Trik Mendekorasi Dapur Mungil dengan Cara Simpel Namun Menawan

dekorasi dapur mungil

Dapur mungil Anda terasa sesak dan kurang cantik? 

Memiliki dapur yang luas tentu menjadi impian semua orang. Namun, biaya renovasi dan kurangnya lahan yang dimiliki membuat penambahan ruang tak memungkinkan dan keinginan untuk memiliki dapur luas pun sulit terwujud. Padahal, ada beberapa cara mudah dan sederhana yang bisa membuat dapur mungil Anda terasa lebih cerah, luas, dan menawan, lho.

Yuk, simak tips dekorasi dapur mungil yang simpel berikut ini.

Dapur dengan kitchen island dan kabinet custom

Dapur sebagai jantung rumah dengan kitchen island multifungsi dan kabinet cutsom karya Naio via Arsitag

Dapur merupakan jantung dari sebuah rumah. Keberadaan dapur sangat penting untuk menunjang seluruh kebutuhan penghuninya. Seperti rumah ini yang mendesain dapur dengan sangat baik untuk mendukung berbagai aktivitas. Walaupun tidak terlalu besar, dapur mampu menampung berbagai keperluan memasak dan makan. 

Kitchen island putih diaplikasikan di tengah dapur dengan tambahan meja kayu sebagai meja makan minimalis. Kitchen island ini memiliki berbagai fungsi sekaligus, yaitu sebagai tempat untuk menyiapkan makanan, mencuci piring, sekaligus sebagai meja makan keluarga. Kursi rotan pun seperti melengkapi kesan natural dari dapur minimalis ini. 

Kitchen set dapur didesain dengan banyak sekat yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penghuni, mulai dari sekat untuk kulkas, microwave, dan sebagainya. Setiap barang pun seperti memiliki tempatnya masing-masing, sehingga ruangan terlihat rapi dan teratur. Tak ketinggalan, tambahan lighting emas di atas island menambah kesan modern dan mewah ke dalam dapur yang hanya didominasi oleh warna natural putih dan cokelat ini.

Baca juga: Yuk, Mengenal Tren Warna Cat Rumah Minimalis 2022 yang Sederhana Tapi Elegan

Menambahkan lukisan atau hiasan dinding

Dapur dengan hiasan dinding karya Studio Mahati via Arsitag

Dapur kecil juga bisa lho terlihat lebih fun dan estetik dengan menambahkan hiasan dinding seperti dapur yang satu ini. Hiasan dinding dari mural berwarna monokrom di dapur industrial ini benar-benar meningkatkan desain dapur yang monoton. Hiasan dinding ini pun menjadi aksen utama ruangan yang membuatnya terlihat lebih menawan. 

Tak hanya murah, Anda juga bisa meletakkan lukisan atau karya seni lainnya di area dapur untuk menambah kesan estetik dan artsy.

Ventilasi yang baik

Ventilasi dapur sekaligus tempat bersantai karya Aksioma Design via Arsitag

Keberadaan ventilasi di dapur kecil kerap dilupakan karena sedikitnya ruang yang tersedia. Padahal, tanpa ventilasi yang baik, akan banyak masalah yang muncul di dapur seperti kepulan asap, dapur yang bau, minyak yang menempel, hingga kesan sumpek. Agar dapur kecil terasa lebih lapang, tambahkan bukaan atau ventilasi yang baik di sekitarnya. 

Tak hanya berfungsi sebagai sirkulasi udara, bukaan ini juga penting untuk memberikan cahaya alami ke dalam dapur mungil agar terlihat lebih luas dan segar. Bahkan, area ventilasi ini juga bisa dijadikan tempat bersantai dengan tambahan bantal mungil seperti inspirasi di atas.

Maksimalkan ruang dengan kabinet berwarna natural

Kabinet putih untuk kesan luas karya Co+in Collaborative Lab via Arsitag

Karena Anda memiliki dapur kecil, lemari dapur yang digunakan pun harus bisa menyesuaikan dengan luas ruangan. Memiliki lemari besar akan membuat dapur tampak penuh dan terasa lebih kecil. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih jenis lemari dapur lainnya yang lebih compact.

Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan dalam memilih lemari di dapur kecil. Pertama, pilih desain yang ringan dan cerah. Lemari warna putih atau warna natural lainnya akan menjadikan dapur terlihat lebih bersi dan menghindari dari perasaan sempit. 

Gunakan juga kabinet bawah yang lebih ramping. Kabinet bawah akan memberikan lebih banyak ruang di lantai untuk tempat penyimpanan. Untuk kabinet atas, gunakan lemari yang lebih tinggi sehingga langit-langit dapur akan terasa lebih tinggi dan terasa lebih luas.

Natural dengan kayu dan tanaman 

Natural dengan unsur kayu karya Lacasa via Arsitag

Nuansa kayu memang selalu berhasil memberikan kesan alami yang menenangkan di ruangan mana pun, termasuk dapur minimalis. Rak dapur minimalis dari bahan kayu solid ini tidak hanya terlihat cantik tetapi juga awet digunakan jika dirawat dengan tepat. Aksen kayu pada rak dapur minimalis menghadirkan karakter unik pada area memasak. Bagi Anda yang membutuhkan ruang yang besar untuk menyimpan berbagai koleksi piring serta kebutuhan dapur lainnya, lemari rak kayu tertutup dengan banyak sekat seperti ini bisa menjadi solusi yang paling sempurna. Setiap peralatan dapur, seperti dispenser, microwave dan bahkan mesin cuci pun memiliki tempatnya masing-masing sehingga dapur senantiasa terlihat tertata, rapi, dan bersih.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram