. Cladding ini bisa Anda temukan dari luar sampai ke dalam rumah. Ini membuat tampilan rumah secara keseluruhan menjadi semakin estetik.

Cahaya Alami dan Langit-langit yang Tinggi Berikan Kesan Airy
Taman di area rumah karya Hadivincent Architect, via Arsitag

Taman di area rumah karya Hadivincent Architect, via Arsitag
 

Keistimewaan lain yang dimiliki YY Residence adalah bagaimana desainer memadukan langit-langit yang tinggi dengan sumber cahaya alami yang dominan ke dalam bangunan. Taman di area dalam rumah dan jendela-jendela kaca yang besar memungkinan sinar matahari masuk dengan leluasa ke dalam rumah. Ini memberikan kesan airy sekaligus lega ke dalam hunian.
 

Baca juga: Desain Arsitektur Rumah dengan Teras Semi-outdoor Super Kece
 

Langit-langit yang tinggi dan dinding-dinding kaca, karya Hadivincent Architect, via Arsitag

Langit-langit yang tinggi dan dinding-dinding kaca, karya Hadivincent Architect, via Arsitag
 

Membangun rumah idaman memang membutuhkan banyak pertimbangan. Jika Anda ingin mewujudkan desain rumah minimalis modern yang cantik seperti YY Residence ini, jangan ragu berkonsultasi dengan arsitek profesional untuk hasil yang maksimal.

Baca juga:Desain Rumah Minimalis Inspiratif

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."