8 Desain Interior Ruang Tamu Cantik dengan Sentuhan Etnik

8 Desain Interior Ruang Tamu Cantik dengan Sentuhan Etnik | Foto artikel Arsitag
Cover: Kembang Murni House Karya Raw Architecture (Sumber: arsitag.com)

Di era modern dan minimalis ini, sentuhan etnik di dalam rumah menjadi sebuah personality si empu-nya. Meski lahan sempit, namun para pecinta seni dan budaya tak kehabisan akal. Muncullah desain rumah etnik sederhana yang kian lama kian menjamur, mulai dari sekadar menggunakan sofa bercorak batik hingga memasang topeng khas Bali di dinding rumah.

Jika Anda menghendaki suasana ruang tamu dengan sentuhan etnik yang eksotis, 8 contoh desain interior ini bisa jadi inspirasi untuk rumah Anda.

Ruang Tamu Modern dengan Sentuhan Jawa

Ruang Tamu Modern dengan Sentuhan Jawa (Sumber: rooang.com)

Ruang Tamu Modern dengan Sentuhan Jawa (Sumber: rooang.com)

Jika Anda menghendaki desainrumah etnik modern, Anda masih bisa memberikan sentuhan etnik tanpa menghilangkan kesan modern rumah Anda lewat perabotan seperti lemari ukir Jepara dan sarung bantal sofa yang bercorak batik. Patung kayu di kedua sisi pintu masuk juga akan membuat suasana ruang tamu tradisional Jawa Anda semakin terasa.

Ruang Tamu dengan Sentuhan Timur Tengah

Saman House Karya Platform Architect (Sumber: arsitag.com)

Saman House Karya Platform Architect (Sumber: arsitag.com)

Desain rumah etnik sederhana milik Saman House Pantai Indah Kapuk ini juga bisa Anda jadikan referensi. Agar ruangan tak terasa terlalu kosong, Anda bisa meletakkan karpet ala Timur tengah dengan sebuah cermin bulat yang coraknya sekilas tampak mirip dengan mahkota raja-raja Mesir.

Ruang Tamu dengan Sentuhan Bali

Desain Ruang Tamu Ala Bali (Sumber: infobisnisproperti.com)
Desain Ruang Tamu Ala Bali (Sumber: infobisnisproperti.com)

Bali selalu identik dengan corak kotak-kotak caturnya. Untuk memberikan nuansa ala Bali Anda bisa menambahkan corak serupa untuk taplak meja, sarung bantal kursi atau ornamen kecil di ruang tamu Anda. Jangan lupa tambahkan lukisan kecak atau lansekap Bali untuk membuat suasana Bali lebih terasa di rumah Anda.

Ruang Tamu ala Keraton

Ruang Tamu Ala Keraton (Sumber: jalanjalanalafery.blogspot.co.id)

Ruang Tamu Ala Keraton (Sumber: jalanjalanalafery.blogspot.co.id)

Desain keraton yang detail dan didominasi aneka ukiran kayu akan membuat rumah Anda yang kecil tetap terasa megah dan berkelas. Anda bisa meniru ruang tamu ala keraton Yogyakarta ini. Furnitur ukir, patung dan cermin besar akan membuat ruang tamu Anda terasa seperti Keraton sungguhan.

Ruang Tamu Bergaya China

Ruang Tamu Bergaya Tionghoa (Sumber: blog.griyapontianak.com)

Ruang Tamu Bergaya Tionghoa (Sumber: blog.griyapontianak.com)

Sebagai salah satu etnis yang sudah menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia setelah sekian lama, pengaruh interior Tionghoa sudah menyebar hampir ke seluruh Nusantara. Keramik hias dan cangkir-cangkir ala Tiongkok digunakan hampir oleh seluruh masyarakat Indonesia. Jika menginginkan suasana Tionghoa yang kental di ruang tamu Anda, selain dengan memajang vas keramik, Anda bisa menambahkan berbagai dekorasi seperti lukisan dan ornamen-ornamen berwarna merah menyala.

Ruang Tamu Ala Betawi

Ruang Tamu ala Betawi (Sumber: arsitag.com)

Ruang Tamu ala Betawi (Sumber: arsitag.com)

Sifat orang Betawi yang sangat terbuka dan mudah menerima perbedaan tergambar jelas pada bentuk rumah mereka. Orang Betawi biasanya menyambut tamu di teras rumahnya yang terbuka. Kursi-kursi kayu yang berbentuk setengah lingkaran merupakan salah satu ciri arsitektur ala Betawi yang bisa Anda terapkan di ruang tamu Anda.

Ruang Tamu dengan Sentuhan India

Desain Ruang Tamu Ala India (Sumber: rumahku.com)

Desain Ruang Tamu Ala India (Sumber: rumahku.com)

Meskipun Anda tidak memiliki darah India, tema budaya India yang penuh warna bisa saja Anda aplikasikan ke ruang tamu Anda. Gunakan warna merah dengan kombinasi warna alami seperti putih atau cokelat. Warna merah bisa ditampilkan dalam komponen pengisi ruangan seperti sofa atau karpet untuk membuat suasana lebih hidup dan cerah.

Desain Ruang Tamu Minimalis Ala Jepang

Ruang Tamu Minimalis Ala Jepang (Sumber: desainruangtamu.blogspot.co.id)

Ruang Tamu Minimalis Ala Jepang (Sumber: desainruangtamu.blogspot.co.id)

Jika menginginkan suasana yang lebih santai untuk para tamu Anda, desain ruang tamu lesehan ala Jepang ini bisa Anda tiru. Dengan dinding, lantai, plafon kayu ditambah pintu geser yang memisahkan satu ruangan dengan ruang lain, tamu Anda akan dapat menikmati suasana santai ala Negeri Matahari Terbit itu.

Baca juga:

Desain Interior Ruang Tamu Tanpa Kursi Yang Cantik Dan Kreatif

Inspirasi Desain Interior Ruang Tamu Keren Untuk Apartemen Baru Anda

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."