Cantiknya Desain Kotak-kotak dan Warna Cerah yang Memanjakan Mata

Cantiknya Desain Kotak-kotak dan Warna Cerah yang Memanjakan Mata | Foto artikel Arsitag

Rumah kotak-kotak unik karya Sibling Architecture. // via archdaily.com
 

Sedang mencari rumah pertama? Semakin mahalnya harga properti dan keterbatasan lahan di perkotaan, membuat milenial dan keluarga muda menghadapi kesulitan untuk memiliki hunian. Menurut fakta yang dilansir dari Kumparan.com, hampir 60% konsumen di usia 26-45 tahun menempati hunian dengan luas bangunan sekitar 30-60 meter persegi. Di sisi lain, data ini menunjukkan bahwa minat masyarakat untuk tetap memiliki rumah tapak masihlah tinggi.

Tak hanya di Indonesia, keluarga muda di Melbourne, Australia pun cenderung mencari rumah di pinggiran kota dengan ukuran lebih kecil. Walaupun mungil, rumah semestinya tetap dibangun dengan mempertimbangan banyak aspek fungsionalitas dan kenyamanan. Seperti rumah yang dibangun pada abad pertengahan ke-20, yang lebih memaksimalkan ruang untuk meminimalisasi pengeluaran. Yakni, melalui penggunaan material yang tepat guna dan hasil yang minimalis.

Contohnya saja, adalah rumah dengan desain kotak-kotak yang sangat unik berikut ini. Cocok untuk menjadi inspirasi rumah mungil yang sangat pas ditempati oleh keluarga muda masa kini. Mau melihat seperti apa detail desainnya?

Konsep ruang terbuka
Ruang terbuka tanpa sekat karya Sibling Architecture. // via archdaily.com

Ruang terbuka tanpa sekat karya Sibling Architecture. // via archdaily.com
 

Penghuni dari rumah kotak ini sangat tertarik untuk mengeksplorasi konsep rumah bergaya mid-century modern dalam proses renovasi rumah mereka. Konsep arsitektur utamanya adalah dengan membuka seluruh isi rumah hingga ke taman belakang. Kemudian, memaksimalkan bukaan agar sinar matahari pagi dapat masuk dengan maksimal. Ruang tamu utama pun dipindahkan ke ruang terbuka yang dipenuhi dengan sinar matahari. Konsep ruang terbuka ini memungkinkan kita untuk melihat keseluruhan ruangan di dalam rumah saat membuka pintu utama. Cara ini pun membuat aliran udara di dalam rumah mungil lebih baik.

Baca juga: 7 Trik Ampuh Bikin Dapur Mungil Terasa Nyaman Maksimalvia Kumparan.com
 

Dapur di tengah ruangan dengan rak gantung unik
Dapur terbuka dengan rak gantung unik karya Sibling Architecture. // via archdaily.com

Dapur terbuka dengan rak gantung unik karya Sibling Architecture. // via archdaily.com
 

Sebagai keluarga muda dengan ruang yang relatif kecil, penghuni tahu persis bagaimana mereka ingin ruang tersebut nantinya beroperasi. Seperti dapur yang terletak di bagian tengah rumah yang langsung bersebelahan dengan meja makan minimalis. Dapur pun dibuat dengan desain terbuka, sehingga membuat ruangan tampak lebih luas. Luas dapur pun terbilang mungil, menyesuaikan dengan kebutuhan dari keluarga mungil ini.

Untuk rak penyimpanan, penghuni memanfaatkan tipe rak gantung yang sangat praktis dan menghemat ruang. Rak ini pun menjadi focal point ruangan dengan penutup berbentuk grid kotak-kotak merah dan rangka rak berwarna kuning yang atraktif. Sangat merepresentasikan desain interior kotak-kotak yang menjadi tema utama.

Aksen grid kotak-kotak dengan warna cerah
Grid kotak-kotak dengan warna cerah karya Sibling Architecture. // via archdaily.com

Grid kotak-kotak dengan warna cerah karya Sibling Architecture. // via archdaily.com
 

Grid kotak-kotak digunakan sebagai struktur dan permukaan yang membingkai dan mengatur seluruh kegiatan rumah tangga sehari-hari. Selain itu, unsur kotak-kotak di seluruh rumah ini menggunakan warna-warna yang cerah, sehingga menambah keceriaan pada rumah. Mulai dari bagian fasad hingga ke bagian dalam, semua ditambahkan aksen grid yang menjadikan tema keseluruhan rumah lebih serasi. Sentuhan desain interior warna cerah yang diterapkan di seluruh ruangan, bermanfaat meminimalisasi kebosanan yang mungkin timbul setelah pemakaian hunian jangka panjang. 

Baca juga: Desain Apartemen Kontemporer Bernuansa Pastel Super Imut di Jepang
 

Grid kotak-kota di kamar mandi karya Sibling Architecture. // via archdaily.com

Grid kotak-kota di kamar mandi karya Sibling Architecture. // via archdaily.com
 

Bagaimana? Rumah mungil bukan lagi alasan untuk Anda tidak bisa mendapatkan hunian yang nyaman, ‘kan? Jadikan desain rumah kotak-kotak yang sangat unik dan out of the box ini sebagai inspirasi bagi Anda. Kemudian, pastikan desain rumah sudah sesuai dengan karakter dan kebutuhan Anda sebagai keluarga muda. Tak perlu mengeluarkan budget yang mahal untuk membeli rumah yang besar. Dengan budget terbatas pun, Anda sudah bisa mendapatkan rumah dengan desain yang menarik, nyaman, sekaligus fungsional. Namun ingat, gunakan kreativitas dan sesuaikan luas bangunan dengan kebutuhan ruang.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.



Hubungi ARSITAG