Ide Model Desain Kanopi Minimalis untuk Carport dan Teras Rumah Idaman Anda

Ide Model Desain Kanopi Minimalis untuk Carport dan Teras Rumah Idaman Anda | Foto artikel Arsitag

Harmoni kanopi dengan desain rumah, karyaIrianto Purnomo Hadi,via arsitag.com
 

Kanopi kerap kali ditambahkan pada bagian luar rumah, seperti teras dan carport, guna melindungi area di bawahnya dari terpaan panas matahari dan air hujan secara langsung. Artinya, keberadaan kanopi akan membuat area yang dilindunginya lebih teduh, sehingga lebih nyaman dan aman untuk digunakan sebagaimana fungsinya. Namun, selain manfaat di atas, pemasangan kanopi juga harus mempertimbangkan aspek estetika. Oleh karena itulah tersedia kanopi dengan berbagai model dari berbagai material.

Nah, jika Anda juga tengah mencari inspirasi kanopi, berikut beberapa ide desain kanopi minimalis untuk carport atau teras idaman di rumah Anda.

1. Warnai cokelat untuk kesan kayu
Ide kanopi carport unik, karya Archdesignbuild7, via arsitag.com

Ide kanopi carport unik, karyaArchdesignbuild7,via arsitag.com
 

Kanopi minimalis ini sepintas seperti tersusun dari kayu. Padahal, ini hanyalah struktur besi, namun diberi cat berwarna cokelat sehingga terkesan seperti kayu. Desainer tentu melakukan hal ini dengan tujuan harmonisasi desain rumah, terutama pada bagian kusen jendela yang terbuat dari kayu. Ide ini pun, dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang menginginkan kanopi minimalis terlihat berbeda dan bernuansa alami.

2. Modern minimalis dengan kanopi polikarbonat
Ide kanopi minimalis, karya Dezan Studio, via arsitag.com

Ide kanopi minimalis, karyaDezan Studio,via arsitag.com
 

Saat ini tengah populer penggunaan kanopi berbahan polikarbonat. Bahan ini digemari lantaran strukturnya ringan namun kuat. Sepintas bahan polikarbonat ini juga mirip dengan kaca, sehingga terkesan modern. Bagi tampilan rumah, penggunaan kanopi garasi berbahan polikarbonat ini juga membuat rumah terlihat elegan. Lebih dari itu, polikarbonat juga mampu meredam panas sinar UV.
 

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Carport Rumah Minimalis yang Elegan 2021
 

3. Perpaduan kisi-kisi kayu yang estetik
Desain kanopi kisi kayu, karya Mahastudio & Partner, via arsitag.com

Desain kanopi kisi kayu, karyaMahastudio & Partner,via arsitag.com
 

Terlihat seperti pergola, penggunaan kanopi minimalis yang dipadukan dengan kisi-kisi kayu akan memberi nilai estetika tinggi pada hunian. Kisi-kisi kayu sendiri adalah elemen dekoratif, sedangkan kanopi utamanya sendiri tetap menggunakan material kaca, polikarbonat, spandek, alderon, dan lain sebagainya. Namun, jika Anda ingin memberi efek bayangan kisi-kisi, penggunaan material kaca atau polikarbonat adalah pilihannya.

4. Wiremesh untuk kanopi dengan tanaman rambat
Kanopi karya Monolog Space Design, via arsitag.com

Kanopi karyaMonolog Space Design,via arsitag.com
 

Wiremesh juga menarik untuk digunakan sebagai kanopi rumah minimalis. Penggunaan besi wiremesh biasanya dipilih untuk mereka yang ingin menjadikan tanaman rambat sebagai pelindung kanopinya. Ya, menjadikan tanaman rambat sebagai kanopi tidak hanya akan memberi keteduhan, tetapi juga menjadikan tampilan teras atau carport lebih natural. Konsep ini juga sangat cocok untuk Anda yang menyukai tanaman atau ingin menambah area hijau pada rumah.

5. Selaras dengan desain rumah
Harmoni kanopi dan desain rumah, karya Irianto Purnomo Hadi, via arsitag.com

Harmoni kanopi dan desain rumah, karyaIrianto Purnomo Hadi,via arsitag.com
 

Kanopi memang biasanya berbentuk persegi. Namun, apa yang dilakukan desainer pada rumah di atas cukup menarik perhatian. Coba perhatikan bentuk kanopinya. Ya, kanopi pada rumah modern itu dibuat dengan pola asimetris dan tak beraturan. Hal ini tentu tidak sembarangan, melainkan menyesuaikan dengan desain rumah itu sendiri. Hal ini bisa menjadi contoh kreatif untuk menghadirkan tampilan baru pada kanopi rumah.
 

Baca juga: Cara Unik Bikin Tempat Duduk Outdoor untuk Ruang Tamu
 

6. Kreasi kanopi minimalis buka tutup
Kanopi modern minimalis, foto oleh Lplus Architects, via unsplash.com

Kanopi modern minimalis, foto oleh Lplus Architects,via unsplash.com
 

Mengawinkan teknologi untuk sebuah desain bukanlah hal aneh. Begitu pun untuk kanopi teras rumah. Alih-alih bingung memilih kanopi dengan atap tembus pandang atau tertutup, rumah ini justru bisa mengaplikasikan keduanya. Konsepnya juga sangat sederhana, yaitu dengan menambahkan tirai atau membran di bawah material kaca. Tirai ini bisa dibuka tutup seperti tirai jendela, sehingga Anda bebas mengatur tampilan kanopi sesuai dengan kebutuhan.

Wah, ternyata kanopi minimalis tidak hanya berbentuk itu-itu saja, bukan? Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi untuk Anda menghadirkan hunian yang diidamkan.

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.