Cara Memadukan Cat Rumah Minimalis yang Serasi dan Harmonis

padu padan warna cat rumah yang serasi

Demi kemudahan, hemat biaya dan waktu, memang bisa saja kita mengaplikasikan satu warna untuk keseluruhan rumah. Namun, ini akan membuat rumah terasa membosankan dan kehilangan karakteristiknya. Rumah dengan perpaduan warna yang serasi dan harmonis akan membuat penghuninya merasa nyaman, betah tinggal di dalamnya, dan lebih akrab satu dengan lainnya. Mengacu kepada tren warna rumah minimalis, warna-warna bumi atau biasa disebut earthy tone, menjadi warna yang paling digemari. Warna seperti biru, hijau, abu-abu, kerap diterapkan untuk membawa suasana hangat dan tenang di dalam rumah. Oleh karena itu, memadukan kombinasi warna yang tepat sangatlah penting. Artikel ini  akan menginformasikan bagaimana cara memadukan cat rumah minimalis yang serasi dan harmonis.

2E Residence karya Sontani Partners (Sumber: arsitag.com)

Cat rumah bukan hanya warna dinding saja, tetapi rumah secara keseluruhan termasuk, dinding, lantai, langit-langit, furnitur, pintu dan kusen, bahkan sampai warna kain dan gorden.

1. Manfaatkan Cakram Warna

Cakram Warna/colour wheel (sumber: pinterest.com)

Dari tiga warna cat dasar, yaitu merah, kuning, dan biru, akan didapat warna-warna sekunder, tertier, dan turunannya. Cara termudah memperoleh warna yang serasi dan harmonis adalah memilih warna-warna bersebelahan. Namun, jika ingin memperoleh warna yang kontras namun tetap serasi dan tidak menjadi norak, warna-warna berseberangan, atau pun warna-warna yang membentuk sudut 900 akan saling melengkapi dan berpadu harmonis.

Warna primer dan warna komplementer (Sumber: jessicasince1991.blogspot.co.id)

Panduan warna 900 (Sumber: rumahminimalisku.net)

2. Sesuaikan dengan Ukuran Ruang 

Warna-warna terang, seperti putih, kuning muda, dan coklat muda memang disarankan untuk memberi kesan luas pada ruang berukuran kecil.

Layar House karya Hive Design & Build tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Bali Modernette karya SNRG Studio tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Namun, bukan berarti pilihannya menjadi terbatas. Pilihan warna-warna lain yang lebih gelap dapat diaplikasikan pada furnitur, cushion, atau dinding, tetapi dengan porsi yang tidak terlalu banyak.

FY HOUSE karya Gilbert Yohannes Voerman tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Gilbert Yohannes Voerman mengaplikasikan warna putih dan coklat muda dari kayu untuk sebagian besar ruang open-plan minimalis gabungan dapur dan ruang keluarga yang relatif sempit ini. Warna kuning pada kursi makan dan sofa bulat untuk gaya pop art berhasil berpadu serasi dengan warna hitam putih pada cushion di atas sofa abu-abu.

Inset House karya Delution Architect seluas 205 m2 (Sumber: arsitag.com)

Sofa abu-abu gelap sengaja diletakkan sebagai point of interest di ruang open-plan Inset House yang didominasi cat putih dengan kesan minimalis yang diperkuat dari pemanfaatan bahan kayu dengan warna alaminya.

3. Tentukan Konsep untuk Setiap Ruang

Gaya minimalis tidak harus 100%, bisa juga dipadukan dengan gaya kontemporer, pop art, kontemporer, dan sebagainya. Hal terpenting adalah setiap ruang harus didesain senyaman mungkin sesuai fungsinya.

PRIVATE RESIDENCE - SERPONG karya MIMO HOME INTERIOR DESIGN & BUILD (Sumber: arsitag.com)

Inset House karya Delution Architect (Sumber: arsitag.com)

Kamar tidur anak Inset House memadukan warna biru dan putih sebagai aplikasi konsep kamar tidur di atas awan untuk menggapai cita-cita setinggi langit.

PRIVATE RESIDENCE - SERPONG karya MIMO HOME INTERIOR DESIGN & BUILD tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Untuk kamar tidur dewasa, warna agak gelap yang alami akan menciptakan kesan nyaman, apalagi setelah lelah seharian bekerja.

Inset House karya Delution Architect (Sumber: arsitag.com)

Konsep minimalis juga sudah harus ada mulai dari cat eksterior rumah.

Baca juga: Desain Taman Rumah Minimalis di Lahan Sempit dengan Keindahan Maksimal

4. Point of Interest yang Ingin Ditonjolkan 

Setiap ruang akan memiliki ciri khas dan karakteristiknya tersendiri jika memiliki point of interest. Untuk menonjolkan dan membuat point of interest lebih berkesan dan bermakna pada sebuah ruang, peran warna sangatlah penting.

IPCW Residence karya Ivan Priatman Architect tahun 2013 (Sumber: arsitag.com)

Sofa unik warna merah sebagai point of interest pada ruang keluarga bercat putih dengan lantai parket.

Fusion House karya Atelier Cosmas Gozali tahun 2008 (Sumber: arsitag.com)

Dinding yang dicat orange tua menjadi aksen kontras pada kamar mandi, sekaligus sebagai penanda area bathtub.

5. Warna Berbeda Sebagai Batas Ruang 

Ciri khas setiap ruang akan berbeda menurut fungsi yang ditampung di dalamnya. Pada ruang open-plan yang mempersatukan beberapa ruang dalam sebuah ruang sekaligus, warna yang berbeda dapat dijadikan batas untuk tiap ruang.

Private Residence Spring Hill karya MIMO HOME INTERIOR DESIGN & BUILD (Sumber: arsitag.com)

2E Residence karya Sontani Partners (Sumber: arsitag.com)

Kesan yang ingin ditampilkan dari pemanfaatan warna yang berbeda bisa kontras ataupun komplementer. Yang terpenting, setiap warna yang digunakan dapat mendukung kesan yang ingin ditampilkan dalam setiap ruang.

Private Residence Spring Hill karya MIMO HOME INTERIOR DESIGN & BUILD seluas 144 m2(Sumber: arsitag.com)

Bali Modernette karya SNRG Studio tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Bali Modernette karya SNRG Studio Sumber: arsitag.com)

Jadi, pilihan warna untuk cat rumah minimalis tidaklah terbatas. Tentukan kebutuhan, konsep dan kesan yang ingin ditampilkan dalam setiap ruang. Manfaatkan cakram warna untuk menentukan keseimbangan dari keselarasan atau kekontrasan perpaduan warna yang akan dipakai. Perhatikan porsi pemakaian tiap warna. Dan…. dapatkan perpaduan cat rumah minimalis yang serasi dan harmonis!

Baca juga:

Membedah istilah 'Rumah Minimalis'

Yuk, Mengenal Tren Warna Cat Rumah Minimalis 2017 yang Sederhana Tapi Elegan

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram