Warna Cat Rumah Minimalis Ngetrend 2021

Warna Cat Rumah Minimalis Ngetrend 2021 | Foto artikel Arsitag

Salah satu cara untuk menjadikan sebuah hunian tampak indah adalah adanya kombinasi warna cat yang bagus, baik untuk tembok di luar rumah maupun di dalam rumah. Hal ini juga berlaku pada semua macam desain rumah, tak terkecuali salah satu desain rumah yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia yaitu rumah minimalis. Dalam sebuah rumah minimalis yang mengusung tema fungsional sebuah rumah, warna cat mempunyai peran yang besar di dalamnya. Sering kali kita melihat sebuah warna cat rumah minimalis tampak depan mengkombinasikan perpaduan warna hitam dan putih. Namun, mengacu kepada tren cat rumah minimalis 2021, saat ini sebuah rumah minimalis tidak hanya didominasi oleh kedua warna tersebut.

Rumah minimalis, bisa dikatakan, saat ini lebih berani mengkombinasikan warna lain untuk membuat tampilan sebuah rumah minimalis lebih cantik lagi. Banyak sekali paduan warna cat rumah minimalis yang bisa kita dapatkan dari internet. Kita bisa memilih perpaduan warna yang sesuai dengan keinginan. Terlepas dari referensi warna yang Anda temukan di internet, Anda pun bebas menentukan warna keinginan Anda.

Perpaduan warna abu-abu di Urban Pop House karya Vindo Design (Sumber: arsitag.com)Perpaduan warna abu-abu di Urban Pop House karya Vindo Design (Sumber: arsitag.com)

Pengaruh Cat Terhadap Kesan Rumah Anda

Rumah minimalis umumnya lewat permainan warna mampu menjadikan ruang di dalam rumah tampak lebih luas. Dengan tampak lebih luas, rumah yang tidak seberapa besar akan terasa longgar. Tentu hal ini akan semakin menambah kenyamanan para penghuni di dalamnya. Untuk itu warna cat tembok rumah minimalis haruslah tepat. Anda bisa mendiskusikan hal ini dengan desainer interior yang paham tentang perpaduan warna untuk rumah minimalis.

Untuk membuat sebuah rumah minimalis tampak bagus, penampilan warna tidak hanya berfokus tampilan luar rumah saja. Bagian dalam rumah juga perlu mendapat perhatian. Rumah bagian dalam ibaratnya adalah jantung dari sebuah hunian. Di sini semua penghuni keluarga berkumpul dan melakukan kegiatan-kegiatan keluarga bersama. Untuk itu, perlu sekali untuk memperhatikan warna cat rumah minimalis bagian dalam. Warna cat yang tepat akan bisa membuat ruang rumah bagian dalam tampak lebih menarik dan membuat betah penghuninya.

Warna cat biru telur asin pada dinding kamar tidur Apartment Satu8 karya Alima Studio (Sumber: arsitag.com)Warna cat biru telur asin pada dinding kamar tidur Apartment Satu8 karya Alima Studio (Sumber: arsitag.com)

Sebuah penelitian membuktikan bahwa warna cat di dalam rumah akan memberikan pengaruh bagi para penghuninya. Sebuah warna cat yang terang akan memberikan kesan hidup, keaktifan dan semangat. Warna terang ini diwakili dengan warna-warna seperti merah, hijau, atau kuning. Jika Anda ingin membentuk suasana yang tenang dan nyaman, warna-warna pastel bisa jadi pilihan yang tepat buat Anda. Warna pastel memang memberi kesan yang dingin. Untuk sedikit memberi sentuhan yang lebih hidup, Anda bisa memberikan efek cahaya pada beberapa dinding ruang menggunakan lampu sorot.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah dekorasi perabot atau ornamen di dalam ruang bagian dalam. Gunakan perabot atau ornamen yang tidak berlebihan karena perabot atau ornamen yang berlebihan akan mengurangi kelapangan di dalam ruang. Umumnya sebuah rumah dengan model minimalis mengutamakan perabot yang dianggap penting saja. Jadi, hindari banyak perabot di dalam ruang rumah Anda.

Permainan Kombinasi Warna Cat Rumah Minimalis

Di samping penggunaan warna-warna diatas, Anda juga bisa membuat  kombinasi warna cat rumah minimalis.  Kombinasi ini bisa difungsikan untuk menambah cantik tampilan rumah Anda sehingga bisa dihindari kesan yang membosankan. Beberapa kombinasi warna bisa dibuat mencolok dari warna dominan yang sudah ada. Dengan adanya warna kombinasi, penghuni akan merasakan adanya unsur lain dalam rumah tersebut. Untuk menemukan kombinasi tersebut, Anda bisa mencari referensi dari internet atau berdiskusi dengan desainer interior yang Anda percaya.

