Co-working Space, Tempat Kerja yang Menyenangkan

Co-working Space, Tempat Kerja yang Menyenangkan | Foto artikel Arsitag
Cover : WeWork Co-working Space di Shanghai, China (Sumber: www.officelovin.com)

Apa sih itu co-working space? Co-working space adalah sebuah tempat di mana dalam ruangan tersebut terdapat beberapa entrepreneur yang berbagi ruangan tersebut dan dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan seperti untuk meeting, seminar, kerja, pertemuan dan lainnya.
 

Pasar baru mansion karya Ari Wibowo (Sumber: arsitag.com)Pasar baru mansion karya Ari Wibowo (Sumber: arsitag.com)
 

Dengan memanfaatkan co-working space, para pelaku startup tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk menyewa sebuah kantor. Co-working space saat ini tidak hanya menawarkan tempat dan fasilitas untuk bekerja, tetapi juga menyediakan satu hal penting lagi: networking! Co-working space memberikan peluang pada para pelaku usaha di dalamnya untuk saling berinteraksi satu sama lain.

Untuk Anda yang sedang ingin membuat bisnis co-working space, Anda tidak bisa sembarangan menjalankannya supaya bisnis co-working space tersebut bisa sukses. Apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut adalah penjelasannya.
 

WeWork Co-working Space di Shanghai, China (Sumber: www.officelovin.com)WeWork Co-working Space di Shanghai, China (Sumber: www.officelovin.com)
 

Mengetahui Konsep Co-working Space dengan Benar

Co-working space merupakan sebuah tempat atau ruang untuk bekerja (kantor) yang digunakan secara bersama-sama dengan berbagai akomodasi yang ada untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Co-working space bersifat terbuka, maka pengguna yang sedang bekerja bisa duduk bersebelahan dengan orang dari perusahaan berbeda.

Co-working space harus bisa menciptakan suasana hidup layaknya sebuah komunitas. Siapa saja member yang ada di sana dan suasana yang tercipta di ruang itu harus turut menyumbang sukses tidaknya usaha ini.
 

WeWork Co-working Space di Shanghai, China (Sumber: www.officelovin.com)WeWork Co-working Space di Shanghai, China (Sumber: www.officelovin.com)
 

Memilih Lokasi dan Bangunan yang Tepat

Bisnis co-working space bisa memiliki prospek yang besar jika berlokasi mendekati daerah bisnis. Untuk bangunannya sendiri, Anda bisa memilih ruko, bangunan kantor, ataupun rumah. Pastikan harus tersedia lapangan parkir yang cukup dan akses yang mudah.
 

Meeting room di WeWork, Seattle (Sumber: www.officelovin.com)Meeting room di WeWork, Seattle (Sumber: www.officelovin.com)
 

Tambahkan Layanan dan Fasilitas

Layanan dan fasilitas yang ada pada co-working space harus sangat dicermati. Co-working space harus mempunyai fasilitas yang mendukung proses kerja penghuninya seperti auditorium, ruang rapat, dan lainnya. Ruangan seperti itu bisa dipakai untuk aktivitas komunitas, seperti peluncuran produk, seminar, talk show, atau presentasi dengan investor. Lengkapi juga co-working space dengan pantry, jumlah kamar mandi yang cukup, hingga internet yang kencang.
 

Meeting room di WeWork, Seattle (Sumber: www.officelovin.com)Meeting room di WeWork, Seattle (Sumber: www.officelovin.com)
 

Kelebihan Co-working Space

  1. Lingkungan kerja yang kondusif
  2. Berbagi wawasan dengan penghuni lain
  3. Membangun komunitas dan membuka peluang bisnis lain
  4. Masuk ke dalam radar media
  5. Mendapatkan semua yang dibutuhkan untuk bekerja
     
CoWorkInc Kemang (Sumber: manual.co.id)CoWorkInc Kemang (Sumber: manual.co.id)
 

Contoh Co-working Space di Jakarta

CoWorkInc

CoWorkInc merupakan sebuah co-working space yang diluncurkan pada tahun 2015. Tidak hanya untuk startup, CoWorkInc juga terbuka untuk freelancer, komunitas, dan penggiat dari beragam industri lainnya. CoWorkInc ini mempunyai luas 350 meter persegi. CoWorkInc menyediakan ruang kerja seluas 200 meter persegi, dua ruang rapat (untuk 6 hingga 8 orang), loker, kafe (bekerja sama dengan Common Grounds Coffee), Wi-Fi, serta fasilitas penunjang lainnya. Terkait tarif, CoWorkInc menerapkan paket per dua jam, harian dan bulanan.

Alamat: WIMO Building, 3rd floor. Jl. Kemang 1 no. 7, Jakarta 12730 | Senin-Sabtu, pada pukul 09.00-21.00 WIB
 

EV Hive Jakarta (Sumber: www.evhive.co)EV Hive Jakarta (Sumber: www.evhive.co)
 

EV Hive

Co-working space milik perusahaan VC East Venture ini diluncurkan pada awal Juni 2015. Dengan luas 250 meter persegi, EV Hive menyediakan dua tipe ruang kerja, yaitu private space dan shared place. Private space biasanya diperuntukan bagi startup dengan kapasitas sekitar 10 bangku. Sedangkan, untuk shared space memiliki ruangan yang lebih luas meliputi indoor dan outdoor.

EV Hive menyediakan berbagai fasilitas seperti Wi-Fi, ruang rapat, loker pribadi, hingga minuman gratis. EV Hive juga rutin mengadakan berbagai acara seperti meetup untuk para startup. EV Hive menerapkan biaya harian dan berlangganan bulanan untuk para penggunanya.

Alamat: Gedung Maja Lt. 2, Jl. Kyai Maja no. 39, Jakarta Selatan | Senin-Jumat, pada pukul 09.00 – 18.00 WIB

Untuk Anda yang sedang mencari jasa arsitek dan desainer interior untuk co-working space Anda atau ingin mencari inspirasi desain, kunjungi Arsitag.com

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa was born in Jakarta 9th April 1994. She graduated from University of Indonesia in 2016, majored in German Language and Studies. She really loves to read about anything, from novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different topics and now she currently works as a Content Writer.

RELATED ARTICLES