Rumah Minimalis Modern yang Terasa Lega dan Mewah

rumah minimalis modern mewah

Iklim Indonesia yang panas dan lembap memang paling cocok untuk menerapkan gaya rumah minimalis modern dengan sentuhan tropis. Mulai dari rumah sederhana hingga mewah, banyak yang menggunakan konsep desain ini agar suasana di dalam rumah terasa lebih sejuk. Tak hanya mempercantik hunian, konsep rumah minimalis modern yang mewah juga bisa melindungi rumah agar tahan dari cuaca esktrim.

Green Candi House karya Conarch Studio yang berada di Semarang, Jawa Tengah, ini mengusung konsep modern tropis dengan banyak bukaan. Seperti apa detail desainnya? Berikut ulasannya.

Banyak bukaan

Banyak bukaan dari jendela kaca karya Conarch Studio via Arsitag

Ciri khas utama dari rumah modern minimalis adalah banyaknya bukaan dari jendela kaca rumah. Konsep ini bertujuan agar rumah bisa mendapatkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang maksimal. Ventilasi yang banyak membuat udara yang masuk ke dalam rumah bisa lebih optimal dan membuat setiap ruangannya terasa lebih sejuk. 

Tentu Anda nggak mau kan rumah mewah Anda terlihat sumpek dan pengap? Maka dari itu, banyaknya ventilasi sangat penting agar rumah senantiasa terlihat cerah, lapang, dan menjaga furnitur dari jamur.

Ada ruang hijau di tengah rumah

Ruang hijau di tengah bangunan karya Conarch Studio via Arsitag

Keunikan yang bisa Anda tiru dari desain rumah ini adalah keberadaan taman di tengah-tengah rumah. Taman di tengah rumah ini menjadi pusat utama dari hunian dan menghubungkan antara bangunan di depan dan kanopi di area belakang. 

Walaupun secara konfigurasi terbagi menjadi beberapa zona, tetapi setiap bagiannya terhubung dengan selasar atau jalan setapak yang berfungsi sebagai akses antar zona. Layout bangunan yang sederhana, membuat pembagian ruang dan penempatan bangunan menjadi jelas.

Pembatas dari kaca

Pembatas ruang dari kaca karya Conarch Studio via Arsitag

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rumah modern tropis ini memiliki banyak sekali bukaan atau ventilasi. Tidak hanya berfungsi sebagai sirkulasi udara atau sumber masuknya cahaya, bukaan dari kaca ini juga berfungsi sebagai divider atau pembatas antarruang yang menghadap keluar. Dengan keberadaan kaca besar ini, penghuni bisa dengan leluasa melihat pemandangan ruang hijau yang berada di tengah bangunan dari berbagai ruangan.

Penggunaan material alami

Penggunaan material alami dan warna natural karya Conarch Studio via Arsitag

Untuk furnitur sendiri, rumah ini didominasi dengan penggunaan furnitur dengan warna-warna alami seperti kayu, batu alam, dinding netral, dan aksen garis yang membuat nuansa tropis lebih terasa dan membawa kehangatan ke dalam rumah. 

Selain itu, penggunaan warna yang dipilih juga lebih mengarah ke tone warna natural seperti putih, krem, dan abu-abu. Warna-warna ini memberikan kenyamanan lebih dibandingkan warna yang mencolok.

Rumah open space

Konsep ruang open space karya Conarch Studio via Arsitag

Konsep ruang open space menjadi ciri khas yang tidak bisa dilewatkan pada desain rumah minimalis modern. Ruangan terbuka tanpa sekat memberikan keleluasaan, kebebasan, dan keakraban ke dalam rumah tropis. Desain open space membuat rumah terlihat lebih besar, mewah, dan megah karena tidak ada terlalu banyak detail atau perabotan yang tidak penting di dalamnya. 

Tanaman yang rimbun

Tanaman yang rimbun karya Conarch Studio via Arsitag

Detail selanjutnya yang ditambahkan untuk membuat rumah minimalis modern tropis yang mewah adalah penambahan tanaman-tanaman di area fasad dan taman. Tanaman rambat yang berada di lantai dua area memberikan efek menjuntai yang cantik. Tanaman hijau ini membawa kesan rumah tropis yang sejuk dan menyegarkan. Tanaman ini juga menjaga suhu di dalam rumah tetap sejuk walaupun terdapat banyak bukaan.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram