9 Inspirasi Gorden Jendela yang Sederhana Tapi Cantik

9 Inspirasi Gorden Jendela yang Sederhana Tapi Cantik | Foto artikel Arsitag

Gorden kamar tidur 11A Residence, hunian karya Sontani Partners, via arsitag.com

Sebagai material yang tergantung di bidang vertikal ruangan, gorden tentunya akan menarik pandangan. Oleh karena itu, memilih desain gorden sepatutnya memperhatikan keserasian dengan tema interior. Apakah Anda sedang bingung memilih model gorden jendela yang minimalis? Kali ini Arsitag akan membagikan hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum memilih desain gorden yang pas untuk rumah.

Khusus untuk Anda yang berniat mengganti gorden jendela kamar atau ruang tamu Anda, beberapa ide berikut ini layak menjadi inspirasi!

Gorden Tipis atau Transparan
Gorden transparan, via elledecor.com

Gorden transparan, via elledecor.com
 

Sebelum memilih bahan gorden ruang tamu misalnya, cobalah untuk mempertimbangkan intensitas sinar matahari yang memasuki ruangan. Jika jendela Anda langsung menghadap ke arah cahaya matahari, sebaiknya hindari gorden dengan warna cerah karena cenderung mudah memudar. Sebagai gantinya, pasangi jendela dengan gorden tipis berbahan transparan dengan warna pastel.

Gorden Bercorak
Gorden bercorak untuk jendela kecil, via elledecor.com

Gorden bercorak untuk jendela kecil, via elledecor.com
 

Untuk menonjolkan keberadaannya, Anda bisa menggunakan kain bercorak untuk gorden jendela kecil Anda. Selain akan menarik perhatian, gorden dengan corak berpola akan menjadi dekorasi tambahan bagi keseluruhan ruangan. Jangan lupa, pilih kain yang senada dengan aksesori lain di dalam ruangan.

Gorden yang Matching dengan Furnitur
Gorden dengan warna senada dengan sofa, via elledecor.com

Gorden dengan warna senada dengan sofa, via elledecor.com
 

Menyeragamkan gorden dengan nuansa di dalam rumah adalah salah satu ide yang bagus untuk mempercantik ruangan. Hal inilah yang diterapkan oleh desainer sebuah rumah di Bridgehampton, New York . Gorden minimalis mewah akan semakin menunjang tampilan ruang tamu yang elegan. Desainer menyeragamkan gorden dengan warna sofa sehingga tampak serasi.
 

Baca juga: Bagaimana Cara Mendekorasi Ruang Tamu agar Kelihatan Stylish
 

Gorden Monokrom
Gorden monokrom, via elledecor.com

Gorden monokrom, via elledecor.com
 

Bagi sebagian orang, monokrom masih menjadi salah satu cara mendapatkan kesan minimalis yang tidak ketinggalan zaman. Inilah yang dilakukan oleh desainer master suit Upper East Side ini. Gorden minimalis modern berpadu dengan dekorasi interiornya yang simpel.

Gorden dengan Warna Biru Terang
Gorden dengan warna biru terang di ruangan serba biru, via elledecor.com

Gorden dengan warna biru terang di ruangan serba biru, via elledecor.com
 

Meskipun Anda sudah memiliki dinding berwarna cerah, bukan berarti Anda tidak bisa memasang gorden dengan nuansa senada. Di ruang tamu yang serba biru ini, gorden dengan warna biru gelap tetap memberikan aksen khusus yang melengkapi suasana semakin hidup.

Gorden dengan Nuansa Cerah
Gorden dengan nuansa cerah, via elledecor.com

Gorden dengan nuansa cerah, via elledecor.com
 

Tirai yang cerah ini memancarkan nuansa buah kesukaan kita di musim panas. Keberadaannya memberikan kesan unik dan penuh semangat ke dalam ruangan. Dibuat dengan bahan yang tebal, tirai ceria ini sangat ideal untuk membuat ruangan menjadi lebih gelap atau sejuk.

Gorden dengan Tema Technicolor Geometrics
Gorden dengan tema technicolor geometrics, via elledecor.com

Gorden dengan tema technicolor geometrics, via elledecor.com
 

Dalam rumah Palm Springs bekas milik animator Walt Disney ini, suasana art deco diciptakan oleh sang desainer melalui kumpulan warna yang nyentrik. Tirai geometris sengaja menggunakan warna-warna yang merepresentasikan warna palet khas Mickey Mouse. Tampak menyenangkan dan sangat cocok dengan aksesori lainnya di ruang berwarna dasar putih.
 

Baca juga: Cara Kreatif Menata Dekorasi Tanaman Hias di Dalam Rumah
 

Gorden dengan Warna Ombre
Gorden dengan warna ombre, via pinterest.com

Gorden dengan warna ombre, via pinterest.com

Jika model tirai yang biasa terasa membosankan, mungkin Anda bisa meniru ide yang diterapkan di sebuah apartemen di Kota New York ini. Gorden sutra keluaran Jim Thompson membawa kesan berbeda sekaligus menambahkan nuansa hidup ke dalam apartemen.

Gorden dengan Corak Kotak-kotak
Gorden kotak-kotak, via hymnandverses.com

Gorden kotak-kotak, via hymnandverses.com
 

Corak kotak-kotak merupakan pattern yang tidak ada matinya. Selain digunakan untuk pakaian, corak kotak-kotak hitam putih pun nyatanya cukup manis menjadi dekorasi penutup jendela. Ruangan minimalis Anda akan tampil lebih menarik dengan menambahkan gorden cantik seperti ruangan di atas.

Tentukan apakah Anda menginginkan gorden bermotif atau polos. Kemudian, pastikan pemilihan motif dan warna yang serasi dengan tema ruangan. Ssst, ada trik menarik yang patut Anda coba. Menggantung gorden setinggi langi-langit hingga menyentuh lantai efektif memunculkan ilusi ruangan terlihat lebih tinggi, lho. Selamat mencoba!

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."



Hubungi ARSITAG