Sebuah hunian atau rumah juga tidak bisa lepas dari perkembangannya. Dari tahun ke tahun sebuah desain rumah terus mengalami perubahan. Bagi Anda yang ingin mencari warna cat rumah type 36 minimalis terbarusaat ini dengan hadirnya internet akan mempermudah Anda dalam mencari warna yang tepat. Yang perlu diperhatikan lagi adalah kualitas cat rumah Anda. Ada beberapa cat di luar sana yang mempunyai kandungan racun berbahaya bagi penghuni rumah di dalamnya. Pastikan cat pilihan Anda tidak mengandung racun seperti itu.

Cat warna warm white yang tersapu cahaya kekuningan dari pecahayaan buatan di 11A Residence karya Sontani Partners (Sumber: arsitag.com)
Cat warna warm white yang tersapu cahaya kekuningan dari pecahayaan buatan di 11A Residence karya Sontani Partners (Sumber: arsitag.com)

Di samping itu Anda juga perlu menemukan warna-warna yang tidak terlalu kelam. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa sebuah warna cat bisa memberikan pengaruh psikologis bagi para penghuninya. Hadirkan nuansa yang selalu membuat para penghuni di dalamnya selalu gembira sekaligus menenangkan.

Saat ini banyak orang salah menganggap bahwa sebuah rumah minimalis selalu terkesan kelam dan tidak ada unsur warna lain yang bisa membuat tampak lebih menarik. Mungkin hal ini benar saat awal munculnya desain sebuah rumah minimalis. Namun, saat ini perkembangan rumah minimalis sudah semakin pesat. Tidak hanya dalam segi tata ruang, tetapi juga dalam hal permainan warna pada sebuah rumah minimalis. Warna cat rumah minimalis di samping tetap mengutamakan keeleganan, tetapi bisa juga dimunculkan sebuah warna yang berbeda ditengah-tengahnya. Hal ini tentu mengubah pemahaman banyak orang tentang sebuah rumah minimalis. Memang tidak mudah untuk menemukan satu desain warna terbaik yang Anda inginkan, tetapi dengan berani bereksplorasi, Anda akan menemukan satu desain warna yang akan Anda sukai.

Jasa Profesional Dapat Membantu Mempercantik Rumah Anda

Saat ini, di samping sebagai tempat berkumpul bersama para anggota keluarga, rumah juga mempunyai fungsi sebagai status sosial seseorang. Rumah dengan desain yang bagus secara otomatis bisa meningkatkan strata sosial Anda di antara para teman, saudara, atau tetangga.  Rumah juga mencerminkan kepribadian para penghuninya. Dengan memiliki sebuah rumah yang mempunyai penampilan apik tentu menjadi idaman setiap orang.

Untuk mewujudkan semua itu, penting buat Anda membuat sebuah persiapan yang matang.  Jika Anda memiliki lahan yang siap bangun, akan lebih baik jika perencanaan pembangunannya Anda serahkan pada seorang arsitek. Seorang arsitek akan mampu memberikan gambaran desain rumah yang Anda inginkan. Salah satu keuntungan menggunakan jasa seorang arsitek adalah Anda tidak perlu membuang banyak waktu dan tenaga untuk mencari satu desain rumah yang indah. Keuntungan lainnya adalah, kita bisa mengukur pengeluaran dana untuk kepentingan penbangunan rumah impian kita.

Warna kamar abu-abu tua di Na Residence karya Alvin T. (Sumber: arsitag.com)Warna kamar abu-abu tua di Na Residence karya Alvin T. (Sumber: arsitag.com)

Jika Anda sudah memiliki rumah dan ingin mengubah tampilan dari rumah Anda sebelumnya supaya lebih bagus, Anda bisa mempergunakan jasa seorang desainer. Kehadiran seorang desainer bisa membuat rumah Anda tampil lebih indah lagi karena seorang desainer akan mengubah penampilan rumah Anda baik dari segi tata ruang, warna, maupun dekorasi.  Mereka mampu mengombinasikan perabot dengan warna cat pada rumah Anda, mendekorasinya sedemikian rupa sehingga bisa menjadikan interior rumah Anda menjadi lebih berkarakter dari sebelumnya.

Itulah ulasan yang bisa Anda jadikan modal awal untuk membentuk sebuah hunian yang indah. Apapun pilihan Anda, pastikan bahwa sebuah hunian adalah tempat yang harus Anda jaga dan rawat karena dari tempat situlah kebahagiaan semua anggota keluarga akan terjadi.

Selamat bereksperimen dengan rumah Anda.

Foto profil author  penulis artikel Arsitag

AUTHOR

Dudung Rahmanto

Dudung Rahmanto memiliki hobi memancing dan bersantai dengan keluarga. Keinginan terbesarnya adalah mempunyai atau menjadi bagian dari sebuah startup berpotensi unicorn yang bisa membantu memecahkan masalah masyarakat luas.