8 Ide Kreatif Partisi Ruang Keren untuk Interior Rumah Minimalis Anda

8 Ide Kreatif Partisi Ruang Keren untuk Interior Rumah Minimalis Anda | Foto artikel Arsitag

Kosenda Hotelkarya Antony Liu + Ferry Ridwan / Studio Tonton, via arsitag.com

Masalah penataan ruang adalah persoalan yang selalu kita hadapi sejak lama. Bagaimana memaksimalkan ruang yang ada? Apalagi, jika terlalu luas. Partisi ruangan atau dinding pembatas adalah jawaban yang paling simpel dan tepat.

Partisi ini bisa diaplikasikan pada berbagai fungsi ruangan. Mulai dari kamar tidur, ruang makan dengan dapur, hingga partisi ruang tamu. Berikut beberapa ide keren untuk membagi ruangan di rumah Anda hanya dengan menggunakan partisi.

Partisi Sudut
Partisi dengan memanfaatkan bentuk sudut yang unik, via nonagon.style

Partisi dengan memanfaatkan bentuk sudut yang unik, via nonagon.style
 

Dengan memanfaatkan sudut dinding beton, coba selipkan sebuah partisi untuk membagi ruangan. Ide partisi ruang di atas memperlihatkan kecerdasan sang desainer memilih partisi kayu yang memberikan kesan cozy ke dalam kamar tidur.

Partisi Bergaya 70-an
Partisi kayu bergaya tahun 70-an, via nanagon.style

Partisi kayu bergaya tahun 70-an, via nanagon.style
 

Inspirasi partisi bergaya tahun 70-an ini diambil dari sebuah apartemen di Sao Paulo. Bahan kayu dengan tekstur yang kaya ini merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang menginginkan desain unik anti mainstream. Partisi ini tentu saja masih bisa digunakan untuk pembatas ruangan minimalis modern Anda.
 

Baca juga: Ide Desain Partisi Ruang Minimalis Super Keren untuk Interior Rumah Anda
 

Partisi dari Floating Shelf
Desain partisi floating shelf, via nanagon.style

Desain partisi floating shelf, via nanagon.style
 

Partisi juga bisa dijadikan sesuatu yang fungsional, alih-alih hanya sekadar sebagai pembatas. Rak buku atau rak pajangan yang selama ini Anda sandarkan ke dinding, bisa menjadi opsi partisi yang tidak kalah menariknya. Simak saja salah satu contoh desain partisi bergaya industrial dengan floating shelf ini.

Partisi dari Dinding Kaca
Partisi dari kaca, via freshome.com

Partisi dari kaca, via freshome.com
 

Paduan kaca dan bingkai stainless steel merupakan pilihan partisi yang semakin banyak digemari orang. Bukan hanya untuk rumah, tapi juga untuk perkantoran. Menggunakan partisi dari bahan kaca membuat Anda bebas memilih kapan ruangan harus dibuka dan kapan Anda memerlukan privasi sendiri.

Partisi Kayu Ukir
Partisi dari kayu ukir, via woodenhomefurniture.com

Partisi dari kayu ukir, via woodenhomefurniture.com
 

Penggemar kayu dan ukiran tentu tak ingin melewatkan kesempatan menggunakan kedua komponen ini sebagai dekorasi di dalam ruangan. Jika Anda belum menemukan lokasi yang tepat untuk menempatkan ukiran kesukaan Anda, menjadikannya sebagai partisi di ruang tamu mungkin adalah pilihan yang cerdas.

Partisi Minimalis dari Bambu
Partisi ruangan dari bambu, via freehouze.com

Partisi ruangan dari bambu, via freehouze.com
 

Sejak zaman dulu hingga sekarang, bambu masih menjadi material bangunan yang banyak digunakan orang di seluruh dunia. Bukan hanya karena daya tahannya, tetapi juga karena bentuknya yang unik. Manfaatkan bentuknya yang khas sebagai dekorasi rumah. Desain partisi unik dari batang-batang bambu memisahkan ruang makan dan ruang keluarga dengan cara yang memikat dan tidak biasa.

Baca juga:  Rumah Minimalis dengan Desain Stylish

Partisi dari Bahan Besi/Stainless Steel
Partisi dari besi, via pinterest.com

Partisi dari besi, via pinterest.com
 

Kehadiran bahan besi atau stainless steel di dalam ruangan, selain bisa memberikan sentuhan industrial, ternyata juga bisa menambahkan kesan tegas dan modern di dalam interior rumah Anda. Untuk model partisi dari bahan besi, Anda bisa menghadirkannya sesuai selera. Bahkan, cocok untuk tampilan sekat minimalis nan keren seperti desain di atas.
 

Baca juga: Ide Desain Kisi-Kisi Kayu Minimalis untuk Arsitektur Rumah yang Lebih Kece
 

Partisi Rak Tanaman
Partisi rak dengan tanaman hijau, via pinterest.com

Partisi rak dengan tanaman hijau, via pinterest.com
 

Ingin membuat partisi sekaligus memberikan sentuhan hijau nan segar ke dalam ruangan? Mungkin ide partisi ruang seperti inilah yang Anda cari. Anda bisa menggunakan tanaman hidup, namun jika khawatir akan mengotori  furnitur yang ada di sekitar partisi, mungkin tanaman sintetis adalah pengganti yang patut Anda pertimbangkan.

Pilihlah desain partisi sesuai kebutuhan ruang yang ingin Anda ciptakan. Menggunakan partisi model terbuka memang bermanfaat untuk kesan ruang yang lebih lapang. Namun, gunakan model yang lebih tertutup jika Anda menginginkan privasi lebih. Supaya lebih menghemat tempat, Anda bahkan dapat memasang partisi sekaligus tempat penyimpanan, seperti rak buku, rak tanaman, ataupun meja kerja lipat multifungsi. Selamat berkreasi!

Baca Juga: Cara Cerdik Mengolah Taman Mungil di Rumah

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."